Tuesday, December 16, 2014

Tumis Daun Pepaya Teri




Bismillah...
Ini adalah menu weekend 2 minggu yang lalu. Kebetulan pedagang sayur langganan bawa daun pepaya, tanpa pikir panjang langsung beli aja. Pengen masak olahan daun pepaya. Dan, karena anak-anak kurang suka sayuran yang ada pahit-pahitnya, maka daun pepayanya saya olah jadi tumisan yang pedas aja. Terus terang ini pertama kalinya saya mengolah daun pepaya sendiri, sempat bingung gimana masaknya supaya ga pahit ya. Akhirnya daun pepayanya saya rebus di air garam, kemudian saya tiriskan lalu saya remas-remas dengan garam dan saya rebus kembali di air garam. Alhamdulillah rasa pahitnya berkurang banyak, tapi masih ada sisa pahitnya sedikit-sedikit, rasa pahitnya yang khas dan masih bisa ditolerir oleh lidah saya :)

Setelah daun pepaya matang, baru saya baca-baca di internet bagaimana sih cara merebus daun pepaya supaya tidak pahit...hehe...*telat.com*....setelah matang baru cari tau :D :D
Ternyata ada banyak cara memasak daun pepaya supaya tidak pahit...., bisa juga dengan cara diremas-remas garam dahulu baru kemudian direbus, direbusnya dua kali biasanya. Ada juga yang direbus bersama daun singkong supaya tidak pahit, direbus bersama tanah lempung, dll...:)


Botok Tempe Teri Medan




Bismillah...
Mumpung ada daun pisang, hari ini saya mbikin bothok tempe teri medan. Saya paling suka bothok buatan Ibu....klo mbikin sendiri koq rasanya beda ya, tidak bisa seenak buatan Ibu. Saya dari dulu males mbikin bothok karena ribet masaknya dan klo masak sendiri seringkali rasanya ga sesuai di lidah...hehe...aneh ya. Kadang-kadang saya kurang suka masakan buatan sendiri padahal suami bilang enak, tapi saya-nya yg kurang doyan...hehe. Kembali ke bothok, paling enak disandingkan dengan sayur bening/bayam atau sayur asem, seger bangeet...bisa nambah-nambah deh makannya ^^

Monday, December 15, 2014

Nasi Bakar Teri Medan Kemangi


Bismillah...

Menu sarapan dan makan siang untuk hari ini adalah nasi bakar teri medan kemangi. Tiba-tiba pengen mbikin nasi bakar, memanfaatkan nasi semalam yang masih tersisa. Mumpung ada stok teri medan dan daun kemangi. Segera pagi-pagi heboh di dapur masak 2 macam masakan, untuk anak-anak sup tulang ayam bakso dan untuk saya dan suami, nasi bakar teri kemangi pedas ini. Alhamdulillah suami bersedia mencari daun pisang di sekitar rumah. Kebetulan di perumahan kami ada bbrp lahan kosong di pojok yang biasanya dimanfaatkan oleh warga perumahan untuk ditanami pepaya, pisang, mangga dan lain-lain. Dan biasanya daun pisangnya jadi milik bersama, alhamdulillah. Klo buah pisangnya khusus untuk warga yang menanam kali ya. Yang jelas seneng banget bisa mendapatkan daun pisang dengan mudah. Teringat waktu di Japan daun pisang harganya hampir 40rb per kemasan, sepertinya isi 1 lembar, saya ga pernah beli karena mahalnya...hehe :)

Nasi bakar ini mbikinnya mode shorcut ya, mirip nasi goreng yang kemudian dibungkus daun dan dibakar diatas kompor atau teflon. Jangan ditanya rasanya, sebungkus berasa kurang... hehe... perpaduan teri medan dan kemangi, rasanya gurih dah wangi. Andai ditambah ayam dan jamur pasti rasanya lebih mantap :) Tapi yang ini sudah mencukupi buat menu hari ini, berasa pengen mbikin lagi besok atau lusa, mumpung ada daun pisang..hehe. Nasi bakar ini sekaligus jadi menu bento suami. Kali ini fotonya dijepret oleh suami di kantornya, karena yang di rumah sudah habis ga sempat saya foto...keburu laper...hehe :) Buat yang penasaran pengen tau resepnya, silahkan disimak dibawah ini yaa :



Brownies Kukus Gluten Free




Bismillah...
Weekend adalah waktu yang pas untuk masak dan baking-baking. Kalo pas lagi ga ada acara jalan-jalan keluar, paling enak menghabiskan weekend di dapur, atau beres-beres rumah, atau bisa juga berkebun. Iya...itulah yang saya lakukan weekend kemarin, mulai dari memasak, baking-baking, beres-beres rumah hingga berkebun. Salah satu hasil baking-baking adalah brownies kukus ini. Udah lama ga mbikin brownies ini dan seperti biasa, anak-anak suka banget...langsung jadi rebutan :)
Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nyoklat, ga bakalan nyangka deh klo brownies ini dibuat dari tepung beras. Suka banget dengan teksturnya. Resepnya pakai resep andalan, yang sudah pernah saya posting dulu silahkan lihat disini yaa, tapi kali ini sedikit saya modifikasi...hasilnya juga ga kalah lembut. Berikut ini resepnya ya :


Sambal Goreng Udang Manisa




Bismillah...
Menu weekend lalu adalah sambal goreng udang manisa atau labu siam. Menu semingguan kemarin udang terus, siap-siap kolesterol naik nih...hehe...tapi kali ini udangnya saya pakai 1/4 kg aja kok ..hehe. Kali ini masaknya sekalian banyak dan saya buat ga pedas, buat komsumsi anak-anak juga. Dan semenjak pulang ke tanah air, saya selalu masak sambal goreng manisa ini pakai cecek atau krecek atau kulit sapi. Iya, saya kangen dengan tekstur cecek yang kenyil-kenyil, secara udah lama ga makan cecek karena di Japan ga pernah ada..hehe. Dan tak lupa, saya tambahkan tempe dan tahu di dalam sambal goreng manisa ini. Alhamdulillah.... menu ini ternyata laris manis tidak bersisa ^^

Friday, December 12, 2014

Udang Saus Padang




Bismillah...
Postingan kali ini adalah olahan udang. Berhubung di freezer banyak stok udang, hari ini saya masak udang lagi. Untuk anak-anak saya, udangnya saya buat ebi furai (resepnya sudah pernah saya posting), sedangkan untuk saya dan suami saya masak Udang Saus Padang ini. Resepnya saya adaptasi dari Sajian Sedap, resep aslinya cumi saus padang, cuminya saya ganti udang. Resep dibawah ini sudah saya modifikasi yaitu saus tiramnya saya skip, asam kandisnya saya ganti asam jawa, air jeruk nipisnya saya tambah takarannya dan untuk saus sambalnya saya ganti saus tomat dan cabe rawit yang dihaluskan bersama bumbu halus. Karena klo pakai saus sambal menurut saya pedasnya kurang mantap...hehe. Dengan berbagai modifikasi sana sini, alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Saya buat puedes banget.... Mantab deh pokoknya *lebay hehe *....pedes-pedes seger gurih khas  udang....alhamdulillah...jadi semangat makan nih..hehe :))))

