Thursday, April 7, 2016

Pizza Roti Tawar

Bismillah...
Ini adalah cemilan malam, yang saya buat untuk menemani lembur suami beberapa hari yang lalu. Males mbikin yang ribet-ribet sementara suami sukanya yang gurih-gurih. Kebetulan ada stok sosis n keju mozarella di kulkas, akhirnya pilihan saya jatuh pada pizza roti tawar ini. Sebelumnya udah pernah mbikin. Roti tawarnya pakai roti tawar yang siap pakai merk s*ri roti. Sewaktu di Kumamoto dulu sering mbikin juga. Anak-anak dan suami suka alhamdulillah. FYI, untuk sosisnya, selama belum bisa membuat sendiri, saya batasi pemakaiannya sebulan 1-2 kali saja, dan saya sangat selektif memilih merknya....kecuali nantinya kalau bisa mbikin sendiri, bisa sering-sering mengkonsumsi..hehe. Sosisnya pakai merk belfo*ds, bukan promosi ya... sekedar informasi aja, barangkali ada yang menanyakan...hehe *kepedean*. Asal bahannya ada, siapapun pasti bisa mbikin pizza roti tawar ini....cemilan saat kepepet...hehe. Ga pake ribet dan ga pake lama mbikinnya.




Dadar Tahu Jamur

Bismillah...
Dadar tahu jamur ini mudah mbikinnya. Bahan-bahannya pun mudah didapat dan murah, tapi jangan salah, nilai gizinya tinggi dan rasanyapun gurih. Enak buat cemilan ataupun lauk, dicocol dengan sambal atau saus sambal, bisa-bisa sepiring langsung ludes..hehe. Kali ini saya buat ga pedes, jika ingin pedas, tinggal ditambahkan ulekan cabe rawit atau jika ingin praktis, tinggal tambahkan cabe bubuk di adonan mentahnya. Berhubung masaknya malam, bumbunya cuma saya cincang-cincang aja, biar cepet, alhamdulillah tidak mengecewakan hasilnya, yummy. Begitu matang, segera di foto kilat, alhamdulillah bisa didokumentasikan di blog. Semoga bisa menjadi inspirasi, untuk variasi menu sehari-hari. Berikut ini resepnya, silahkan dimodifikasi sesuai selera :




Tumis Terong Teri Medan Pedas

Bismillah...
Balado terong dan tumis terong adalah salah satu menu favorit suami. Biasanya tumis terong gandengannya ikan teri...paling enak disajikan hangat-hangat karena terinya masih renyah, kriuk-kriuk. Kali ini terongnya ditumis bersama teri medan (yang setengah kering), alhamdulillah enak juga. Terongnya saya pakai terong hijau. Jadi ingat terong Kumamoto, disana terong banyak dijumapi, hampir setiap musim selalu ada. Harganya hampir sama dengan harga terong di Indonesia. Orang-orang jepang suka sekali terong. Bahkan tanaman terong, pare, sawi, bawang bombay, dll, banyak ditanam di halaman-halaman rumah warga disana. Menyenangkan ya bisa menanam sayuran sendiri, organik dan tanpa pestisida. Saat yang paling membahagiakan tentu saat panen tiba, senangnyaa.. MasyaAlloh. Kalau disini, saya biasanya panen cabe rawit, daun salam dan daun pandan,...hehe belum ada sayuran lain-lainnya karena lahan terbatas, lebih banyak ditanami tanaman hias dan bunga2. Kali ini bunga anggrek dan mawar melati yang banyak mekar. Kembali ke postingan tumis terong yaa, berikut ini resepnya :



Saturday, March 26, 2016

Nasi Uduk Tanpa Santan ala Magic Com



Bismillah....
Lamaa tidak menengok blog...masyaAlloh, banyak tamu berkunjung dan komen-komen yang masuk. Terima kasih untuk teman-teman semua yang sudah menyempatkan mampir ke blog sederhana ini...terima kasih tidak terhingga atas doa tulus yang dipanjatkan untuk saya...doa yang sama untuk teman-teman semua, semoga Alloh Merahmati teman-teman semuanya dimanapun berada.  InsyaAlloh akan saya balas komennya satu persatu, mohon bersabar yaa teman-teman...:))))

Hampir dua bulan saya vakum tidak mengupdate blog, bahkan bulan februari lalu blog kosong tanpa postingan resep. Dan bulan maret ini pun, di penghujung bulan baru ada postingan...selama ini ngapain aja Ummi? hehe...alhamdulillah saya sekeluarga sehat walafiat dan baik-baik saja. Hanya 2 bulan belakangan banyak aktifitas pribadi yang lumayan menyita waktu, tenaga dan pikiran. Ditambah lagi notebook saya (yang biasanya saya pakai untuk update blog, edit foto dll ) sedang rusak, sepertinya tidak bisa diperbaiki lagi...walau ada notebook suami, tapi mau pakai kok rasanya males, banyak ga sempatnya...jadilah semakin absen update blog. Walaupun begitu saya sempat bersilaturahmi dengan beberapa teman dari dunia maya, yang saya kenal via fb...seneeng banget bisa berjumpa. Alhamdulillah.

