Wednesday, May 27, 2015

Pepes / Brengkes Ikan Tongkol



Bismillah....
Beberapa waktu, sewaktu belanja di toko sayur langganan, saya mendapati ikan tongkol pindang yang besar yang sudah dipotong-potong daan tanpa kepala. Langsung aja beli, kepengen banget mbikin pepes ikan tongkol. Klo di daerah saya dan suami, nyebutnya brengkes atau brengkesan, kadang juga disebur pelas. Brengkes ikan tongkol ini paling pas dipadukan dengan sayur bening bayam ataupun sayur asem. Kali ini saya padukan dengan sayur bening bayam. Pepesnya saya buat pedeess banget, jadi ga perlu nyambel lagi. Mantaap beneran. Jadi semangat makann! hehe...:D Klo untuk anak-anak saya gorengkan ayam dan telur dadar. Pepes ikan ini salah satu favorit saya, sayangnya suami kurang cocok, karena tampaknya beliau alergi ikan tongkol dan ikan pindang. Klo untuk ikan bandeng, gurami, udang, dll tidak masalah. Jadi suami cuma makan separuh selebihnya saya yang habiskan :))))

Gethuk Pisang Kuah Santan



Bismillah....
Ini adalah camilan beberapa minggu yang lalu. Waktu itu mbikin banyak sekalian menghabiskan stok pisang ijo yang kematangan dan mulai lembek. Karena malas mbikin cake, akhirnya kepikiran untuk mbikin gethuk pisang aja.Browsing2 resep di google, tertarik dengan resep di cookpad. Tapi pada prakteknya sedikit berbeda. Saya pakai pisang ijo yang udah kematangan dan sedikit lembek, takarannya pun sepertinya kebanyakan. Yang saya pakai 500gr, berat setelah dikupas. Dan hasilnya tidak sesuai harapan, jadinya kelembekan, tapi rasanya enak banget, manis guriih. Dan karena lembek akhirnya gethuk pisangnya ini saya sajikan dengan kuah santan aja. Santannya saya pakai santan segar, non kolesterol. Alhamdulillah lumayan juga buat cemilan sore hari :) Lain kali pengan mbikin gethuk pisang lagi, karena belum puas dengan yang ini tapi pengen modifikasi resepnya supaya hasilnya ga kelembekan lagi :)

Thursday, May 21, 2015

Tahu Bakso Teri Nasi





Bismillah....
Ini adalah salah satu olahan teri nasi (basah). Klo bosan dibuat dadar teri nasi, tahu bakso teri nasi ini bisa jadi pilihan. Enak banget, guriih rasanya. Tektusnya empuk kenyal. Walau udah dingin tetep empuk kenyal, ga alot. Selain dibuat ahu bakso, adonannya bisa juga diisikan ke kulit pangsit, disajikan dengan sambel kacang jadilah siomay. Untuk kali ini saya sajikan dengan saus sambal aja. Lagi malas mbikin sambal kacangnya...hehe. Sebenernya ada juga yg saya isikan ke kulit pangsit dan saya kukus, tapi sayang ga sempat kefoto. Pangsitnya tadi juga bisa digoreng jadi pangsit goreng.  Satu adonan bisa jadi macam-macam. Oiya, adonan isiannya tidak bisa dibuat pentol atau bakso bulat-bulat ya, karena terlalu lembek. Lebih cocok diisikan ke tahu goreng ataupun kulit pangsit. Di resepnya saya tuliskan pangsitnya jg yaa, karena waktu mbikin jg pakai kulit pangsit. Berikut ini resepnya : 