Thursday, December 11, 2014

Bakwan Jagung Pedas




Bismillah....
Kota Sidoarjo seharian ini diguyur hujan rintik-rintik. Saat hujan begini paling enak ngemil yang anget-anget. Hari ini saya masak tumis kangkung dan tempe goreng. Mumpung lagi banyak stok jagung manis, kebetulan abis ngeborong karena jagung manisnya diobral oleh pedagang sayur langganan....hehe...maka yang segera terpikir adalah mbikin bakwan jagung atau dadar jagung pedas. Buat cemilan hujan-hujan begini, cocok banget kayaknya dimakan anget-anget. Duuh jadi ga sabar, pengen segera masak mumpung Atha-kun lagi tidur. Mbikinnya gampang aja, jagung manisnya hanya saya pipil, ga perlu digerus halus, karena kelamaan...hehe. Bersamaan dg itu, separuh jagung manis lainnnya saya kukus buat konsumsi anak-anak, karena bakwan jagungnya kan saya bikin pedas. Jadi buat anak-anak jagung kukusnya aja :))))

Begitu batch pertama matang, segera jepret-jepret sambil menunggu batch berikutnya matang. Pas jepret-jepret hujan sudah berhenti, jadi lumayan dapat cahaya. Ga pake lama motretnya karena udah ga sabar pengen ngemil, keburu baby Atha bangun nanti...hehehe :D  

Wednesday, December 10, 2014

Tahu Udang Masak Kemangi Pedas




Bismillah....
Salah satu menu favorit saya sejak dulu yaitu tahu udang masak kemangi pedas. Sukaa banget dengan menu yang satu ini. Apalagi klo dibikin pedes...nikmat banget, dipadu dengan aroma kemangi nya yang seger. MasyaAlloh...mbikin nambah-nambah nasi terus...hehe... :)
Tahunya sengaja pakai tahu putih tanpa digoreng dulu sehingga bumbu nya akan lebih meresap. Sewaktu di Jepang saya tidak pernah memasak menu ini karena disana tidak ada kemangi hiks. Alhamdulillah sekarang sudah kembali ke indonesia jadi bisa sering-sering masak menu ini ^^


Monday, December 8, 2014

Tempe Penyet



Bismillah....
Salah satu menu favorit saya dan suami adalah tempe penyet. Sewaktu tinggal di Jepang, saya benar2 merasakan susahnya mendapatkan tempe. Harga tempe frozen sepapan kecil berat kira-kira 350gr, hampir mencapai harga ayam boneless 1 kg. Benar-benar mahal hingga saya jarang sekali membeli tempe. Tempe menjadi barang mewah sewaktu kami tinggal di Japan... hehe... dan pada akhirnya saya mencoba mbikin tempe sendiri sewaktu di Kumamoto, berbekal ragi pemberian teman yang sangat baik hati ....dan alhamdulillah berhasil, MasyaAlloh senangnya bukan main :) Tempe buatan sendiri rasanya benar2 gurih dibanding tempe frozen ^^

Oleh karena sudah merasakan susahnya hidup tanpa tempe, maka sekembalinya ke tanah air saya selalu belanja tempe hampir tiap hari....benar2 bersyukur, tiap hari bisa merasakan tempe, tiada hari tanpa tempe :) MasyaAlloh benar2 terasa  lebih nikmat saat makan tempe semenjak kembali dari Japan ^^



Thursday, December 4, 2014

Nasi Goreng Orak Arik Telur


Bismillah....
Posting menu sederhana ya teman2 yaitu nasi goreng orak arik telur, menu bento suami saya 2 hari yang lalu. Mbikinnya dadakan, menjelang suami berangkat ke kampus ITS. Di rumah lagi ga ada daging atau ikan yang siap diolah, semuanya masih beku di freezer. Akhirnya yang terpikir adalah mbikin nasi goreng orak arik telur. Resepnya super sederhana...hehe... Begitu juga sayuran pelengkapnya, sesuai stok yang ada di rumah aja, saya pakai kacang panjang. Jika ada bisa pakai sayuran yang lainnya seperti sawi, kubis, jagung manis pipil, kacang polong, wortel, dll.  Fotonya kali ini dijepret oleh suami saya. Berikut ini resepnya yaa :

Sunday, November 30, 2014

Balado Terong


Bismillah.....
Alhamdulillah....ini adalah postingan pertama di blog semenjak saya tiba di tanah air tercinta Indonesia. Alhamdulillah 1 Oktober lalu kami sekeluarga tiba di tanah air, sekitar jam  9 malam tiba di bandara Juanda. Campur aduk rasanya, ada keharuan saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah air. Rasa kangen tanah air yang tak tertahankan, aah...rasanya seperti mimpi.... kami harus meninggalkan Jepang dan kembali ke tanah air. Benar-benar serasa mimpi, tak henti-hentinya lisan mengucap syukur dan tasbih :)
Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Alloh, perjalanan pulang ke tanah air kami sekeluarga berjalan lancar. Anak-anak cukup menikmati perjalanan, mereka sangat senang karena akan segera bertemu kakek neneknya dan saudara-saudara lainnya di tanah air :)  

Alhamdulillah terharu sekali kami sekeluarga dapat berjumpa kembali dengan keluarga di tanah air,  melepas rindu dengan orang tua dan saudara . Ibunda saya dan Ibunda suami serta adik saya berkumpul di rumah untuk menyambut kedatangan kami. Saat-saat yang paling membahagiakan dan takkan pernah terlupakan. Beberapa hari setelah kedatangan, kami merayakan Idul Adha bersama dan mudik ke kampung halaman suami. Alhamdulillah....akhirnya kembali menikmati Idul Adha di tanah air. Tapi tidak bisa dipungkiri, kami sangat sangat merindukan Kumamoto dan berbagai kenangan disana, termasuk kenangan saat merayakan Idul Adha disana....pengalaman hidup kami di Kumamoto menjadi salah satu kenangan terindah yang tidak akan pernah kami lupakan ^^

Menjelang kepulangan ke tanah air, kami sekeluarga sangat disibukkan dengan packing2 barang dan bersih2 / pengosongan apato (apartemen) di Kumamoto. Sesampainya di Indonesia, tepatnya di kota Sidoarjo, tempat tinggal kami yang baru, kami sekeluarga juga disibukkan dengan berbagai macam urusan. Setelah mudik Idul Adha ke kampung halaman, kami sibuk mengurus perpindahan sekolah anak2, suami mengurus ijazah ke Jakarta, mengurus akte kelahiran si bungsu, hingga kesibukan-kesibukan menata  ulang rumah. Alhamdulillah Ibunda suami banyak membantu mempersiapkan rumah kami, sehingga saat kami datang, rumah sudah siap huni. Tinggal menata barang-barang bawaan dari Jepang. Awal bulan Nopember barang-barang kiriman dari Jepang tiba dirumah,  sebanyak 2,9 kubik atau 31 kardus. Bisa dibayangkan deh sibuknya membongkar kardus2 dan menata barang-barang, sampai-sampai ga sempat ngurusin blog lagi....hehe.. #lebay :D :D :D




Saturday, September 20, 2014

Sambal Bawang (Sambal Bu Rudy ala Mbak Rina Rinso)

Bismillah...
Apa kabar semuanyaa :) Udah lama ga nengokin blog. Mendekati kepulangan ke tanah air karena tugas belajar suami sudah selesai, banyak hal-hal yang harus diselesaikan, mulai dari mengurus kepindahan, packing barang2 yang dikirim ke indonesia, perpisahan di sekolah anak2, persiapan koper2, hingga pengosongan apato (harus bersih dan kosong tanpa barang). Alhamdulillah Alloh Memberi banyak kemudahan, satu persatu urusan bisa terselesaikan dengan baik, alhamdulillah 'ala kulli haal. 

