Monday, June 23, 2014

Carang Gesing



Bismillah....
Ini adalah camilan sore ini. Pas buka facebook, muncul postingan carang gesing Mbak Veronica Dhani. Waah...langsung pengeen, kebetulan di rumah ada stok pisang dan santan. Ya udah deh langsung buruan mbikin, secara mbikinnya gampang banget tinggal di aduk-aduk dan kukus. Hasilnya sesuai dugaan, manis gurih wangi pisang....enak bangeeet, rasanya mirip kolak pisang :) Buat Mbak Vero, makasiih banyaak atas inspirasinya yaa Mbaak....*peluuk peluuk ^^



Carang gesing yang ini versi saya yaa....agak berbeda dengan resep Mbak Vero tapi insyaAlloh sama enaknyaa. Berikut ini resepnya versi saya :

Carang Gesing 
Source : Catatan DapurVero dengan modifikasi

Bahan-bahan :
200 gr pisang cavendish yang sudah dikupas
200 ml santan instan
50-65 gr gula pasir atau sesuai selera
1 butir telur ayam 
daun pandan secukupnya, potong-potong
kismis secukupnya

Cara membuat :
Dalam wadah, campur santan dan gula pasir, aduk hingga gula larut.
Masukkan telur, aduk hingga pecah kuningnya. 
Tambahkan pisang yang sudah dipotong-potong, aduk sebentar.
Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas. Taburi kismis dan daun pandan. 
Kukus sampai matang. Sajikan hangat atau bila ingin disajikan dingin, simpan di dalam kulkas terlebih dahulu.

Note :
Carang gesing yang saya buat ini basah dan berair, bila ingin lebih padat, santannya bisa dikurangi separuhnya. Gulanya menyesuaikan.



8 comments:

  1. Ssslllluuuurrrppphhhh...
    Hmmm.... enyaaaaknyaaaa...

    Hehehe...
    Kalo tanpa telor makin jadi kolak beneran ya mi?
    Hehehe... gmn kbrnya ummi..? Smg ummi n kel. Sehat selalu ya...

    Kok jarang main ke dapurku mi..?
    Heeee... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.., saya mbikinnya terlalu berair Mbak, jadi mirip kolak.... Saya cemplungin roti tawar, anak2 doyaan ^^

      Alhamdulillah kabar baik Mbak. Semoga Mbak Lina sekeluarga jg baik :)

      Iyaa nih, maaf jarang bertamu ke dapur Mbak Lina... Lebih sering online pakai hp. Eh, tadi saya udah mampir lho... Ketinggalan resep2nya Mbak Lina...

      Delete
    2. Iya mi... makasih ya... dh mampir...:))

      Sebenarnya c selalu ngikutin postingnya umi, tp ga bs comment, tabletnya suka ngadat... hehe... maklum,.. buat rebutan si kakak dan si adik terus... :(

      Delete
    3. Hehe.... Yang penting kita dekat di hati ya Mbaak ...*peluuk ^^

      Delete
  2. pake cavendish enak juga ya umm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.... Enak banget... Anak-anak saya doyan ^^

      Delete
  3. Resepp ini sudah saya coba dan enaaaakkk sekali... Kayaknya saya akan sering2 mampir disini ... :D makasih sharenya mba. salam kenal.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak ^^
      Waah....Alhamdulillah klo suka... Anak2 saya juga sukaa carang gesing ini Mbak ^^

      Delete