Sunday, November 30, 2014

Balado Terong


Bismillah.....
Alhamdulillah....ini adalah postingan pertama di blog semenjak saya tiba di tanah air tercinta Indonesia. Alhamdulillah 1 Oktober lalu kami sekeluarga tiba di tanah air, sekitar jam  9 malam tiba di bandara Juanda. Campur aduk rasanya, ada keharuan saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah air. Rasa kangen tanah air yang tak tertahankan, aah...rasanya seperti mimpi.... kami harus meninggalkan Jepang dan kembali ke tanah air. Benar-benar serasa mimpi, tak henti-hentinya lisan mengucap syukur dan tasbih :)
Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Alloh, perjalanan pulang ke tanah air kami sekeluarga berjalan lancar. Anak-anak cukup menikmati perjalanan, mereka sangat senang karena akan segera bertemu kakek neneknya dan saudara-saudara lainnya di tanah air :)  

Alhamdulillah terharu sekali kami sekeluarga dapat berjumpa kembali dengan keluarga di tanah air,  melepas rindu dengan orang tua dan saudara . Ibunda saya dan Ibunda suami serta adik saya berkumpul di rumah untuk menyambut kedatangan kami. Saat-saat yang paling membahagiakan dan takkan pernah terlupakan. Beberapa hari setelah kedatangan, kami merayakan Idul Adha bersama dan mudik ke kampung halaman suami. Alhamdulillah....akhirnya kembali menikmati Idul Adha di tanah air. Tapi tidak bisa dipungkiri, kami sangat sangat merindukan Kumamoto dan berbagai kenangan disana, termasuk kenangan saat merayakan Idul Adha disana....pengalaman hidup kami di Kumamoto menjadi salah satu kenangan terindah yang tidak akan pernah kami lupakan ^^

Menjelang kepulangan ke tanah air, kami sekeluarga sangat disibukkan dengan packing2 barang dan bersih2 / pengosongan apato (apartemen) di Kumamoto. Sesampainya di Indonesia, tepatnya di kota Sidoarjo, tempat tinggal kami yang baru, kami sekeluarga juga disibukkan dengan berbagai macam urusan. Setelah mudik Idul Adha ke kampung halaman, kami sibuk mengurus perpindahan sekolah anak2, suami mengurus ijazah ke Jakarta, mengurus akte kelahiran si bungsu, hingga kesibukan-kesibukan menata  ulang rumah. Alhamdulillah Ibunda suami banyak membantu mempersiapkan rumah kami, sehingga saat kami datang, rumah sudah siap huni. Tinggal menata barang-barang bawaan dari Jepang. Awal bulan Nopember barang-barang kiriman dari Jepang tiba dirumah,  sebanyak 2,9 kubik atau 31 kardus. Bisa dibayangkan deh sibuknya membongkar kardus2 dan menata barang-barang, sampai-sampai ga sempat ngurusin blog lagi....hehe.. #lebay :D :D :D






Foto balado terong ini diambil saat kami masih di Kumamoto, ketahuan dari lombok keringnya....hehe...lombok kering ini yang sering saya pakai untuk memasak, karena lombok segar hanya ada saat musim panas. Terong balado ini udah lama banget mbikinnya, dan klo ada yang bertanya-tanya kenapa warna bumbunya kurang merah menyala, karena waktu mbikin, saya cuma pakai paprika merah sedikit, kehabisan stok jadi kurang mantap merahnya. Lombok besar jarang ada di Kumamoto, sebagai gantinya saya selalu pakai paprika merah. Juga untuk bawang merah yang hanya ada saat musim panas, saya substitusi dengan bawang bombay yang selalu ada dan murah harganya. Karena mbikinnya udah luama, resepnya kira-kira aja yaa....berikut ini resepnya :

Balado Terong

Bahan-bahan :
4-5 buah terong ungu, potong2 lalu goreng 
1 genggam ikan teri kering, goreng

3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdm air asam jawa
gula merah secukupnya
garam secukupnya

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
2 buah paprika merah (saya pakai 1/2 buah)
6-8 buah cabe rawit kering