InsyaAlloh kami berangkat menuju tanah air 1 Oktober dari Osaka. Keluar dari apato menuju Osaka insyaAlloh tanggal 30 September. Tinggal menghitung hari...hehe. Kemarim suami saya berangkat konferen ke Belanda, dan baru akan kembali ke Kumamoto 27 September...jadi seminggu kedepan saya hanya bersama anak2 di rumah. Mempersiapkan kepulangan. Bismillah .... Mohon doanya ya teman2.....semoga lancar semuanya. Aamiin.

Hari-hari terakhir di Kumamoto, rasanya berat sekali untuk meninggalkan. Tinggal disini selama 2,5 tahun, banyak memberikan kenangan tersendiri. Rasanya masih pengen jalan2 keliling2 kumamoto, masih pengen ngobrol2 dengan ibu2 jepang, sharing tentang banyak hal. Juga pengen mencoba bumbu2 dan resep2 masakan jepang, ... Dan buanyak lagi keinginan2 yang rasanya belum terpenuhi. 

Bersyukur sekali kami sekeluarga diberikan kesempatan utk bisa tinggal di Kumamoto, bukan kota metropolitan, tapi tinggal disini sangat nyaman. Tata kehidupan di jepang yang serba teratur dan terjamin, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, transportasi, hingga masalah sampah (kebersihan). Semua punya aturan yang jelas. Dan aturan itu benar2 ditaati oleh penduduk Jepang. Oleh karenanya hidup di jepang sangat aman dan nyaman, lingkungannya bersih dan tertata rapi, hidup di Jepang itu istilahnya, easy to live...hehe. Budaya jujur dan antri yg dijunjung tinggi, disiplin dan tepat waktu, menghormati orang yg lebih tua, orang jepang sangat menghargai orang lain, kesenjangan sosial juga tidak terlalu nampak. Dan yang paling saya sukai di Kumamoto ini udaranya sejuk, orang2nya ramah, walau tidak kenal sering menyapa kita dengan sapaan Ohayou Gozaimasu (selamat pagi), konichiwa (selamat siang), dll. Sejak di taman kanak-kanak, anak2 jepang diajarkan untuk selalu jujur,  dilatih untuk hidup bersih, dibiasakan untuk antri, menyapa orang lain, dilatih bercocok tanam, mencintai lingkungan, dan banyak hal positif lainnya yang ditekankan sejak masa kanak2, yang akhirnya menjadi sebuah karakter bangsa Jepang yang mengagumkan. 

Wah, jadi panjang lebar nih ceritanya... Hehe...kembali ke postingan sambal bawang ya teman2. Sambal bawang atau sambal Bu Rudy ala Mbak Rina Rinso ini ngehits banget di group NCC beberapa bulan terakhir. Akhirnya saya jadi penasaran pengen nyobain dan ternyata memang mirip banget dengan sambal Bu Rudy yang pernah saya coba. Saya dan suami jadi ketagihan sama sambal bawang ini :) Makasih banyak yaa Mbak Rina Rinso, Barokalloh fiik ...resepnya mantap ^^



Wednesday, August 20, 2014

Pumpkin Pancake / Kabocha Pancake / Pancake Labu Kuning





Bismillah...
Masih edisi labu kuning...tiba-tiba putri kecil saya, Aisyah, request kue dorayaki. Maksudnya pancake gitu, hehe...setiap kali saya mbikin pancake, anak-anak nyebutnya dorayaki :)))) Karena pagi hari, saya pending dulu keinginan Aisy, saya jawab, "nanti ya, abis sarapan". Aisy pun meng-iya-kan. Begitu agak siangan,  beneran ditagih janjinya sama Aisy...hehe...anak2 selalu ingat ya, apa-apa yang dijanjikan kepada mereka. Kebetulan saya juga ada niatan pengen mbikin cemilan dari labu kuning. Labu kuningnya udah  saya kukus pagi-pagi. Ya udah, pas banget, saya segera mbikin pancake labu kuning sesuai request Aisyah :)

Tuesday, August 19, 2014

Tahu Isi Ragout Udang



Bismillah...
Ini adalah salah satu snacks takjil bulan ramadhan lalu. Baru keposting sekarang...hiks...super telat banget yah. Tapi gapapa ya, semoga bisa menginspirasi. Mbikinnya mudah banget, udah pasti bisa ketebak ....hehe....ini adalah tahu yang diisi ragout udang dan dicelup ke telur kocok dan dilapis panir kemudian digoreng. Tahunya saya pakai tahu kulit yang saya potong diagonal jadi 4 bagian, membentuk segitiga....jadi imut-imut sekali gigitan...hehe...:) Waktu itu mbikinnya barengan dengan mbikin risoles, karena males ribet, akhirnya tahu isinya saya buat sama isiannya dengan risoles yaitu saya isi ragout udang juga. Berikut ini resepnya yaa :

Pumpkin Marble Cake / Cake Marmer Kabocha / Cake Marmer Labu Kuning





Bismillah....
Udah sering mbikin pumpkin cake atau cake kabocha atau cake labu kuning, ....tapi baru keingat klo ternyata resepnya belum pernah saya simpan di blog. Beberapa kali mbikin, resepnya suka beda-beda, mbikinnya seringkali spontan, tiba-tiba pengen pakai takaran sekian sekian...hehe :) Seperti kali ini, takarannya juga spontan aja, tapi tetep saya timbang supaya bisa disave resepnya, kalau kapan-kapan mau mbikin lagi, bisa buat patokan.

Kali ini saya buat marble atau marmer, dan ternyata hasilnya enak, teksturnya lembut....bagian marmernya mbikin kaya rasa, ...ga mboseni sama sekali deh, bahkan anak-anak saya bilang, "kok ga bisa berhenti makan ya Ummi, enaak...oishii ". Alhamdulillah....seperti apapun bentuk dan hasil cake nya, klo dapat pujian dari anak-anak,.... berasa mengalahkan bakery ternama...hehehe :D :D :D

Sunday, August 10, 2014

Bitterballen Roti Tawar

Bismillah...
Masih dalam suasana Lebaran, buat temen-temen semua saya sampaikan : 

Happy Ied Mubarak 1435 H....
Selamat Hari Raya Idul Fitri ....
TaqobbalAllohu minna wa minkum....
Semoga Alloh Menerima amal ibadah kita selama bulan Ramadhan dan semoga kita dipertemukan dengan  bulan Ramadhan berikutnya....
aamiin.....

Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila ada kesalahan kata-kata, komen-komen yang belum terbalas, dan lain-lain. Mohon dimaafkan yaa, semoga kedepannya dapat lebih baik. Aamiin.

