Monday, December 17, 2012

Brownies Kukus, Gluten Free and No Food Additive

brownies kukus coklat gluten free

Bismillah...
Akhir2 ini lagi keranjingan mbikin brownies kukus, soalnya anak2 dan suami sukaa bangeet,  biasanya langsung ludes dlm bbrp menit :)
Karena hr minggu kemaren baru aja mbikin brownies yg pake terigu, maka hari ini sy mbikin brownies yg gluten free dan tentu saja tanpa food additive (bahan pengembang). Resepnya hasil utak atik sendiri, alhamdulillah cocok banget dg resep ini ^^


BROWNIES KUKUS 
Gluten Free and No Food Additives Added

Bahan-bahan :
3 butir telur 
100 g gula pasir
100 ml minyak goreng (*ummi: pakai canola oil)
50 g tepung beras 
15 gr tepung maizena
60 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil2
20 g cokelat bubuk
1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang

Cara Mambuat :
  • Campur tepung beras, tepung maizena dan cokelat bubuk, ayak. 
  • Olesi loyang bundar diameter 18cm dg minyak. Panaskan kukusan.
  • Lelehkan DCC dg cara ditim. Matikan api. Masukkan minyak, aduk rata. Atau bisa jg dg cara memanaskan minyak sebentar, matikan api, lalu masukkan DCC, aduk hingga DCC larut. (*ummi: pakai cara yg kedua)
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental, tidak perlu sampai kaku (kira2 lamanya mengocok 5-10 menit).
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yg menggumpal di dasar). 
  • Masukkan DCC, aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit dengan api sedang cenderung kecil. (api yg terlalu besar akan membuat brownies bergelombang permukaan atasnya). Pastikan air kukusan sudah mendidih saat memasukkan loyang dan jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain supaya airnya tidak menetes ke browniesnya.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 atau beri topping sesuai selera.


brownies kukus coklat gluten free


52 comments:

  1. akhirnya tayang jg ya ya...hihi..
    ini yg dibikin tadi kan um?
    mohon maaf nih sekalian mau tanya, kalau pemakaian tepung beras fungsinya untuk apa ya? pelembut atau gimana yah? soalnya blm pernah bikin cake pke tpung beras nih hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya Mbak....abis dikirimin semangat sama Mbak Ayu nih, jd disempetin moto2 tapi motonya asal aja, cuma bbrp jepretan, malem2 lagi motonya, abis difoto udah langsung dimaem bareng2 :)
      ini brownies yg emang pakai tepung non terigu Mbak (gluten free), sy sering mbikin cake yg gluten free, biasanya terigunya sy ganti tepung beras dicampur tapioka atau maizena ^^
      Konsumsi gluten sy batasi klo bisa 3 hari sekali aja, sebenernya ga ada yg alergi, tapi gluten kan proses pencernaannya memerlukan waktu 3 hari :)
      Sebenernya sy lebih suka cake yg pake tepung beras campur sbg pengganti terigu :) tp blm banyak utak atik resep...
      pernah nyoba sih mbikin poffertjes pake tepung beras campur, hasilnya ga bs berserat...hehehe :D

      Delete
  2. aduhh maaf ummi salah baca sy kira td ini brownies ketan campur beras gitu..ternyata emang brownies dr beras ya um hihi maapkeun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...gpp Mbak...iyaaa, ini memang brownies yg gluten free, jadinya pakai tepung beras campur, kpn2 cobain yuuk Mbak ^^

      Delete
    2. iya emang blm pernah nyobain sih klo yg pke tepung beras:D

      Delete
    3. hayuuk dicoba Mbak....segera nyalakan miksernya :D

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah Mbak, anak2 suka sekali...yuuk mari dicoba :)

      Delete
  4. Mbak... DCCnya mbk citra pakek yg merk apa? Hehehe soalnya suami dan anak sy sukaaaaa banget sm brownis kukus....
    Makasih mbaak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. DCC nya pakai coklat batangan yg merk ghana atau morinaga atau dars jg bisa Mbak....biasanya kemasan 55 gr atau 58 gr Mbak...harganya 88-98yen...:)

      Delete
  5. Replies
    1. waaah...Mbak Hapri yaah....ayuuk dicoba Mbak...simple dan semua sukaa :)

      Delete
  6. Mbak Ummu, aku pernah bikin cake kukus dr tepung beras dan ternyata setelah dingin teksturnya gak selembut sewaktu baru matang. Setelah baca resepnya Mbak Ummu ternyata ditambah maizena, pengaruh ke tekstur cake ya Mbak. setelah dingin masih tetep lembutkah Mbak? terima kasih. Kudu dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ini ditambah maizena....campuran tepung beras dan maizena (atau bisa jg tapioka) biasanya sy pakai utk menggantikan tepung terigu. Hasil brownies nya klo yg ini ga terlalu beda dg brownies yg biasanya pakai terigu. Monggo silakan dicoba2 Mbak, smg cocok :)
      Oya, sy pertama kali tau ttg tepung beras campur ini dr resepnya Pak Wied Harry, akhirnya jd sering pakai buat menggantikan terigu ....:)

      Delete
    2. Mbak Ummu, saya udah langsung praktek hm...hm.....hasilnya jgn ditanya, uenak tenan, terima kasih sharingnya ya Mbak. So pengen nyobain cake yg lain dgn pengganti terigu :)

      Delete
    3. Mbak Ummu, saya langsung praktek dan hasilnya jgn ditanya uenakkkk tenan. Terima kasih sharing resepnya ya Mbak :)

      Delete
    4. Alhamdulillah klo suka dan cocok, ....sama2 Mbak, ini jg favorit keluarga saya, langganan mbikin, apalagi bahan dan caranya simple ^^

      Delete
  7. nyari2 info tepung GFF nyasar kesini... ternyata saya nyasar dijalan yang benar,,, ^_^ izin nyontek resepnya ya ummi...
    mampir juga keblog saya ya... nengyoshida.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Yoshida :)
      Silahkan Mbak, klo ada resep yg cocok silahkan dicoba, smg suka ^^
      InsyaAlloh nanti sy mampir ke blog Mbak Yoshida :)

      Delete
    2. mau laporan ah, aku dah nyoba resepnya ummi, subhanallah enak banget... suami juga suka banget, n ketagihan. makasih udah share resep brownis yang sehat ini...

