Wednesday, December 10, 2014

Tahu Udang Masak Kemangi Pedas




Bismillah....
Salah satu menu favorit saya sejak dulu yaitu tahu udang masak kemangi pedas. Sukaa banget dengan menu yang satu ini. Apalagi klo dibikin pedes...nikmat banget, dipadu dengan aroma kemangi nya yang seger. MasyaAlloh...mbikin nambah-nambah nasi terus...hehe... :)
Tahunya sengaja pakai tahu putih tanpa digoreng dulu sehingga bumbu nya akan lebih meresap. Sewaktu di Jepang saya tidak pernah memasak menu ini karena disana tidak ada kemangi hiks. Alhamdulillah sekarang sudah kembali ke indonesia jadi bisa sering-sering masak menu ini ^^






Walau cabe lagi mahal dibela-belain deh masak menu pedas ini karena udah kangen berat.... lama ga menikmati menu yang satu ini. Saya mbikinnya porsi kecil karena untuk saya dan suami aja, buat anak-anak saya masakin soto ayam. Berikut ini resepnya yaa :

Tahu Udang Masak Kemangi Pedas

Bahan-bahan :
300 gr tahu putih, potong kotak/dadu
250 gr udang, kupas bersih
1 ikat kemangi, ambil bagian daunnya

2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan

garam dan gula secukupnya
1/4 sdt merica bubuk
air secukupnya
sedikit minyak untuk menumis

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
3 bh bawang merah
3 bh cabe merah
8-10 bh cabe rawit

Cara Mambuat :
Panaskan minyak di wajan. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk daun salam dan lengkuas hingga harum. Masukkan tahu putih dan udang, tambahkan air secukupnya.
Masukkan merica bubuk, gula dan garam secukupnya.
Masak hingga udang berubah warna, masukkan daun kemangi.
Koreksi rasanya, masak hingga bumbu meresap.
Angkat dan sajikan hangat-hangat.





8 comments:

  1. ama nasi anget ya ummu nyamnyaaa....mmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... kesukaan saya sejak dulu Mbak ^^

      Delete
  2. Mbak Citra,pengen.....mumpung ada stok udang, tinggal beli tahu, besok eksekusi. Matur nuwun sharing resepnya :)

    ReplyDelete
  3. Walau cabe mahal tapi tetep ada ya Umm.. tetap semangat nyambel dll ..:) lihat ini sy jd pengen coba jg, bahan ada semua cuman minus kemangi nih..bgm ya?? kurang nendang kali ntar ya umm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ga pake kemangi kurang sip memang Mbak... Beda aroma dan segernya ...:)

      Delete
    2. Assalamu'alaikum..
      Oh iya Umm.. web adress ku ganti lho.. baru ngeh ini tadi pas scroll yg di kanan itu..:D bukan C1tr4sinau lagi..tapi: http://myhomediaryinturkey.blogspot.com

      Delete
    3. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....oiya Mbak, pantesan kapan hari saya buka ga bisa. Udah saya ganti Mbak, makasih pemberitahuannya ^^

      Delete