Wednesday, August 26, 2015

Bakso Ayam Tempe Jamur Tiram





Bismillah....
Menu makan malam beberapa hari yang lalu. Kebetulan abis belanja daging ayam giling, jadi pengen mbikin bakso. Pengennya mbikin bakso pakai campuran tahu. Anak-anak biasanya doyan. Tapi ternyata tahu putihnya udah abis digoreng semua buat tahu petis. Yang lagi available stoknya adalah tempe kukus. Ya udah akhirnya mbikin bakso ayam tempe, saya tambahkan jamur tiram juga di dalamnya. Alhamdulillah lumayan juga hasilnya, ga keras dan ga terlalu bergerindil. Tapi masih kurang empuk dan kenyal menurut saya, perlu dimodif lagi nih, tepung tapiokanya sedikit dikurangi atau ditambah telur mungkin. Kapan-kapan pengen mbikin lagi sampe dapatkan tekstur yang pas ^^

Soal rasanya baksonya, lumayan enak, tempenya kuat terasa padahal takarannya tidak terlalu banyak, jamur tiramnya yang terasa samar-samar, tapi klo dirasa-rasa lagi, jamurnya juga dominan, khas banget rasa dan aromanya. Anak-anak ternyata kurang suka bakso tempe ini, karena tempe dan jamurnya yang lumayan terasa kali ya, kata mereka rasa baksonya kok ga kayak biasanya Ummi? hehe...anak-anak kayaknya lebih suka bakso tahu, tapi walau kurang suka, teteup harus dihabiskan makan malamnya yaa :))))

Puding Roti Tabur Meses

Bismillah...
Ini adalah bekal sekolah anak-anak pagi tadi. Mbikin sesuai request anak-anak, yaitu yang bertabur meses. Beneran deh, begitu matang mereka udah ga sabar pengen incip. Setelah dibagi-bagi untuk bekal dan incip-incip, akhirnya yang tersisa cuma sepotong kecil untuk abi nya anak-anak...hehe. Memang puding roti ini rasanya enaak, manis gurih, bertabur meses makin disukai anak-anak. Mbikinnya super gampang tinggal aduk-aduk, tapi anak-anak sukaa....sampai-sampai dipuji si sulung, `kue buatan ummi selalu enak`....alhamdulillah `ala kulli haal. Seneng rasanya klo anak-anak doyan snacks simple buatan umminya. Kalau pagi dapur saya super sibuk, biasanya saya masak dan mbikin snacks yang gampang-gampang aja. Bersamaan dengan mbikin puding roti ini, saya masak ebi furai untuk sarapan dan juga bekal anak-anak sekolah. Untuk resep ebi furainya sudah pernah saya posting di blog sedangkan untuk puding rotinya modifikasi resep yang sudah-sudah, saya tuliskan detailnya ya :





Tuesday, August 25, 2015

Omelet Jamur Tiram Pedas

Bismillah....
Salah satu menu  simple  tapi  sering jadi andalan klo kepepet butuh masak super kilat....hehe.  Saya sering nyetok jamur tiram di kulkas karena semua suka.  Ini salah satu menu makan malam berapa hari yang lalu. Buat anak-anak saya buat tidak pedas.  Yang pedas ini spesial untuk saya dan suami.  Bahannya memanfaatkan yang ada di kulkas.  Namanya sok keren banget ya, padahal cuma telur dadar jamur pedas, tapi asli mbikin semangat makan.  Apalagi  pas lagi lapar banget, bisa sampai nambah-nambah makannya...hehe. Jamurnya bisa pakai jamur apa saja, jamur kuping juga enak tapi jarang nemuin lagi sekarang. Jamur shitake, shimeji, enoki  apalagi,  sejak pulang dari Kumamoto belum pernah nemuin semua jamur khas Jepang.   Jadi kangen, kangen dengan semua kenangan di Kumamoto. Semoga diberikan kesempatan untuk kesana lagi. Aamiin. Oiya, berikut ini resep nya ya : 

   

Thursday, August 20, 2015

Puding Roti Tape Keju






Bismillah...
Cemilan ini enak bangeeet. MasyaAlloh....bakalan sering mbikin. Puding roti tape keju. Baru membaca judulnya aja udah kemecer mbayangin rasanya. Tape dipadu keju, rasanya enaak dan nagihin. Beneran deh. Beberapa waktu lalu saya mbikin prol tape keju dan sesuai dugaan, ga bisa berhenti nyemilin. Si sulung dan si bungsu yang paling suka. Kalau yang lainnya, sekedar incip2 aja. Dan puding roti tape keju ini juga enaak, rasanya takjub sendiri, cemilan ini mudah mbikinnya dan simple bahannya tapi rasanya enaakk... hehe, enak menurut saya, ga terasa jadi cepet ludesnya. Bener-bener nagihiiinn, buat penggemar tape silahkan dicoba yaaa. Resep dibawah ini bisa dimodifikasi sesuai selera ya. Tapenya pakai tape yang kualitas bagus supaya hasilnya lebih mantab. Kejunya bisa ditambah supaya lebih ngeju. Berikut ini resepnya :

Tumis Kangkung Udang Tahu




Bismillah....
Menu keluarga kami malam ini adalah tumis kangkung udang tahu. Yap, masak yang simple dan kilat aja. Kebetulan udangnya udah saya kupas bersih siang tadi, tapi belum sempat dimasak karena harus beberes rumah dulu. Baru dimasak abis maghrib, buat menu makan malam. Tinggal goreng tahunya, disambi motongin kangkung, berikutnya nyiapin bumbu tumisannya. Masaknya serba cepet, yang penting semua bahan masuk, nutrisinya lengkap insyaAlloh. Ibu-ibu dan teman-teman dirumah saya yakin juga pasti berusaha menyediakan menu terbaik buat keluarga. Dimasak penuh cinta, insyaAlloh hasilnya nikmat dan disukai keluarga :))))

Segala tumisan yang memakai bahan udang atau ayam, hasilnya selalu guriiih...udah ga perlu tambahan MSG atau penyedap apapun. Dibumbu duo bawang aja udah gurih hasilnya. Kalau tumisan kangkung gini, saya suka yang kangkungnya dimasak sebentar aja, asal layu dan tidak terlalu lunak, masih kres kres gitu, warna hijaunya pun tidak banyak berubah. InsyaAlloh gizinya lebih tinggi. 