Thursday, January 28, 2016

My first book : 85 Resep Lezat dan Nikmat dari Dapur Ummu Fatima

Bismillah....
Syukur alhamdulillah...., segala puji hanya bagi Alloh, Rabb semesta alam. Alhamdulillah, telah terbit buku perdana saya, "85 Resep Lezat dan Nikmat Dari Dapur Ummu Fatima", diterbitkan oleh Gramedia Pustaka. Beberapa waktu lalu... berulang kali, beberapa teman meminta dan mendoakan saya untuk dapat menulis buku resep masakan, MasyaAlloh....sebuah mimpi bagi saya, dan saya pun meng-amin-kan doa teman2 semua. Dan, MasyaAlloh....sungguh Alloh Maha Mendengarkan doa2 hamba-hamba-Nya...qadarulloh, tidak disangka, berkat doa teman-teman semua, saya mendapatkan tawaran dari penerbit Gramedia untuk membukukan resep-resep saya, syukur alhamdulillah. Masih ga percaya rasanya, mimpi saya akhirnya menjadi nyata, MasyaAlloh *cubit pipi sendiri, masih ga percaya :D

Buku berjudul "85 Resep Lezat dan Nikmat Dari Dapur Ummu Fatima" ini merupakan kumpulan resep favorit yang terdiri dari 85 resep, meliputi resep masakan khas nusantara maupun mancanegara, snacks manis dan gurih, aneka cake, jajanan tradisional, kue kering dan aneka minuman segar (desert). Dengan komposisi yang lengkap, diharapkan buku ini bisa menjadi rujukan bagi para pembaca dalam  memasak hidangan pilihan bagi keluarga maupun hidangan untuk disajikan pada acara khusus, seperti pesta, arisan, tasyakuran atau bahkan untuk memulai usaha kuliner. Jadi cukup praktis yaa...hanya dengan membeli satu buku ini, bisa dapat aneka resep masakan, cake, roti, kue kering,  jajanan tradisional, minuman, desert, dll. Buku ini juga cocok jadi kado untuk teman yang baru menikah hehe...ataupun hadiah bagi teman yang baru belajar memasak (pemula), karena resep-resepnya insyaAlloh praktis dan mudah dipraktekkan. Dan bagi teman2 yang ingin memulai usaha kuliner, buku ini juga bisa jadi rujukan lho... ^^

Buku ini bisa teman-teman dapatkan di Toko Buku Gramedia terdekat, terbit sejak tanggal 14 Desember 2015. Besar harapan saya, semoga buku ini bisa bermanfaat dan membawa kebaikan bagi teman-teman semua, para pembaca dan masyarakat luas lainnya. aamiin...aamiin Ya Rabb.



Martabak Brownies




Bismillah....
Ini adalah camilan yang saya buat hari minggu lalu. Pengen banget mbikin martabak manis, tadinya mau pakai resep andalan seperti biasa, eh tapi tiba-tiba berputar haluan pengen mbikin martabak brownies aja. Terakhir mbikin martabak brownies waktu bulan puasa lalu, udah lamaa...dan resepnya ternyata belum sempat saya posting di blog. Pas udah mateng, langsung diberi topping dan dipotong-potong, beberapa batch pertama wuuss...langsung ludess...anak-anak doyan bangeeet...abi dan umminya juga donk...hehe. Nyisain dikit buat dipotret2. Alhamdulillah.... seneng banget klo mbikin camilan dan anak-anak suka. Martabak manis dan martabak browies ini salah satu andalan saya, karena mbikinnya gampang, resiko bantatnya kecil (kecuali raginya mati ya), dan yang pasti anak-anak selaluuu sukaaaa. Alhamdulillah. Sengaja saya buat agak banyak karena klo mbikin dikit, udah pasti kuraang...hehe. Martabak brownies ini lembut dan nyoklat...tanpa topping pun udah enak. Berikut ini resepnya : 