Langsung aja yaa teman-teman, postingan kali ini adalah bitterballen roti tawar. Salah satu menu snacks yang sering saya buat untuk takjil selama bulan ramadhan lalu. Sebagaimana bitterballen pada umumnya, hanya saja untuk pengental adonannya tidak pakai terigu, tapi saya ganti roti tawar yang diblender bersama susu cair. Dan hasilnya juga tidak kalah enak, teksturnya ga terlalu beda dengan bitterbalen yang original. Paling enak dimakan/ dicocol ke saus sambal....ga terasa bakalan ludes dlam sekejap...hehe. Berikut ini resepnya yaa :



Sunday, July 13, 2014

Acar Nanas Pedas

 

Bismilah....
Acar Nanas Pedas ini adalah salah satu favorit saya dan suami, sebagai pelengkap menu utama selama bulan ramadhan ini. Bahkan sering kami bawa ke masjid untuk sajian pelengkap buka puasa di masjid. Resepnya simple banget, bahkan ga perlu resep nih kayaknya....asal di campur-campur aja, ga pakai takaran juga jadi...hehe. Rasanya hampir mirip rujak atau asinan buah. Seger banget, dimakan itu aja udah segeeer. Buat yang penasaran apa aja bahan-bahan dan cara pembuatannya....yuuuk disimak dibawah ini :


Martabak Telur Praktis (2)


Bismillah....
Kali ini posting takjil yang saya buat minggu yang lalu yaitu martabak telur. Dibilang praktis karena adonan kulitnya mirip risoles tapi bahannya sedikit berbeda, memakai tepung beras dan maizena, disamping terigu. Isiannya saya pakai ayam giling, alhamdulillah hasilnya yummy...guriiih dan lumayan kriuk asalkan digoreng hingga garing. Paling pas dimakan hangat-hangat dengan klethusan cabe rawit dan acar timun. Hmm... siapa sih yang sanggup nolak klo disodorin sepiring martabak telur ini....hehe :) Untuk resep martabak telur ini sudah pernah saya posting disini, silahkan diintip-intip yaa ^^


Tinoransak

Bismillah....
Tinoransak adalah salah satu masakan khas Manado. Bumbunya cukup unik dengan pemakaian daun jeruk yang cukup banyak, rasanya jadi khas dan jika dibuat pedes, bener-bener mantab. Cukup disajikan dengan nasi hangat saja, nikmat bangeet....MasyaAlloh, mbikin nambah-nambah terus...hehe. Saya mbikinnya udah lama, udah beberapa bulan yang lalu, belum mbikin lagi nih. Menurut saya recomended banget, sesuai dengan selera saya.... ga ada salahnya yuuk dicoba :)


Saturday, July 5, 2014

Puding Marmer Roti Agar-agar



Bismillah....
Puding marmer roti agar-agar ini adalah salah satu menu yang saya buat untuk ifthar bersama di masjid Kumamoto. Setiap hari suami dan anak-anak berbuka puasa di masjid, dilanjutkan shalat maghrib dan tarawih. Di masjid biasanya sudah ada Brother dari Pakistan yang memasak menu utama atau hari-hari tertentu yang masak giliran Indonesia, Bangladesh community, dll.... biasanya menu ifthar di masjid adalah nasi biryani, roti nan, kari, gulai, atau menu lainnya. Untuk Indonesia community sendiri, kebagian jadwal untuk menyiapkan menu berbuka setiap hari sabtu. 

Menu takjil yang saya buat untuk ifthar biasanya yang gampang-gampang aja, seperti puding, nugget pisang, bakwan sayur, dadar gulung, martabak telur, puding roti dll. Mbikinnya juga ga banyak2....saya buat kecil-kecil biar semua kebagian...hehe. Biasanya juga ada teman-teman Indonesia yang lain yang membawa takjil ke masjid. Indahnyaa kebersamaan Muslim community di negeri sakura ini, MasyaAlloh...klo udah balik ke Indonesia sudah pasti akan kangen suasana ramadhan di Kumamoto ini. 

Kembali ke puding marmer roti agar-agar ini, saya buat menyesuaikan stok yang ada di rumah. Kebetulan ada stok roti tawar, dan kangen mbikin puding marmer, akhirnya saya eksekusi. Gampang aja mbikinnya, bahannya juga simple. Dan, hasil pudingnya lembut mirip puding kentang, serasa lumer dimulut. Tapi walaupun lembut masih cukup kokoh untung dipotong-potong. Rasa pudingnya manis gurih, adonan coklatnya memperkaya rasanya. Puding ini tanpa perlu penambahan garam lagi udah cukup gurih. Gurihnya dari pemakaian roti tawar karena roti tawar biasanya udah gurih. Dan seperti dugaan saya, anak-anak sukaa pudingnya, alhamdulillah....:)  Berikut ini resepnya yaa :

Thursday, July 3, 2014

Puding Santan Gula Merah




Bismillah...
Salah satu menu takjil 2 hari yang lalu adalah puding santan gula merah ini. Kebetulan ada banyak stok agar-agar bubuk. Menjelang kepulangan ke tanah air, semua stok bahan makanan sesegera mungkin saya berdayakn semua. Termasuk salah satunya agar-agar bubuk ini. Jadi, menu takjil ke depan bakalan sering mbikin puding nih ^^

Puding santan gula merah ini mbikinnya spontan aja. Tiba-tiba kepengen, segera saya eksekusi siang menjelang sore hari, supaya saat berbuka nanti sudah mengeras. Bahan-bahannya simple, tapi hasilnya guriih. Dan anak-anak pun sukaa, alhamdulillah. Tekstur pudingnya pas dengan selera saya, tidak terlalu lembek tapi tetep lembut memadat khas agar-agar. Karena memang tidak ada tambahan bahan lainnya. Rasanya guriih...santannya membentuk lapisan tipis karena memang saya menggunakan sedikit santan kental ditambah air. Walau begitu tetap gurih berpadu dengan gurihnya gula merah. Kalau penasaran dg rasanya, tidak ada salahnya dicoba yuuk... Sebagai menu ifthar ramadhan. Berikut ini detail resepnya yaa :

Mango Lassi



Bismillah....
Pa kabar semuanya...Selamat menjalankan ibadah puasa buat teman-teman muslim di seluruh penjuru dunia. Tidak terasa kita memasuki ramadhan hari ke 5. Di Kumamoto, untuk ramadhan kali ini bertepatan dengan musim panas, puasanya jadi sedikit lebih lama daripada di Indonesia, yaitu shubuh pukul 03.33 sedangkan maghribnya pukul 19.31...kira-kira 16 jam. Kalau matahari terik-teriknya lebih baik ngadem di rumah aja...hehehe :)

Oiya, beberapa waktu yang lalu, di salah satu supermarket disini, ada sale mangga. Dari yang harganya 380yen menjadi 99yen, khusus setelah jam 4 sore. Alhamdulillah ada seorang teman yang berbaik hati membelikan, karena letaknya agak jauh dari rumah saya. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa merasakan mangga di musim panas ini. Mangganya lumayan enak, tidak terlalu matang, sebagian besar saya pake rujakan, baik rujak petis maupun rujak manis, sebagian lagi di cemilin gitu aja oleh anak-anak. Dan khusus mangga terakhir, saya biarkan hingga matang, untuk saya buat mango lassi. Terinspirasi dari postingan Mbak Tika Hapsari Nilmada di facebook. Makasih yaa Mbak Tika atas inspirasinyaa ^^