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum. 
Masukkan terong dan teri yang sudah di goreng.
Tambahkan air asam jawa, garam dan gula merah secukupnya. Bila perlu tambahkan sedikit air.
Aduk hingga rata. Koreksi rasanya, masak hingga bumbu meresap. 
Angkat dan sajikan hangat-hangat ^^



16 comments:

  1. Ummiii..akhernya nongol lagii :) :)
    kebayaang pasti ribet banget yah pindahannya.. >.<
    pindah sekolah anak2 lancar umm? pengen denger ceritanya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iyaa Mbak, udah kangen tak tertahankan pengen ngeblog lagi... :))))

      bener bangeet, pindahan itu sudah pasti ribet. Pelan2 beres2nya :)

      Anak2 masih masa penyesuaian di sekolahnya. Alhamdulillah sejauh ini sedikit demi sedikit sudah mulai bisa mengikuti pelajaran di sekolah yg baru, di sd islam, full day school. waktu awal2, mereka sering pakai bahasa jepang dan nulis pakai huruf jepang... hehe...
      untuk anak2, saya ga terlalu memaksa mereka untuk les macam2, yang penting mereka enjoy dulu dengan sekolahnya yg baru :)

      Delete
    2. Bahasa Jepangnya jgn ampe ilang tuh umm..sayang, hehe..
      Alhamdulillah adaptasinya lancar ya, ikut lega..
      Umm, aku lanjut inbox yaa, pgn nanya ttg skolah bocah :D

      Delete
    3. Iya Mbak... Ini berusaha agar anak2 sering nihongo-an biar ga lupa bahasa jepangnya.
      Ok, saya siap menerima inbox kapan aja...hehe :)

      Delete
  2. alhamdulillah,akhirnyaaa sampai juga di tanah air...kangen mbak sama masakannya yg simpel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak.... udah kembali ke indo ^^
      kangen jugaaa... makasih atas perhatiannya... jadi semangat buat ngeblog lagi nih ^^

      Delete
  3. Ummu selamat datang...Alhmdllh berarti dah beres donk beberes nya hehe Kangen deh hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih Mbak Ayuuu...kangeen banget ^^
      beres2nya masih belum sepenuhnya beres... hehe...belum rapi. barang2 dr jpn asal udah dibongkar semua, tapi belum tertata rapi. pelan2 deh ngerapiinnya :)

      Delete
  4. Selamat datang ummu..... kangen sama postingannya deh. Alhamdulillah ya sudah di tanah air lg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak Isna... saya jg kangen, lama ga nengokin blognya Mbak Isna, pasti udah banyak resep baru :)

      Delete
  5. Selamat datang Ummu, mudah mudahan ilmu yang diperoleh Ummu sekeluarga selama di Jepang barokah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... makasih banyak doanya Mbak Anna ^^

      Delete
  6. Alhamdulillah umi dh d tnh air...

    Kpn2 ktmuan yu mi... heheh...
    Hayu belanja yg dulu2 ga ada di Jepang mi... ngobatin kangen...
    :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah Mbak,.... mudah2an kapan2 bisa kopdaran yaa ^^

      bener banget ini, pertama tiba di tanah air, yang dicari apa2 yang dulu ga ada di jepang, seperti tape, es degan, mangga, salak, rambutan, dll...
      sekarang tiada hari tanpa tempe. dulu sempat merasakan ga enaknya hidup tanpa tempe, tmpe jadi makanan mewah klo di japan, sampe dibela2in mbikin tempe sendiri.
      sekarang disini bener2 cinta tempe deh... sampe sering mborong tempe, paling sering digoreng gitu aja. kadang dicemilin...ga ada bosennya nyemil tempe goreng, bahkan baby atha jd tempe lover nih.... hehe :D

      Delete
  7. Alhamdulillah....ummi dah d tanah air....sidoarjo ya mb?
    Wah pengen banget ketemu.....semoga kalo ada waktu luang bisa mampir....hihi....amiin. Doakan sehat selalu ya mbaak..... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak... Alhamdulillah sdh balik. Iya bener di sidoarjo.
      Aamiin semoga sehat selalu dan bisa ketemuan ya Mbaak ^^

      Delete