Tuesday, April 15, 2014

Chicken Mushroom Pizza



Bismillah....
Belakangan ini lagi seneng mbikin pizza, karena suhu udah mulai anget, proofing adonan pizzanya selalu ngembang bagus, jadinya semangat mbikin pizza dan rerotian. Mbikinnya simple2 aja, menyesuaikan bahan yang ada di rumah, pakai ayam dan jamur. Kali ini pizzanya coba saya oven barengan, yaitu adonan kulitnya langusng diberi topping dan dioven suhu tinggi, 200 deg C selama 30 menit. Klo biasanya saya oven kulitnya dulu setengah matang, suhu 200 deg C selama 8-10 menit,  lalu diberi topping dan dioven lagi 15 menit atau hingga matang. Pasti beda hasilnya...hehe...:) 

Daan ini dia hasilnyaa..... menurut saya, klo dioven barengan gini, keju mozzarellanya terlalu matang, jadi lebih mengering permukaannya dan sedikit  mengeras, karena dioven lebih lama, 30 menitan tadi. Saya lebih suka yang cara lama yaitu dioven 2x, yaitu oven kulitnya dulu, beri topping lalu oven lagi. Saya lebih suka begitu, karena keju mozarella nya jadi ga terlalu mateng banget, asal leleh aja...jadi saat disantap pizzanya masih meleleh-leleh gitu mozarella nya :)))) Kembali ke selera masing-masing yaa...yang jelas pizza selalu yummy ^^

Rujak Manis atau Rujak Buah



Bismillah....
Posting rujak manis atau rujak buah lagiii....hehe....Kumamoto udah mulai anget musim semi ini. Walaupun kalau pagi masih dingin 5-7 deg C, tapi  kalau siang  panas, suhunya bisa mencapai 20-23 deg C, jadinya klo siang pengen yang seger-seger. Akhirnya ngerujak deh, sekalian menghabiskan stok nanas hadiah dari sahabat baik disini. Makasih kiriman nanasnya ya Mbak Dyah....jazakillah khoir ^^
Kali ini rujaknya minus strawberry, ataupun mangga...pakai stok buah yg ada dirumah aja. Yang penting segeer, ga kebayang deh klo musim panas nanti kayaknya bakalan mbikin rujak tiap hariiii...hehe... :) Untuk resep bumbu rujaknya sudah pernah saya posting disini  , silahkan diceki-ceki yaa.... ^^







Sunday, April 13, 2014

Bitterballen Keju



Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu mbikin bitterballen keju. Karena kebetulan ga ada stok ayam atau daging giling, yang ada dirumah cuma keju, akhirnya mbikin bitteballen keju ini. Hasilnya bisa ditebak, enak bangeet, asli ngejuuu ^^
Snack semacam bitterballen gini paling enak dimakan hangat2, klo yang saya buat ini, pas digigit dalemnya ga sampe meleleh, krn memang ga terlalu lembek banget adonannya sebelum dilapis panir, tapi rasa kejunya itu lho.... Mbikin ga bisa berhenti makannyaa....luarnya krispi, dalemnya ngejuu.....suka suka sukaa .... Hehehe.... Suka ga suka memang relatif ya, sesuai selera :))))) Bagi yang suka snacks gurih, yuuk mari dicoba ^^

Saturday, April 12, 2014

Kue Putu





Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu mendadak pengen kue putu. Akhirnya langsung mbikin saat itu juga. Dulu pernah mbikin, udah lama banget. Kue putu ini bahannya simple, hanya tepung beras, kelapa parut, air, sejumput garam serta gula merah untuk isian. Resepnya modifikasi resep putu ambon dari blog Mbak Hesti yang pernah saya posting dulu. Makasiih atas inspirasinya ya Mbaak....^^

Kalau putu ambon sedikit kenyal karena pakai campuran tepung beras dan tepung ketan. Kalau putu yang ini saya pakai tepung beras aja, berharap mirip dengan putu bumbung yang biasa dijual waktu kecil dulu ^^

Hasil kue putunya, lumayan enak menurut saya, tapi masih kurang lembab atau moist.... masih lebih lembab putu yang dijual2 itu...hehe...tapi lumayan lah buat tombo pengen. Kue putunya saya kukus di cup-cup kecil, saya kukus selama 30-35 menit, lalu saya keluarkan dari cup, dan saya kukus lagi 10 menitan supaya lebih lembab dan ga kering permukaannya. Kue putu ini paling enak disajikan hangat-hangat, segera simpan di wadah tertutup supaya tidak kering :)

Friday, April 11, 2014

Onde-onde (Kentang)





Bismillah....
Akhirnyaa bisa posting diblog lagi....:) Postingan kali ini adalah onde-onde, mbikinnya udah lama, sekitar 2-3 minggu yang lalu. Onde-onde ini pakai campurang kentang kukus, penasaran pengen nyoba, karena kabarnya onde-onde yang pakai campuran kentang, tahan lembutnya sampai keesokan harinya. Biasanya onde-onde yang saya buat tanpa kentang kukus, kalau musim dingin, suhu udara 0-10 deg C, bakal mengeras onde-ondenya, ya karena suhu dingin tadi. Seperti juga, pempek, cilok, wingko, siomay, batagor, dll...kalau musim dingin pasti jadi keras :D