Apakah mango lassi itu? Hmm... Dari hasil penelusuran di google, ... lassi merupakan minuman yang berasal dari Pakistan dan India. Salah satu bahan utama Lassi adalah buah-buahan, namun ciri khas Lassi adalah penambahan yoghurt dan rempah-rempah (bubuk kayu manis, bubuk lada, dan bubuk pala). Bisa menggunakan plain yoghurt agar lebih nikmat dan juga sehat. Selain itu, pilih buah-buahan yang bercita rasa manis sehingga bisa menggantikan pemakaian sirup gula ke dalam lassi. (Sumber: carapedia)

Jadi mango lassi merupakan minuman perpaduan mangga dan yogurt. Kali ini saya tidak menggunakan rempah-rempah sebagai taburan toppingnya, melainkan pakai 1 sdt pure mangga, 1 sdt yogurt, dan potongan strawberry. Kalau tanpa taburan rempah gini masih layak disebut mango lassi atau tidak yaa ? :D

Pembuatannya mudah banget, tinggal blender mangga bersama yogurt dan air es atau potongan es batu hingga lembut. Segera sajikan dingin. Mango lassi ini salah satu menu berbuka beberapa hari yang lalu. Anak-anak suka sekali, alhamdulillah. Berikut ini detail resepnya :

Tuesday, July 1, 2014

Arancini / Suppli / Rice Balls / Bola-bola nasi





Bismillah....
Ini adalah arancini request dari suami. Mbikinnya barengan dengan cake topping keju. Beberapa bulan yang lalu suami pernah menghadiri conference di Italia. Kebetulan beliau pernah mencicipi arancini dan sepulang dari sana beberapa kali request untuk dibikinin arancini ini tapi baru sempat saya penuhi sabtu lalu. Arancini adalah makanan khas Italia, berupa bola-bola nasi atau rice balls yang dilapis tepung panir dan digoreng deepfry. Kalau baca di wikipedia, isiannya bisa macam-macam, saus tomat, mozarella, dll. Yang saya buat ini pakai isian mozarella.  Kata suami, di Italia disebut juga suppli, salah satu varian arancini kali ya. Dan ternyata memang enak lho, nagihin...apalagi dimakan hangat-hangat, isian kejunya meleleh, luarnya crispy dalamnya guriiih ^^

Berikut ini adalah arancini versi saya yaa....saya adaptasi dari justataste.com, dengan beberapa modifikasi.  Di justataste.com lengkap banget disertai beberapa foto step by stepnya. Penjelasannya juga cukup lengkap, jadi ga kesulitan mbikinnya. Yuuk disimak resepnyaa :

Cake Topping Keju




Bismillah.....
Ini adalah camilan hari sabtu yang lalu. Udah lama ga mbikin cake untuk anak-anak. Pas kebetulan ga ada camilan akhirnya saya buat cake ini. Sebenernya ini adalah sponge cake, berhubung saya skip emulsifiernya, hasilnya tidak terlalu mengembang banget tapi juga tidak bantat. Kebetulan saya lagi males mbikin sponge cake tanpa emulsifier, dengan cara baskom yang digunakan untuk mengocok direndam di baskom lain yang diisi air panas, seperti di resep yang dulu pernah saya posting disini. Akhirnya saya kocok biasa aja. hasilnya seperti di foto ini, cukup spongy walau tidak terlalu mengembang banget.... daaannn anak-anak sukaa sekali, alhamdulillah. Cake ini memang salah satu favorit anak-anak, padahal simple banget bahan dan cara pembuatanya. Berikut ini resepnya yaa :

Saturday, June 28, 2014

Tahu Bakso Ayam





Bismillah....
Tidak terasa, 2 hari lagi bulan suci Ramadhan menjelang. Marhaban yaa Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan. Semoga kita senantiasa diberikan keteguhan iman dan ketaqwaan sehingga dapat beribadah dengan sebaik-baiknya di bulan ramadhan. Aamiin. 

Untuk keperluan sahur saat ramadhan, saya berencana untuk mempersiapkan frozen food, supaya lebih praktis. Berupa aneka nugget, ayam goreng ungkep, lapis daging, bakso dan juga salah satunya saya buat tahu bakso ayam ini. Soal penyajiannya tidak terlalu ribet, tahu bakso ayam ini bisa disajikan dengan sambal terasi ataupun sambal kecap dipadu dengan lalapan sayur. Atau bisa juga disajikan berkuah, tinggal mbikin kuahnya aja menjelang sahur :)

Tahu bakso ayam ini saya tambah tahu putih di adonanya, hasilnya jadi lembut. Mirip siomay ayam tahu resepnya, tapi yang ini tanpa telur dan takaran tepung tapiokanya tidak sebanyak siomay jadi hasilnya tidak sekenyal siomay tapi lebih mirip bakso ayam tahu. Resepnya bisa disesuaikan dengan selera, berikut ini resepnya :

Puding Ubi Coklat



Bismillah....
Kemarin saya habis belanja ubi jalar banyak, kebetulan dapat murah karena kecil-kecil ukurannya. Segera saya kukus buat camilan keluarga, sebagiannya saya buat puding ubi coklat ini. Tadinya mau saya buat puding zebra atau puding marmer, tapi adonannya cair tidak kental, tidak seperti puding kentang. Klo puding kentang adonanya kental jadi bisa dibuat motif zebra ataupun marmer. Ya udah, akhirnya puding ini saya beri coklat bubuk jadilah puding ubi coklat. 

Rasanya enak, teksturnya lembut mirip puding kentang tapi masih lebih lembut puding kentang. Ubinya lumayan terasa walau tidak terlalu kuat atau dominan karena harus berpadu dengan coklat. Dan takaran ubinya pun cuma 150gr, tapi udah menyumbang rasa gurih.  Alhamdulillah anak-anak suka, kata mereka mirip brownies....hehe...dan tentu saja puding ini langsung habis  dalam sekejap, tidak bersisa.... alhamdulillah ^^

Friday, June 27, 2014

Salad Makaroni (2)



Bismillah....
Salah satu menu hari ini, untuk saya dan suami adalah salad makaroni ini. Udah lama ga mbikin macaroni salad, dulu pernah saya posting tapi yang ini sedikit berbeda. Dressing dan komposisinya mirip-mirip potato salad. Enak juga lho, buat variasi menu. Mbikinnya mudah banget, bahan-bahannya tentu saja makaroni, sayuran pelengkapnya bisa sesuka hati. Kebetulan ini menyesuaikan stok yang ada di rumah saya. Langsung aja ya kita simak detailnya sebagai berikut :

Monday, June 23, 2014

Carang Gesing



Bismillah....
Ini adalah camilan sore ini. Pas buka facebook, muncul postingan carang gesing Mbak Veronica Dhani. Waah...langsung pengeen, kebetulan di rumah ada stok pisang dan santan. Ya udah deh langsung buruan mbikin, secara mbikinnya gampang banget tinggal di aduk-aduk dan kukus. Hasilnya sesuai dugaan, manis gurih wangi pisang....enak bangeeet, rasanya mirip kolak pisang :) Buat Mbak Vero, makasiih banyaak atas inspirasinya yaa Mbaak....*peluuk peluuk ^^

