Saturday, April 25, 2015

Strawberry Milky Pudding





Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu, saya mbikin puding strawberry. Anak2 sukaa sekali. Anak2 selalu suka strawberry, walaupun strawberry di indo lebih masam, tidak seperti strawberry kumamoto yang manis2, tapi anak2 tetep suka sekali dg strawberry. Klo beli strawberry selalu habis dimakan gitu aja, jarang saya olah, udah ludes duluan :D

Kira-kira 3 minggu yang lalu, saya belanja strawberry agak banyak, anak-anak sukaa banget, apalagi atha-kun, ga berhenti makan...hehe. Nah, waktu itu sebagian strawberry saya umpetin di kulkas, sampe hampir lupa...hehe. Akhirnya saya buat puding aja, krn udah kematangan. Puding ini pakai strawberry cuma 100gr aja. Karena dikit, pudingnya jadi kurang masam. Dipadu dengan susu cair, rasanya jadi milky cenderung manis dominan susu dan gulanya, enak bangeett...cuma kurang masam. Hampir ga ada rasa masamnya. Klo ingin lebih masam bisa ditambah air perasan jeruk nipis 2-3sdm. Atau ditambah takaran strawberry nya jadi 200gr. Atau bisa juga susu cairnya diganti yogurt, enak jugaa, dulu saya pernah mbikin waktu di Kumamoto. Tapi klo memang pengen puding strawberry yang rasanya milky, silahkan coba resep berikut yaa :

Friday, April 24, 2015

Tumis Teri Medan Kacang Panjang Kecambah





Bismillah...
Ini adalah menu kemarin. Memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Tumis teri medan kacang panjang kecambah. Tumisan ini saya buat pedas, untuk kecambahnya saya pakai cambah pendek. Kenapa pakai cambah pendek? Kebetulan ada banyak stok cambah pendek, mbikin sendiri...hehe. Tadinya ngerendam kacang hijau untuk dibuat bubur, rendam malam hari mau saya masak pagi harinya (sata tutup rapat wadahnya). Ternyata pagi2 udah muncul tunasnya, waduh...ga jadi dibuat bubur kacang hijau, akhirnya saya buat kecambah aja. Saya cuci lagi lalu ditiriskan dan dibiarkan semalaman lagi (di wadah tertutup). Jadilah kecambah pendek ini. Sebagian kecambah saya cuci dan diamkan lagi sampai menjadi kecambah panjang. Yang agak ribet adalah waktu nglupasin kulit-kulitnya, lumayan makan waktu. Alhamdulillah kemarin dibantu oleh putri kecil saya Aisyah, jadi cepet selesai. Sayangnya aisyah tidak mau saya masakkan cambah ini, dia minta dimasakin omlet jamur kuping dan sayur bening bayam jagung. Karena itulah cambahnya ini masak pedes, pakai teri medan (yang setengah kering), mantab banget, asin pedes, makan besar jadinya...hehe porsi besar maksudnya :D. Alhamdulillah, buat saya makanan nikmat itu tidak harus mahal, yang penting bergizi dan kaya nutrisi ^^

Nutrisari W'dank Bajigur



Bismillah...
Indonesia kaya akan minuman hangat tradisonal. Ada bir pletok dari betawi, sarabba dari Sulawesi Selatan, sekoteng dari Jawa Tengah, bajigur dan bandrek dari Jawa Barat, wedang angsle dan ronde dari Jawa Timur.....dan masih banyak yang lainnya. Aneka minuman penghangat ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin, misal saat pagi hari atau malam hari dan saat musim penghujan. Dan kali ini saya akan membahas tentang bajigur yaitu salah satu minuman tradisional penghangat badan khas Jawa Barat. Bajigur terbuat dari campuran santan, gula merah/aren dan pandan yang gurih dan nikmat. Terus terang saya belum pernah mencoba bajigur yang asli karena saya tinggal di jawa timur, maka yang selama ini saya pernah coba adalah wedang angsle, ronde, wedang jahe :) 

Surprise banget teryata Nutrisari telah melakukan terobosan menyediakan aneka wedang atau minuman penghangat yang siap saji. Ada sari jahe, bajigur, sarabba, dan juga pletok. Kali ini saya mencoba w'dank bajigur. Wedang bajigur yang asli tentu lebih nikmat karena dibuat dari bahan-bahan segar dan fresh , tapi kalau kita sibuk dan butuh yang praktis-praktis, misal ditengah gunungan kerjaan rumah, mengurus anak-anak, ada deadline kerjaan di kantor, saat lembur, dll....sementara kita butuh minuman penghangat badan, kita bisa menggunakan produk nutrisari w'dank bajigur ini. Tinggal di seduh dengan air panas, wedang pun siap disajikan, ga pakai lama dan ga pakai ribet, praktis.  