Wednesday, May 20, 2015

Shrimp Tempura / Tempura Udang



Bismillah...
Postingan yang telat bangeet. Mbikinnya udah lama, hampir dua bulan yang lalu. Tinggal fotonya aja...hehe. Tempura udang ini salah satu menu yang sering banget kami pesan klo kami sekeluarga ke restoran Sushi, sewaktu kami masih tinggal di Jepang. Tempura udang salah satu kesukaan anak-anak. Seporsi biasanya isi 2 buah, dengan sedikiit nasi, harganya 100 yen sekitar 11rb rupiah. Karena harganya yang murah, tentu saja porsinya juga kecil, 1-2 kali suap aja...hehe. Biasanya anak-anak, sekali makan 5 porsi :D Menu di sushi ada banyak, bermacam-macam, ada yang mentah dan ada juga yang dimasak/dipanggang. Biasanya kami pilih yang mentah dan panggang dengan topping minimalis, yang sekiranya bahan-bahannya halal. Ada banyak pilihan menu, yang semuanya di lengkapi dengan sedikit nasi, ada salmon fillet mentah, tako/gurita mentah, udang mentah, daging kepiting mentah, salmon panggang, ikan saba panggang, udang panggang, dll. Bumbu pelengkapnya disediakan di masing-masing meja pengunjung, ada soyu, wasabi (pedas), dll. Saya, suami dan anak-anak jadi suka makan menu mentah di sushi, awalnya agak eneg, tapi lama-lama doyan juga, terutama salmon dan udang mentah :)

Restoran sushi di Jepang nyaman untuk dikunjungi, minuman disediakan free khusus untuk green tea dan air putih. Dengan teknologi yang canggih, ada banyak pilihan menu yang tersedia. Di salah satu sisi meja pengunjung, ada semacam rel berjalan yang diatasnya terdapat piring-piring berisi menu sushi (siap saji) , berjalan/berkeliling ke meja-meja pengunjung, jadi kita bisa mengambil langsung ambil apa yang kita mau saat itu juga. Bisa juga memesan menu khusus, lewat layar touch screen di masing-masing meja pengunjung, tapi tentu saja harus sabar menunggu beberapa saat untuk kemudian menu tersebut diantar melalui rel berjalan tadi, ke meja kita. Piring-piring yang berjalan diatas rel tadi, masing-masing piring ada wadahnya dan tertutup (bisa dibuka tutup), jadi setiap makanan di piring yang beredar tadi tetap terjaga kebersihan dan higienisnya. Selesai makan, piring-piring kotor dimasukkan ke lubang khusus piring kotor yang disediakan di masing-masing meja pengunjung. Jadi praktis banget, teknologi di resto Sushi benar-benar memudahkan pengunjung. Tidak heran jika restoran sushi selalu ramai, karena murah, enak dan cepat saji. Sering kali klo ke resto sushi, kami harus antri (ambil nomor) dan menunggu kira-kira 15-20 menit, karena meja-meja udah penuh. Biasanya saat jam-jam makan siang dan makan malam, selalu antri. 

Tuesday, May 19, 2015

Kue Cubit Coklat





Bismillah...
Ini adalah kue cubit yang saya buat beberapa waktu yang lalu, kira-kira dua minggu yang lalu. Anak-anak sering request kue cubit, favorit mereka adalah kue cubit coklat ini. Klo mbikin satu resep ini jadinya lumayan banyak, tapi cepet juga ludesnya. Bentuknya yang imut kecil-kecil, apalagi yang coklat dengan topping meses gini, anak-anak sukaa sekali. Sering banget kue cubit ini jadi bekal sekolah anak-anak. Menurut saya, kue cubit ini paling enak jika dimakan hangat-hangat, lebih menggugah selera. Apalagi bila topping mesesnya meleleh-leleh :)))) Klo untuk bekal sekolah sebenernya lebih enak pakai topping selain meses, biar ga belepotan makannya, tapi anak-anak kekeuh tetep minta topping meses untuk bekal sekolah mereka. Akhirnya pasrah aja deh, klo baju seragam anak-anak kena noda mesesnya, yang penting anak-anak happy ^^

Saturday, May 16, 2015

Ayam Goreng Crispy [Tanpa Telur]




Bismillah.....
Ayam goreng crispy ini mbikinnya udah lama, beberapa minggu yang lalu. Lumayan sering mbikin, karena anak-anak selalu doyan ayam goreng crispy. Kali ini saya buat ayam goreng crispy nya mengikuti resep jamur crispy yaitu dibuat tanpa pelapis telur. Dan ternyata hasilnya tidak kalah gurih lho....kriuk banget dan lumayan tahan lama kriuknya. Tapi tidak selama jamur crispy. Jamur krispi lebih tahan lama kriuknya karena kadar airnya sedikit, jamurnya diperas dulu sebelum dilapisi tepung. Resep ini bisa jadi alternatif jika suatu saat kita ingin mbikin ayam goreng crispy tapi kehabisan stok telur. Berikut ini resepnya yaa :