Sunday, June 22, 2014

PR LBT#32 : Pretzel



Bismillah.... 
Ini adalah pretzel bread, PR LBT#32. Terus terang saya belum pernah merasakan pretzel bread, baru kali ini mbikin, untuk setoran PR ke 32 group Lets Baking Together, bulan Mei lalu. Mbikinnya mendadak banget....sore-sore mbikin, itupun 1/4 resep aja, dan hasilnya ga terlalu banyak....buru-buru di foto dan di setor. Alhamdulillah ga jadi bolos PR LBT bulan Mei :)

Tadinya ga terlalu ngerti soal pretzel bread ini, setelah baca-baca, baru tau klo Pretzel Bread berasal dari dataran Eropa timur. Tiap negara  memiliki ciri khas tersendiri baik dalam bahan adonan roti dan maupun rasanya. Yang jelas pembuatan Pretzel bread hampir sama untuk semua jenisnya dan Pretzel Bread ini memiliki salah satu ciri khas dari bentuknya yaitu seperti bundaran melingkar, yang ujungnya dikaitkan ke tengah, bentuknya mirip hati :)

Resepnya saya pakai resep dari blog Mbak Endang  yaitu dari blog Just Try and Taste, hanya saja untuk prosesnya agak sedikit berbeda. Kalau resep Mbak Endang, pretzel breadnya dioven 10-15 menit,  kemudian direbus 30 detik di air mendidih  yang diberi baking soda  kemudian ditiriskan dan dinginkan. Selanjutnya dioles glaze dan diberi taburan kemudian dipanggang hingga kecoklatan. 

Karena saya tidak menggunakan baking soda, untuk cara pembuatannya saya ikutin resep disini. Adonan mentahnya dibentuk-bentuk lalu difermentasikan di dalam lemari es selama semalaman atau beberapa jam, kemudian di rebus di air garam (takaran garamnya saya kira-kira aja) hingga mengapung kemudian diangkat dan ditiriskan. Lalu di oles glaze, diberi taburan, kali ini saya taburi sedikit garam dan parsley flakes....selanjutnya dioven hingga kecoklatan. Hasil pretzelnya seperti di foto ini, luarnya garing kriuk sayang dalamnya kurang empuk, kurang mengembang kayaknya....mungkin karena kurang lama fermentasinya. Saya fermentasikan selama 1-2 jam aja, tidak di lemari es tapi di suhu ruang. 

Tapi walaupun begitu, rasa penasaran saya akan pretzel bread ini jadi terobati, jadi tau gimana susahnya membentuk pretzel bread ini...hehehe....beneran deh, ngebentuknya ini susah lho buat saya, ga bisa rapi.... sampe harus bolak balik liat di youtube. Next time pingin nyoba mbikin lagi....semoga hasilnya lebih baik ^^

Repost : Cinnamon Roll Bread





Bismillah....
Cinnamon roll bread ini mbikinnya udah lama... beberapa bulan yang lalu, baru sempat terposting sekarang. Belakangan ini jarang potret-potret, akhirnya ubek-ubek kompi, cari stok foto yang belum terposting...hehe :)))) Dulu anak-anak kurang suka dengan aroma kayu manis, tapi karena saya sering mbikin cinnamon roll bread ini akhirnya lama-lama mereka suka, pun saat saya mbikin puding roti pakai bubuk kayu manis, anak-anak tidak pernah protes, selalu laris manis ^^
Resep cinnamon roll bread ini sudah pernah saya posting dulu..... silahkan diintip disini yaa. Cinnamon roll bread nya bisa juga dioven di cup-cup kecil, atau bisa juga dioven sekaligus di pinggan tahan panas seperti  di foto ini. Saat keluar dari oven, roti ini wangiiii ....aroma kayu manisnya bener-bener menggugah selera...selalu suka dengan perpaduan cinnamon dan kismis. Tapi saya ga terlalu sering juga mbikin cinnamon roll bread ini, lebih sering mbikin roti manis biasa, dibulat-bulat trus diisi coklat batangan atau keju :)))) 







Tuesday, June 10, 2014

Cake Pisang Coklat Ketan Hitam



Bismillah....
Apa kabar semuanya....lama ga nengokin blog, udah banyak debu disana sini, hehe :) Alhamdulillah di sela-sela kesibukan packing, masih sempat motret kilat nih...hehe..., dan musti buru-buru  saya posting sebelum keburu lupa resepnya ... hehehe :) 
Ceritanya, pas saya beres-beres rak makanan, nemu 3 pack tepung ketan hitam....alhamdulillah, masih ada ternyata, berasa nemu harta karuun....hehe...ga sabar pengen segera eksekusi. Kebetulan punya banyak stok pisang yang udah matang, kulitnya blirik-blirik, juga masih ada stok coklat bubuk. Segera deh dieksekusi.   Daann hasilnya adalah cake pisang coklat ketan hitam ini ^^
Beberapa teman foodblogger sudah banyak memposting cake pisang coklat ketan hitam, jadi penasaran seperti apa rasanya ....tapi yang ini versi saya yaa, karena ga sempat browsing-browsing, akhirnya saya coba kira-kira aja takaran bahannya. Berikut ini resepnya yaaa :

Friday, May 23, 2014

Teriyaki Chicken Meatballs/ Japanese Hamburger Steak



Bismillah....
Menu 2 hari ini adalah serba ayam. Kebetulan habis belanja ayam gilinig dan ayam boneless. Berhubung freezernya penuh, akhirnya ayam gilingnya saya olah semua, 1 kg....untuk mbikin teriyaki chicken meatballs ini. Banyak banget yaa. Separuhnya saya buat siomay ayam jugaa... :))))

Saya mbikin ini gara-gara pengen, liat menu ini pas blogwalking di justonecookbook.com. Salah satu japanese foodblog yang sering saya kunjungi, Akhirnya diniatin mbikin, secara gampang mbikinnya dan bahannya udah ada semua. Well, menurut saya, ini mirip burger ayam saus teriyaki. Guriih banget burger ayamnya, langsung dipuji2 suami deh...hehe...burger ayamnya lembut.... ga keras ataupun alot. Saus teriyakinya mbikin kaya rasa, makin sedaap. Enak juga walau dimakan biasa tanpa saus teriyakinya. 