Cake Kismis Kelapa





Bismillah....
Kali ini ga posting resep yaa...cuma mau share fotonya aja, barangkali bisa menginspirasi. Ini adalah cake kismis kelapa, mbikinnya udah lamaa, waktu saya masih di Kumamoto, Jepang. Mbikinnya kira-kira bulan september, menjelang kepulangan keluarga kami ke tanah air. Waktu itu sedang sibuk-sibuknya packing, bersih-bersih apato, ngurus pindah sekolahnya anak-anak, dll,.... jadi cake ini cuma sempat dipotret kilat, tapi ga sempat nyimpen resepnya...hiks...saya bener-bener lupa resepnya seperti apa. Yang jelas ini adalah cake oven, menggunakan kismis dan kelapa parut kering,  yang diaduk rata di dalam adonan, dengan topping almond slice...jadi ngiler membayangkan rasanya...hehe. Untuk kelapa parutnya, saya pakai kelapa parut kering yang parutannya agak besar-besar, mirip keju parut, tapi lebih pendek-pendek ukurannya, seperti yang terlihat difoto. 

Cake ini bener-bener mengingatkan saya akan Kumamoto, rindu yang ga ada habisnya, entah kenapa, hampir setiap saat selalu merindukan Kumamoto. Kangen banget dengan kehidupan disana, kota yang bersih dan nyaman, teman-teman Ibu-ibu Jepang yang ramah, teman-teman indonesia yang hangat dan akrab, sudah seperti saudara sendiri, kangen apato, masjid kumamoto dan kebersamaan komununitas muslim internasional, kangen saat-saat indah disana.....negeri 4 musim yang kini saya rindukan, dengan musim dingin yang menusuk, musim gugur dan musim semi yang indah, serta musim panas yang mbikin gerah. MasyaAlloh...Kumamoto benar-benar menjadi kenangan indah, selalu di hati, menjadi bagian tidak terlupakan dalam kehidupan kami, our second homeland. Semoga suatu saat bisa berkunjung kesana lagi...aamiin. 





Berikut ini foto-foto kenangan musim dingin, nopember 2013- februari 2014, foto diambil saat kami jalan-jalan ke gunung Aso, bermain-main salju disana ^^






Tropicana Slim Alergon Cookies




Bismillah....
Apa kabar semuanyaa? lama ga update blog, udah kangeen rasanya. Kangennya numpuk-numpuk, hiks... tapi apa daya belakangan sedang ada sedikit urusan jadi ga sempat posting resep-resep di blog. Dan Alhamdulillah hari ini saya bisa balik ngelog lagi. Seneng rasanyaa, bisa posting2 di blog lagii ^^

Kali ini saya ga posting resep, tapi sedikit mereview salah satu produk baru dari Tropicana Slim. Yup, selama ini kita kenal tropicana slim sebagai salah satu brand yang sangat peduli kesehatan, Selama ini yang saya tau, tropicana slim banyak menyediakan alternatif produk pemanis bagi penderita diabetes. Itu yang terminded sejak saya kecil, dan ternyata tidak cuma itu, semakin hari  semakin banyak produk yang dikeluarkan. Ternyata ada banyak varian produk yang bebas gula, bebas lemak, bebas alergi, dll....benar-benar jadi solusi bagi para konsumen untuk memilih produk yang dibutuhkan, sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk-produk Tropicana Slim, silahkan melihat di website resminya disini.  

Sunday, March 29, 2015

Tempe Sambal Kencur



Bismillah...
Ini adalah menu kemarin sore. Menjelang maghrib mendadak lapar dan pengen makan tempe sambel.  Kali ini sambelnya adalah sambel kencur. Yang namanya tempe selalu cocok disandingkan dengan sambel apapun...pas motret ini cepet2an aja, udah ga sabar pengen ambil nasi...hehe. Alhamdulillah, makan tempe sambel gini bener-bener membangkitkan mood, seperti mencharge energi. Yang tadinya malas beberes, jadi semangaaattt....beres-beres ini itu ga pake jeda...hehe. Emang gitu kali ya, kadang mau memulai beberes itu rasanya malas bangeett, start-nya itu yang mbikin beraaatt, tapi begitu udah dimulai jadi keterusan beres-beres, ga berhenti-berhenti, karena memang kerjaan rumah ga ada habisnyaa :D