Monday, January 25, 2016

Nasi Goreng Udang Jamur Tiram

Bismillah...
Menu makan malam kemarin lusa. Siangnya abis makan mie ayam, jadi makan malamnya harus nasi. Pas kebetulan ada stok udang....saya memang sering nyetok udang, karena anak2 semuanya doyan, mulai dari si sulung sampai si bungsu. Jadi klo masak olahan udang, semuanya pasti doyaan, ga ada yang protes...hehe. Seperti kali ini, nasi goreng udang jamur ini, anak2 sukaa sekali, sampe nambah-nambah, bahkan keesokan paginya masih ditanyakan, "nasi goreng udang yang kemarin masih ada ga Ummi?". Nasi goreng udang jamur ini beneran guriih, gurihnya ga nanggung2 *lebay*....sengaja saya buat ga pedas, untuk saya dan suami, nyeplus lombok aja biar pedes...hihi. Jamurnya saya pakai jamur tiram, warnanya putih jadi ga terlalu nampak ya, fotonya malam2 pula, seperti foto miso soup, foto udang kuah jamur tempo hari, klo motret malam2 fotonya agak2 dramatis gimanaa gitu :D





Saturday, January 23, 2016

Mie Ayam Jamur

 


Bismillah...
Beberapa hari ini hujan terus di kota Sidoarjo sini. Kalau hujan gini, hawanya dingin, bawaannya jadi pengen makan yang berkuah dan anget-anget. Pagi tadi cuaca masih cerah, saya bebas belanja ini itu. Seperti biasa, kalau hari libur, saya dan keluarga sarapan membiasakan sarapan buah dulu, baru kemudian saya masak dan hidangan siap kira-kira jam 8-9. Kali ini kepingiiin banget mbikin mie ayam, secara udah lamaa ga mbikin mie ayam. Setelah belanja, segera uplek di dapur. Dua kompor nyala bebarengan, biar masaknya cepet. Alhamdulillah ga berapa lama, mie ayam jamur pun siap untuk disantap. Agak siangan, hujan mulai turun, pas banget...hujan-hujan makan mie ayam anget-anget. Alhamdulillah suami dan anak-anak sukaa, resepnya pakai resep andalan seperti biasa. Praktis dan ga terlalu ribet, yang penting hasilnya cocok di lidah keluarga saya. Dan alhamdulillah resep ini juga cocok dan banyak dipraktekkan oleh beberapa teman saya. Berikut ini resepnya yaa : 


Friday, January 22, 2016

Orak Arik Telur Tahu Sawi Putih




Bismillah....
Pagi tadi mbuka FB, pas ada postingan orek sawi putih oleh salah satu teman fb saya, Mbak Dian Wahyu Novitasari, mendadak pengeen...mumpung ada stok sawi putih, saya tambah tahu biar lebih komplit nutrisinya. Makasiiih buat inspirasinya ya Mbaak Dian, semoga Alloh Membalas dengan kebaikan yang berlimpah. aamiin. 

Akhirnya mumpung si bungsu tidur siang, saya langsung uplek di dapur dan masak kali ini jadi lebih cepet, karena tidak banyak interupsi dari si bungsu...hehe. Orak arik adalah masakan yang simple tapi bisa jadi pilihan tepat kala kita tidak punya banyak waktu untuk memasak. Tinggal sreng sreng sebentar jadi deh...hehe :D Rasanya juga tidak kalah lezat, asalkan kita pandai meracik bumbu/seasoningnya. Dan begitu matang, segera potret2 sebentar... lalu ga sabaaar...akhirnya nyiduk nasi hihihi...tukang fotonya kelaperan :D :D

Miso Soup with Tofu and Mushroom

Bismillah...
Beberapa waktu lalu saya memdapat hadiah oleh-oleh pasta miso, dari seorang sahabat baik yang tinggal di Tokyo, kebetulan beliau mudik ke Surabaya. Alhamdulillah...terima kasih banyak ya Mbak Linda, semoga Alloh Membalas dengan kebaikan yang berlimpah. Aamiin. Pasta miso ini akhirnya saya oleh menjadi miso soup (mishoshiru) untuk makan malam bbrp hari yang lalu. Miso paste ini merupakan bumbu pasta hasil fermentasi dari kedelai dan beberapa bahan lainnya. Rasanya sangat unik dan aromanya khas, ada rasa asam2 khas fermentasi, penampakannya mirip bumbu pecel...hehe. Miso soup adalah salah satu masakan tradisional yg sangat populer di Jepang, pasta miso bisa diolah menjadi aneka miso soup, kaldu untuk sup biasanya menggunakan dashi, katshuobushi, kombu, dll. Biasanya pasta miso ditambahkan saat2 terakhir sebelum sup diangkat dari api. Penyajiannya di mangkuk terpisah, tidak dicampur nasi. Enak di makan hangat-hangat terutama saat musim dingin :)))