Sate Udang Bumbu Kecap



Bismillah....
Apa kabar semuanya? lama ga posting di blog, kangeen berat rasanya. Belakangan lagi banyak urusan, jadinya ga sempat mau update blog dan foto-foto masakan. Postingan kali ini adalah sate udang, mbikinnya udah beberapa minggu yang lalu, tinggal kenangan...hehe. Anak-anak saya kompakan, semuanya penggemar udang. Diolah apa aja asal ga pedes insyaAlloh anak-anak pasti doyan. Paling sering sih saya buat ebi furai dan udang goreng kecap (tanpa minyak). Nah beberapa waktu yang lalu udang goreng kecap nya saya buat sate supaya anak-anak semangat makannya. Dan bener ajaa, dalam sekejap langsung ludes sate udangnya...Alhamdulillah :)

Wednesday, April 29, 2015

Tumis Tempe Teri Bunga Pepaya




Bismillah...
Menu hari ini mbikin semangat makan...hehe. Menu sederhana tumis tempe teri bunga pepaya. Alhamdulillah nikmat. Bunga pepaya sedikit pahit tapi masih bisa accepted di lidah saya. Ditumis pedas dengan tempe dan teri medan yang setengah kering, MasyaAlloh...nikmat banget. Begitu matang, ga sabar segera ambil nasi sepiring :D. Gurihnya ikan teri dan tempe goreng, berpadu dengan bunga pepaya yang pahit sedap. Berasa pengen nambah-nambah terus nih makannya. Bahkan ga tahan, saya cemilin bolak balik...hehe. Tumisan ini saya buat pedas, untuk anak-anak saya masakkan olahan jamur dan ikan ^^

Tuesday, April 28, 2015

Dadar Tahu Teri Nasi Wortel





Bismillah...
Pagi tadi bener-bener sibuk, nyiapin anak-anak sekolah single fighter. Semua harus dikerjakan cepat. Antara menyiapkan sarapan dan bekal snacks anak2. Liat stok di kulkas akhirnya saya pilih mbikin dadar tahu teri nasi wortel. Sayur dan lauknya jadi satu sekalian. Ga pake ribet. Sambil saya menyiapkan bekal snacks anak-anak. Tapi sayang, karena super duper ribet, bekal snacks anak2 jadi ketinggalan hiks :(

Kembali ke dadar tahu teri nasi ini, salah satu menu andalan dikala butuh masak yang super cepat, bisa disambi mengerjakan yang lain. Misal cuci piring, menyapu dapur, dll. Bisa multitasking...hehe. Menjadi Ibu dengan banyak krucil dan balita, bener2 mengharuskan saya untuk multitasking terutama saat2 sibuk di pagi hari. Sambil menggoreng sambil ngepel dapur, menjemur pakaian, dll...kadang juga ngeloni si kecil sambil fb an atau edit foto dan posting di blog, hehe...:) . Biasanya setelah urusan domestik beres, saya bisa menemani anak2 bermain sambil belajar ^^

Monday, April 27, 2015

Tempe Sambal Nanas



Bismillah...
Lagi pengen nanas. Kebetulan ada nanas di toko sayur langganan. Walau nanasnya kecil2, saya beli juga akhirnya. Pulang belanja, nyampe rumah jadi kelaperan, padahal sebelumnya udah sarapan pecel..hehe...sarapan kedua jadinya. Maklum busui :D

Pas kebetulan ada tempe goreng, tiba-tiba pengen nyambel tempe. Di kasih nanas kayaknya seger, langsung dieksekusi deh. Sambelnya pakai sambel terasi tomat mentahan tapi terasinya saya goreng dulu. Dikucuri jeruk limau, dari pohon sendiri. MasyaAlloh...tempe sambel nanas ini mbikin semangat makan, nikmat rasanya....pedes gurih asam manis segeer....nasi sepiring penuh ga terasa langsung ludes...hehe :D