Daaan ternyata rahasia kelembutan burgernya adalah pada pemakaian tahu didalamnya sebagai campuran ayam gilingnya. Wah mirip dengan siomay ayam tahu yang saya buat tempo hari, memang, hasilnya jadi lebih lembut. Makanya sebagian adonanya saya tambah tapioka, diisikan ke tahu kulit, jadi siomay ayam tahu deh :)

Oleh karena menggunakan campuran tahu, teriyaki chicken meatballs ini juga disebut tofu hambagu . Dikenal juga dengan nama Japanese Hamburger Steak. Resepnya tentu saja saya adaptasi dari justonecookbook.com, thanks for Nami, for the great recipes. Resep berikut sudah saya beberapa modifikasi dan juga ada bahan-bahan makanan yang haram, tidak boleh saya konsumsi, saya ganti dengan bahan substitusi. Berikut ini resepnya, versi saya yaa : 



Tuesday, May 20, 2014

Tongseng Kambing Bumbu Petis

Bismillah....
Ini adalah request suami. Beliau pengen tongseng kambing. Resepnya sudah pernah saya posting dulu. Bedanya, kali ini bumbunya saya tambahkan petis dan irisan jahe. Alhamdulillah enak, sepintas mirip krengsengan kambing, tapi karena petis yang saya pakai cuma sedikit, rasa petisnya tidak terlalu dominan. Tongseng kambing ini selalu jadi favorit saya dan suami. Daripada gulai kambing, saya lebih suka tongseng ini. Mbikinnya juga lebih gampang....hehe...tapi rasanya, jangan ditanya, mantaabb.... olahan kambing mah selalu mantab yaa, rasa dan aromanya khas. Tapi walau begitu saya tidak sering-sering masak tongseng ini. Tapi sekalinya mbikin, selaluuu berasa kurang, tau-tau udah abis,..... soalnya tongseng ini mbikin nafsu makan bertambah, alias jadi sering makan dan nambah-nambah terus...hehe :))))




Monday, May 19, 2014

Sup Tahu Jamur Shimeji


Bismillah....
Menu hari ini yang simple-simple aja. Saya masak sup tahu jamur shimeji, super gampang mbikinnya. Masaknya ala sup jepang aja, bumbunya ga perlu ditumis-tumis, melainkan langsung dicemplung-cemplungkan. Biasanya sup jepang mengandalkan dashi supaya gurih rasanya, tapi karena saya jarang pakai dashi bubuk, sebagai gantinya saya pakai rebusan katsuobushi. Rasanya gurih seperti dashi stok. Thanks to Mbak Pepy Nasution buat resep dashi stoknya ini. Buat detail resep dashi stoknya bisa dilihat detail di web Indonesiaeats ya. 
Jadi, walaupun sup tahu jamur ini bahannya cemplung-cemplung aja, tapi rasanya guriih lho. pas dirasa-rasa jadi mirip sup kerang...hehe...sama gurihnya. Anak-anak sukaa sekaliii...mereka suka jamur, bahkan cuma direbus biasa aja mereka doyaann ^^

Sunday, May 18, 2014

Cake Kukus Ubi Ungu



Bismillah....
Kali ini saya ga share resep ya, cuma share fotonya aja :) Ini adalah cake kukus ubi ungu, seperti inilah hasilnya....tanpa tambahan pewarna makanan, cake nya jadi berwarna mm... abu-abu keunguan kali ya, warnanya kurang menarik :D Pas suami saya sodorin cake ini, beliau menerima dg pandangan aneh..hihihi...cake apa ini? 'coba aja deh, enak pokoknya', saya bilang....dan, beneran setelah dicoba, 'iyaa enak', kata suami.... hehe .... Alhamdulillah :)))))) 

Beneran, cake nya rasanya gurih legit....enaak pokoknya, padahal bahannya simple aja, cuma telur, terigu, gula, ubi ungu dan minyak sayur. Tapi hasilnya, manis gurih legit .... tapii terus terang, ini foto beberapa bulan yang lalu, udah lupa detail resepnya seperti apa, takaran bahan-bahan2nya seberapa...hehe...beneran lupa, saking lamanya hiks ....jadi mohon maaf tidak bisa share resepnya :(

Yang saya ingat, cake nya ini gurih banget, walau penampilannya kurang menarik. Bahannya seperti yang saya sebutkan di atas. Kalau penasaran, mungkin bisa mencoba resep cake ubi ungu oven ini, tapi dibuat versi kukusnya. Hasilnya kemungkinan mirip dengan yang saya foto ini. Teksturnya cenderung spongy walau tidak terlalu mengembang, tapi ga bantat, keliatan dari fotonya kan. Rasanya itu lho, manis gurih khas ubi....cake nya serasa pakai santan atau susu cair, padahal ga pakai, cuma pakai minyak sayur aja. Lain kali pengen nyoba mbikin lagi deh, insyaAlloh akan saya posting resepnya yaa ^^



Saturday, May 17, 2014

Siomay Ayam Tahu



Bismillah....
Kebetulan abis belanja ayam giling, jadi kangen pengen mbikin siomay ayam. Kali ini mbikinnya suka-suka aja....menyesuaikan bahan yang ada dirumah. Jadi mohon maaf yaa jika resepnya melenceng dari  resep siomay yang banyak beredar dimana2....hehe....:D Siomay ayam kali ini saya tambah tahu putih di adonan ayamnya, sebagai pengganti labu siam yang sedang tidak musim. Supaya hasilnya lebih lembut, tahu disini berfungsi melembutkan adonan siomaynya. Sambal kacangnya saya buat praktis aja, blender semua bahan kemdian masak hingga mendidih....trus rasanya gimana? alhamdulillah enaak, walau sambal kacangnya agak kurang nendang rasanya, menurut saya...hehe...tapi, asal dibuat pedeess aja, udah pasti bakal semangat makannya ^^

Tahu Telur Bumbu Petis



Bismillah....
Ini adalah menu kemarin, tahu telur bumbu petis, kesukaan saya sejak kecil. Sambel kacang petisnya wajib dibuat pedeess, dan untuk anak2 saya masakin ikan goreng panir dan dadar jagung. Sambel apapun yang dikasih petis selalu enaak ya....suka bangeet petis, sayang belum berhasil mbikin sendiri. Kalau lagi ga stok petis, tahu telur ini saya sajikan pakai bumbu kacang kecap biasa, ga kalah enak kok :))))) Kali ini saya tidak pakai kecap manis, tapi gulanya saya pakai gula palem, jadi lebih gurih manisnya. Beneran deh, tahu telur ini cocok untuk menu sarapan, tapi juga enak lho buat menu makan siang ataupun makan malam. Menu yang sederhana tapi sehat ^^

Soto Daging




Bismillah....
Ini foto lamaa....mbikin soto daging ini pas masih musim dingin, kira-kira pas awal tahun. Resepnya cemplung-cemplung aja. Pelengkapnya pun cuma telur rebus, jeuk lemon dan bawang putih goreng aja buat taburan. Sayang bawang putih gorengnya lupa ga ditaburkan, ga ikut kefoto :D Jadinya sotonya serba minimalis. Walau minimalis gini, rasanya tidak mengecewakan lho, pas musim dingin bawaannya laper terus, sedangkan untuk memasak itu butuh pejuangan banget, melawan hawa dingin yang menusuk :) Daann.... Karena musim dingin, sotonya ini cepet ngendal atau lemaknya membeku di permukaan, keliatan difotonya kan :D Berikut ini resepnya yaa :

Tumis Jamur Shimeji



Bismillah....
Posting menu yang gampang2 yaa....tumisan gini ga perlu resep sebenernya, pasti udah pada sering mbikin ya. Andalan para Ibu saat butuh masak cepat :) Tadinya juga ga niat moto, tapi pengen banget mbikin dokumentasi olahan jamur shimeji, karena jamur ini banyak dijumpai di Kumamoto sini, dan belum tentu di Indonesia nanti bakal sering-sering menjumpai. Berhubung mo pulang kampung, kudu didokumentasikan nih :) Kali ini jamurnya saya tumis bersama wortel dan kacang polong. Saya buat tidak pedes, karena buat konsumsi anak2 juga. Mereka suka banget jamur shimeji ini :) Buat yang penasaran dengan resepnya...hehe...silahkan disimak berikut ini yaa :