Nah, penasaran banget, kalau pakai kentang, bakal keras juga apa nggak ya. Saya dua kali nyoba mbikin onde2 pakai kentang kukus ini, yang pertama saya pakai resep Bu Fatmah,yang dulu pernah saya posting, tapi saya tambah kentang kukus 100gr, alhasil, adonannya jadi terlalu lembek, saat digoreng meletus tapi ga sampe pecah atau terbuka. Tapi hasil onde-ondenya empuuk kulitnya, bahkan saat udara dingin lumayan tahan empuknya, ga mengeras ataupun alot ^^

Monday, March 31, 2014

Japanese Chicken Curry / Kare Raisu



Bismillah....
Ini adalah Japanese Curry atau yang dikenal juga sebagai kare raisu (raisu = katakana dari rice) yaitu nasi kari nya orang jepang nih. Yup, orang jepang juga suka kari.  Tapi di jepang sini bumbu rempah-rempah agak langka, yang beredar segar dipasaran cuma jahe, kunyit (kadang2), bawang bombay, bawang putih, jadi bumbu-bumbu lainnya  kebanyakan impor, seperti jintan, ketumbar, dan lain-lain. Masakan-masakan jepang jarang menggunakan daun jeruk, serai, daun salam (yang ada laurier bentuknya dan aromanya agak berbeda), ketumbar, lengkuas, kencur, dll....kalau disini, aneka bumbu dan rempah-rempah ini hanya dijual di toko milik orang Indonesia atau halal onlineshop milik orang Indonesia atau Asia. Jadi sebenernya masakan2 jepang itu simple bumbunya lho, cuma bawang bombay, bawang putih, merica jahe, kecap, dashi....hehe....cuma kare raisu ini yang agak berat bumbunya, tapi kebanyakan bumbu kari-nya ala pakistan, bangladesh, India, dll.... :)

Balado Hati Ayam


Bismillah....
Ini adalah pertama kalinya saya beli hati ayam selama tinggal di kumamoto sini. Memang jarang yang jual sih,  kalau daging ayam halal,  ada di toko lokal, hati ayam halal ini saya beli di online shop. Karena bingung mau saya masak apa, akhirnya saya balado aja, kebetulan lagi banyak stok paprika merah dan kebetulan juga lagi pengen yang pedes-pedes...hehe...:) Untuk anak-anak saya masakkan sup ceker ayam aja. Ceker ayamnya jg beli online, lumayan mahal...400gr isi 10 harganya 320yen atau sekitar 33rb rupiah...klo hati ayam 1 kg harganya sekitar 750yen/76rb rupiah kalo tidak salah....hiks mending ga usah dikurskan deh....:D Bumbu baladonya versi saya ya.....saya suka yang manis asin pedes nikmat, buat penambah nafsu makan...hehe :) Untuk gulanya saya lebih suka pakai gula merah, manisnya gurih... dan buat saya wajib pakai asam jawa, jadi ada rasa asam2nya gitu, bisa juga diganti air perasan jeruk nipis ....yuuk mari kita berpedas-pedas ria ^^



Rujak Cireng



Bismillah...
Beberapa waktu yang lalu di facebook lg booming rujak cireng, yaitu rujak aci yang digoreng ...akhirnya saya pun ikutan tergoda mbikin...hehe :) Mbikinnya udah lama, hampir 2 minggu yang lalu, baru terupload sekarang. Resepnya saya pakai resep cilok yang biasanya, dengan sedikit modifikasi dan untuk sambal rujaknya saya pakai sambal rujak manis :)
Saat dimakan hangat2, rujak cireng ini uenak banget, cirengnya empuk dan gurih, karena saya pakai kaldu ikan saba (sejenis mackarel), sekali makan ga bisa berhenti deh...hehe :) Enak juga dimakan sambil dicocol ke sambel pecel, sama enaknya ^^

Thursday, March 27, 2014

Apam Nasi Ubi Ungu



Bismillah....
Apa kabar semuanyaaa....lama ga nengokin blog, bahkan beberapa komen belum sempat saya balas, mohon maaf yaa. Belakangan ini memang jarang online di laptop, lebih sering online pakai hp, dan juga lagi banyak aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Alhamdulillah sudah memasuki musim semi, saat yang dinanti2 setelah hampir membeku akibat musim dingin...hehe...:) Musim semi saatnya sakura bermekaran, sayang untuk dilewatkan ^^

Thursday, March 20, 2014

Shrimp Mayonnaise Pizza



Bismillah...

Udah lama ga mbikin pizza, mumpung cuaca di Kumamoto lagi hangat, karena memasuki musim semi, akhirnya niat mbikin pizza. Seneng banget karena saat di proofing/fermentasi, adonan kulitnya ngembang bagus. Belakangan ini saya lebih suka mbikin pizza pakai saus tomat campur mayones, jadi lebih gurih. Inspirasinya dapat dari teman-teman di facebook....udah luamaa banget sih sebenernya, duluu pernah liat postingan Pizza Mayo nya Mbak Juliani Oktavia, akhirnya jadi terinspirasi...makasiih ya Mbak ^^


Pizza kali ini pakai bahan udang, dan hasilnya guriih banget, uenak beneran, wangi khas udang....crustnya juga empuk lembut, saya oven pakai suhu tinggi ternyata hasilnya empuk, suami saya sampe komen, enak banget ini crustnya lembut kayak pizza yang dijual-jual...hehe...memangnya abi pernah beli pizza dimana, di pizza hut pas di surabaya kali ya, coz di jepang ga pernah beli karena jarang ada yang halal :)