Tiba-tiba keingat kangkung di Kumamoto, Jepang. Disana, kangkung hanya ada saat musim panas dan tidak semua supermarket menjual kangkung. Di pasar tradisional, yang jual kangkung hanya 1-2 pedagang aja. Satu ikat kangkung harganya berkisar 80-98 yen, atau 9-11 rb rupiah. Terkadang harganya mencapai 156yen. Sekalinya nemu kangkung di pasar atau supa, biasanya langsung mborong dan calling temen2, barangkali ada yang nitip...hehe, maklum barang langka :)

Pindang Salem Masak Santan



Bismillah....
Foto lamaa, salah satu menu bulan ramadhan lalu. Waktu saya kecil, Ibu sering memasak masakan ini. Ikan masak santan, biasanya pakai ikan pindang tongkol atau ikan pindang salem. Gurih banget...kadang saya nyebutnya gulai ikan. Dibuat pedas makin mantab, tapi kali ini saya buat ga pedas karena buat konsumsi anak-anak juga. Seringkali saya tambahkan sayuran di dalamnya, seperti wortel, buncis, dll. Bisa juga dicemplungin tahu. Suka-suka aja masaknya, bisa dimodifikasi sesuai selera. Yang jelas rasanya pasti gurih, klo ga percaya silahkan dicoba....hehe...berikut ini resepnya ya :

Saturday, August 15, 2015

Pangsit Gulung Isi Ubi Kurma



Bismillah....
Snacks ini mbikinnya udah lamaa, waktu bulan puasa. Mbikinnya super gampang. Beneran deh, saya paling suka klo mbikin camilan yang ga pake ribet gini. Bentar aja udah jadi dan ludesnya juga cepet...hehe. Ubi kukus halus plus kurma yang dibungkus kulit pangsit lalu di goreng. Paling enak dimakan hangat-hangat, kriuk-kriuk manis. Ubinya pakai ubi jingga atau uni madu yang maniis banget, manisnya gurih. Dipadu dengan potongan kurma jadi semakin membelai lidah..hihihi...bahasanya lebay banget yah. Yang jelas isian ubi kurmanya tanpa tambahan gula udah maniis. Yuuk dicoba, berikut ini resepnya :

Sunday, August 9, 2015

Tumis Udang Wortel Jagung Muda





Bismillah...
Apa kabar teman-teman, lamaa ga update blog....bulan syawal akan segera berakhir, ijinkan saya sekeluarga untuk menyampaikan TaqobbalAllohu minna wa minkum ya teman-teman. Semoga Alloh Menerima amal ibadah kita di bulan Ramadhan lalu dan semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan yang akan datang. aamiin.

Kali ini saya posting menu yang sederhana aja ya, mbikinnya udah lama, waktu bulan puasa lalu. Tumis udang wortel jagung muda ini, mbikinna gampang dan ga terlalu lama. Sebentar juga udah matang. Udang adalah salah satu favorit anak-anak. Diolah apa aja anak-anak selalu doyan, apalagi klo ditumis gini. Tumisannya jadi guriiih. Siap-siap nasi yang banyaak, karena dijamin bakal nambah-nambah...hehe :))))

Monday, July 13, 2015

Kaastengels NCC


Bismillah....
Pertama kalinya mbikin kaastengels. Waktu di Kumamoto, Jepang, saya paling malas mbikin cookies karena disana saya pakai microwave oven, hanya bisa masuk satu loyang, jadi klo mbikin cookies harus ngantri lamaa. Jadi kalau dihitung-hitung saya hanya beberapa kali aja mbikin cookies, ga sampai 10 kali ...hehe...yang masuk blog pun cuma 2 resep aja kayaknya :D Untuk kali ini saya mbikin kaastengels pakai resep NCC, yaitu resep Bu Fatmah Bahalwan. Resep ini populer banget, udah saya bookmark sejak lamaa. Untuk Bu Fatmah, terima kasih banyak atas resepnya ya Bu...semoga Alloh Membalas dengan pahala dan kebaikan yang berlimpah. aamiin. 


Jus Semangka (Watermelon Juice)




Bismillah....
Jus semangka ini juga salah satu minuman pembuka puasa yang saya buat siang tadi. Mbikinnya tentu menggunakan blender. Kemudian saya masukkan ke botol Mixer Lock&Lock dan saya simpan di lemari es, untuk disajikan dingin bila saat berbuka tiba. Jus semangka kali ini mbikinnya hanya dengan bahan utama semangka segar, yang diblender hingga lembut. Jadi tanpa penambahan air dan gula. Disajikan dingin, seger banget. Tapi saya pribadi sebenarnya lebih suka buah semangkanya dimakan langsung tanpa dibender :))) Sebagian buah semangka saya potong-potong dan saya masukkan Classic Container Lock&Lock kemudian saya simpan di lemari es, untuk disajikan dingin saat berbuka. Benar-benar multifungsi, classic container bisa buat penyimpan buah segar atau buah potong di lemari es, tempat penyimpanan sayuran segar, snacks dan lain-lain.