Wednesday, March 25, 2015

Jamur Crispy / Jamur Kriuk




Bismillah...
Udah lama ga mbikin jamur crispy. Biasanya jamurnya saya masak sup atau ditumis aja. Anak-anak semuanya suka jamur, semenjak tinggal di jepang. Apalagi jamur di jepang banyak macamnya, ada jamur shitake, shimeji, enoki, dll. Klo disini, jamur yang sering saya masak adalah jamur tiram karena itu yang sering ad di pedagang sayur. Kemarin tiba-tiba pengen mbikin jamur crispy atau jamur kriuk... tidak disangka anak2 semuanya doyaaan bangeet...termasuk si bungsu Atha-kun. Padahal saya jarang mbikin, dulu pernah mbikin di kumamoto waktu Atha-kun blm lahir :)

Alhamdulillah, seneng banget rasanya klo anak2 doyan. Sehabis makan malam jamurnya dicemilin sama anak2. Sampe-sampe abinya ga kebagian...hehe. Abinya kebagian fotonya aja :D 

Ayam Kecap



Bismillah...
Cuma ayam kecap tapi mendadak pengen motret...hehe. Ayam kecap ini udah familiar banget ya...bumbunya mudah dan cara masaknya pun simple. Klo lagi butuh masak cepet, ayam kecap ini bisa jadi pilihan. Seperti senin lalu, pagi-pagi butuh masak cepet, karena suami mau dinas keluar kota. Ya udah masak ayam kecap aja. Sambil ngrebus ayamnya sambil nguleg bumbu halusnya. Begitu ayamnya udah mendidih, bumbu halusnya ditumis dan masukkan ayam beserta kaldunya. Masak sampe bumbu meresap. Jadi deh. Kebetulan masih ada tahu goreng sisa semalam, saya masukkan sekalian. Pengennya sih dicampurin kentang juga, jadi mirip semur... Tapi karena ga keburu, ga jadi pakai kentang. Pakai lalapan timun aja biar seger ^^

Monday, March 23, 2015

Asem-Asem Ikan Sembilang

Bismillah...
Ini adalah menu beberapa hari yang lalu. Udah lama ga mbikin asem-asem ikan, biasanya saya pakai ikan patin. Tapi untuk kali ini saya pakai ikan sembilang, kata penjualnya sih mirip ikan lele tapi dari tepi laut atau muara sungai. Saya beli ikan yang udah potongan, tanpa kepala. Alhamdulillah walau tanpa kepala, hasilnya guriiih banget... Rasanya asem-asem gurih, segeeeer. Daging ikannya lembut mirip ikan patin menurut saya...hehe. Durinya tidak terlalu banyak, jadi buat anak-anak tidak terlalu merepotkan klo makan. Alhamdulillah semua sukaa ^^

Fotonya sederhana aja, karena mbikinnya menjelang maghrib, plus mendung jadi gelap gulita. Terpaksa motretnya pakai cahaya lampu tapi dari ruangan sebelah jadi bukan pakai lampu atas. Mau difoto keesokan harinya kuatir ludes karena asem-asemnya ini enaak...hehe. Ya udah foto seadanya, yang penting buat dokumentasi resep :))))



Saturday, March 21, 2015

Rujak Petis (Rujak Uleg)




Bismillah....
Hari ini mendadak pengen rujak uleg atau rujak petis. Mumpung masih ada stok petis. Pengennya sih mbikin rujak cingur tapi disini susah cari cingur harus ke pasar dulu. Dan pasarnya lumayan jauh. Ya udah mbikin rujak petis biasa aja. Udah sering sebenernya mbikin rujak petis ini. Beberapa waktu lalu pernah beli rujak cingur, tapi kurang sreg dengan rasanya karena petisnya beda banget rasanya dengan petis yang biasa saya pakai. Lebih cocok kalo mbikin sendiri deh. Rasanya bisa disesuaikan dengan selera ^^

Fotonya minimalis banget karena ga sabar pengen menyantap rujaknya..hehe...jadi mati gaya. Cuma beberapa jepretan udah, langsung dimakan bareng suami. Klo anak-anak kurang suka, dan rujaknya ini saya buat pedas :) Rasa rujak petis atau rujak uleg ini sangat bergantung dengan rasa petisnya, klo petisnya kurang nendang, rasa rujaknya juga jadi kurang sip akhirnya. Usahakan pakai petis kualitas bagus :)