Thursday, May 15, 2014

Simple Brownies




Bismillah...
Brownies lagii...hehe....kebetulan banyak stok coklat bubuk, jadinya sering mbikin brownies. Sebenernya ada stok dcc, tapi lagi males ribet, jadinya mbikin simple brownies aja, alias brownies ekonomis, tanpa dcc. Kali ini bukan gluten free. Sengaja pengen modifikasi dari resep brownies yang saya posting sebelumnya. 
Berdasarkan pengalaman, untuk brownies oven, klo resep gluten free dikonversi ke terigu, takaran tepungnya sedikit berbeda. Jadi, misal takaran gluten free nya 60 gr tepung beras dan 30 gr maizena, jika ingin diganti terigu, sebaiknya tidak pakai 90 gr tepung terigu, karena hasilnya akan seret... sebaiknya terigunya di kurangi sedikit supaya lebih moist. Jadi, kira-kira pakai 75 gr tepung terigu, insyaAlloh ga akan seret, lebih moist tapi tidak oily :) 
Pengalaman ini saya dapatkan sewaktu saya mbikin brownies pisang biasa (yg dioven), tapi pakai resep brownies pisang gluten free (yg dioven). Ternyata jika takaran terigunya dibuat sama dg takaran gluten free, hasilnya jadi lebih seret, jadi harus dikurangi sedikit supaya lebih moist. Begitulah kira2....tapi ini ga saklek juga sih, tergantung selera masing-masing....silahkan berkreasi sendiri ya teman-teman, silahkan dicoba-coba...klo ga dicoba kita ga akan tau hasilnya gimana.....daann...berikut ini resep simple browniesnya, silahkan diceki-ceki ^^

Tuesday, May 6, 2014

Brownies Gluten Free (Ekonomis, Tanpa DCC)





Bismillah....
Ini adalah cemilan hari ini. Udah lama ga mbikin cake, anak-anak berkali-kali request, akhirnya untuk memenuhi janji kepada anak-anak, saya mbikin brownies ini. Sengaja pengen mbikin yang gluten free karena kemarin anak-anak habis ngemil roti. Dan kali ini saya coba yang versi ekonomis, tanpa DCC (dark cooking chocolate), dan ternyata hasilnya yummy. Lumayan lembut dan tidak seret, tapi tidak selembab brownies kukus ya. Bagi penyuka brownies yg lembab, mungkin bisa sedikit dikurangi takaran tepungnya supaya lebih moist. Manisnya pas menurut saya dan juga nyoklat, serasa pakai dcc....anak-anak sukaa bangeet, alhamdulillah ^^

Monday, May 5, 2014

Nugget Ikan Tahu Wortel Praktis




Bismillah...
Posting nugget lagi yaa. Kali ini nugget ikan tahu wortel, praktis mbikinnya karena tidak perlu dikukus dulu, melainkan langsung digoreng. Supaya tidak amis, lumuri ikan terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis atau lemon. Nugget ikan tahu tentu berbeda teksturnya dengan nugget ayam tahu. Klo nugget ikan tahu ini, menurut saya tidak sekenyal nugget ayam tahu. Tapi lebih lembut, lebih mirip nugget tempe dan tentu saja aroma ikannya khas terasa. Yang pasti nugget gini cocok buat menu lunch box atau bentou, tinggal tambahkan tumisan sayur atau sayur kukus atau lalapan timun, mini tomato, dll. Jadi deh bekal sehat untuk anak-anak^^

Sunday, May 4, 2014

Chicken Sweet Corn Pizza


Bismillah....
Postingan pertama di bulan Mei :) Belakangan jadi jarang update blog....kangen bangeet....tapi memang agak sibuk beberapa hari terakhir, sedikit aktivitas di sekolah anak-anak dan hunting oleh-oleh buat persiapan pulang ke tanah air. Weekend ini sebenernya nyantai banget, kebetulan di Japan lagi libur beberapa hari alis golden week, libur hingga selasa depan. Saatnya jalan-jalan, memanfaatkan waktu bersama keluarga. Ssstt klo golden week gini banyak sale di mall-mall lho....hehe... #emak2 hobi belanja nih ^^

Daann... karena efek libur golden week, masak pun akhirnya saya pilih yang gampang-gampang aja, yaitu saya masak bakso dan untuk cemilannya pizza, request dari suami. Seperti biasa pizzanya yang simple2 aja ya. Memanfaatkan stok bahan yang ada di rumah, kebetulan masih ada ayam giling sisa mbikin bakso, dan juga ada jagung manis, ya udah pakai bahan itu aa, ditambah wortel serut. Kali ini minimalis, tumisannya tanpa paprika dan bawang bombay, karena kehabisan stok... tapi saya tambahkan bawang daun yang diiris tipis, dan ternyata hasilnya tetep yummy....menurut customer di rumah saya...hehe :)



Tuesday, April 29, 2014

Bakpia Basah Isi Ubi Ungu



Bismillah....
Hari ini saya mencoba mbikin bakpia basah. Sebenernya bakpia adalah PR LBT untuk bulan April ini, sayangnya beberapa minggu belakangan saya agak sibuk, jadi tidak sempat mengerjakan PR Bakpia ini. Hiks...sedih banget, tau2 udah tanggal 28 April, udah terlambat untuk mengumpulkan PR :(
Well, daripada sedih yan berkepanjangan, akhirnya saya putuskan untuk mencoba mbikin bakpia ini, biar ga penasaran lagi, buat pengalaman :)
Untuk resep bakpianya ini saya pilih resep bakpia basah dari blog Mbak Hesti Saifudin, sedang untuk isiannya saya pakai ubi ungu, terispirasi oleh Bakpia pathuk ubi ungu di blog Mbak Nina Agustina. Buat Mbak Hesti dan Mbak Nina, terima kasih banyak atas resep dan inspirasinya ya Mbaak, peluuk semuanyaa ^^
Alhamdulillah bakpianya enaak, lumayan empuuk, isinya saya pakai ubi ungu aja, tanpa tambahan gula lagi, karena ubi ungunya udah manis, lain kali pengen nyoba yang isi kacang hijau ^^

Puding Jagung Manis




Bismillah....
Cemilan untuk hari ini adalah puding jagung manis. Pertama kalinya mbikin puding jagung manis. Ternyata rasanya guriih, enaak. Walau tanpa susu atau santan, saya hanya pakai air biasa tapi rasanya gurih, beneran deh. Dan karena jagungnya udah manis, untuk gulanya saya hanya pakai 75gr saja. Menurut saya manisnya pas, tapi boleh ditambah jika ingin lebih manis. Yang jelas, sukaa dengan puding jagung manis ini, lebih enak lagi klo disajikan dengan vla vanila atau santan. Tapi saya malas mbikin, kebetulan lagi ga ada stok susu juga. Dimakan tanpa vla aja udah enaaak dan laris manis....kayaknya bakalan sering mbikin nih ^^
Berikut ini resepnya yaa :