Thursday, July 3, 2014

Puding Santan Gula Merah




Bismillah...
Salah satu menu takjil 2 hari yang lalu adalah puding santan gula merah ini. Kebetulan ada banyak stok agar-agar bubuk. Menjelang kepulangan ke tanah air, semua stok bahan makanan sesegera mungkin saya berdayakn semua. Termasuk salah satunya agar-agar bubuk ini. Jadi, menu takjil ke depan bakalan sering mbikin puding nih ^^

Puding santan gula merah ini mbikinnya spontan aja. Tiba-tiba kepengen, segera saya eksekusi siang menjelang sore hari, supaya saat berbuka nanti sudah mengeras. Bahan-bahannya simple, tapi hasilnya guriih. Dan anak-anak pun sukaa, alhamdulillah. Tekstur pudingnya pas dengan selera saya, tidak terlalu lembek tapi tetep lembut memadat khas agar-agar. Karena memang tidak ada tambahan bahan lainnya. Rasanya guriih...santannya membentuk lapisan tipis karena memang saya menggunakan sedikit santan kental ditambah air. Walau begitu tetap gurih berpadu dengan gurihnya gula merah. Kalau penasaran dg rasanya, tidak ada salahnya dicoba yuuk... Sebagai menu ifthar ramadhan. Berikut ini detail resepnya yaa :




Puding Santan Gula Merah

Bahan-bahan :
1 bungkus  agar-agar plain (7 gr)
600 ml santan
150 gr gula merah (bisa dikurangi atau ditambah)
sejumput garam
1 lembar daun pandan

Cara Membuat :
Rebus gula merah bersama sebagian santan. Setelah gula larut, angkat dan saring. 
Masukkan sisa santan, aduk rata. Masukkan agar- agar bubuk, garam dan daun pandan. Aduk hingga merata.
Masak sambil sesekali diaduk, masak hingga mendidih. Sisihkan daun pandannya. 
Tuang puding di loyang atau cetakan puding yang sudah dibasahi sebelumnya. Biarkan dingin dan mengeras. Simpan di lemari pendingin.
Sajikan dingin-dingin ^^







9 comments:

  1. puding jadul yang selalu jd kesukaan banyak orang ya umm.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya Mbak....bahannya simple. Biasanya ada yang pakai telur juga di adonannya ya...yang ini ga pakai ^^

      Delete
  2. Saya jd ngikutan bikin nih um...
    Hehehe.. yummm bgt dehhhh... saya jg ga pake telur, takut amis, padahal blm pernah nyoba...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake telur lapisan santannya lebih tebel dan lebih gurih...dan tentu lebih berkolesterol heheh

      Delete
    2. Mbak Lina : punya Mbak Lina lebih cakep coklatnya ^^

      Mbak Ayu : makasih sharingnya... Kapan2 saya coba pakai telur ^^

      Delete
  3. aku sukaaaa ^_^ walau jadul tapi enak ehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...samaa Mbak....gimana kabarnya Mbak? udah berapa bulan kehamilannya? semoga sehal selalu yaa ^^

      Delete
  4. Replies
    1. Ayuk sering-sering dibikin Mbak....biar jadi kesukaan anak-anak kita jugaa ^^

      Delete