      Delete
    3. Alhamdulillah klo suka dan cocok Mbak....iys, nagihin, anak2 sy jg sukaa ^^
      sama2 Mbak....senang bs berbagi resep, apalagi klo ternyata banyak yg suka dan cocok :)

      Delete
  8. mba,, saya mau nanya.. kenapa yah setiap saya nyoba buat brownies, baik itu dikukus ato dipanggang, hasilnya kok agak padat n keras ya??
    pengen banget bisa buat brownies yang lembut kae brownies amanda..

    btw,, saya belum nyobain resep ini.. tapi sepertinya saya benar2 tertarik akan mencobanya..
    yhaks yah ummu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo brownies amanda kayaknya takarang dcc nya lebih banyak dari resep saya ini Mbak....klo utk brownies panggang, saya ada resepnya, tapi ingin yg lebih moist dcc nya ditambah aja takarannya....monggo silahkan dicoba2 resep yg ini, bisa dimodifikasi sesuai selera :)))

      Delete
  9. yang ini deh, insya Allah , nunggu waktu yg tepat ^^

    izin copy resepnya dulu ya umm

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mbak....semoga cocok dan suka :)

      Delete
  10. Ummu terimakasih resepnya, saya sdh coba n alhamdulillah suami n anak saya 14 bln suka, rasany enak krasa coklatny..tp ad yg m saya tanyakan ummu, brownies saya teksturnya agak mudah hancur, apa memang begitu or saya ad kesalahan dmana ummu, mohon penjelasan, trmakash..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhaldulillah klo udah nyoba dan suka Mbak :)

      Tapi teksturnya mudah hancur? kenapa ya Mbak? setahu saya, brownies ini lembut, teksturnya seperti di foto ....
      Klo ingin yang lebih padat mungkin bisa ditambah 10gr takaran tepung berasnya Mbak :)

      Delete
  11. Saya jg bingung ummu knp brownis saya kl dpotong bnyak remah2ny n kurang moist..tp kl dr segi rasa TOP dech ummu..padahal ud pakai ukuran sesuai resep, sbenerny pingin hasil yang moist gt..tp tetep pingin coba lg Hέe:p•Hέe:p•Hέe:p, kl ummu ada saran saya berterimakash sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...apa mungkin ngocok telurnya terlalu lama Mbak? hingga kental berjejak (klo pengocok mikser diangkat, adonan tidak jatuh)? klo utk brownies ini, saya ngocoknya sampe mengembang dan memucat aja, ga sampe kental banget....atau mgkn krn sebab yang lain, sy jg krg paham :)

      Delete
  12. Iya saya ngocok telurnya smp lama n kl mixer d angkat adonan jatuhny lama, soalny saya takut bantat jd telur dkocok lama..oo brarti yang penting ud ngembang aj ya..makasih penjelasaanny, blog ummu adlh blog favorit saya ud be2rp yang saya praktekkn n slama ini ckup memuaskan bagi saya yg pemula, tp maaf ya ummu kl kdg2 saya banyak tnya ini itu, skali lagi terimakasih n banyak pahalanya ummu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi krn ngocoknya kelamaan itu ya Mbak....saya udah sering banget mbikin brownies ini, alhamdulillah selama ini ga pernah bantat Mbak....kadang2 aja klo apinya kebesaran suka bergelombang atasnya :D

      Alhamdulillah klo cocok dg resep2 yg sy posting di blog ini Mbak....saya juga pemula, kadang berhasil kadang juga gagal...tapi yang penting selalu semangat, terus berusaha menyajikan yang terbaik buat keluarga ^^

      ga papa Mbak, klo ada yg kurang jelas monggo ditanyakan saja, kdg2 mgkn penjelasan saya krg memadai, nulis resepnya cepet2an :)
      Aamiin....barokallohu fiik ...

      Delete
  13. mbak, pucuk dicinta ulam tiba, baru lagi mikir2 gimana bikin kue gluten free, eh nemu blog nya mbak. jadi seneng banget....
    jadi ini pertama kali aku bikin kue pake campuran tep beras+maizena,ternyata oh ternyata... lembut dan uenak banget brownis ini. saya coba 1/2 resep, pake loyang kecil, karena kukusan saya imut2. anak2 belum pulang, saya sdh habisin 1/2 loyang sendiri ;)
    mbak, saya barusan komen di resep ketan itam kukus, yg tidak saya kukus tapi di bake dan berhasill.. horeee...
    tengkiuu mbak...
    salam, paulina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak ^^
      Semoga cocok dengan resep2 gluten free hasil dapur saya ya Mbak...hasil uji coba, utak atik sendiri sebenernya....:)

      Brownies kukus ini jg favorit saya sekeluarga Mbak, banyak temen2 saya yg jg udah nyoba dan ternyata cocok dg resep ini, alhamdulilllah :)

      Sama2 ya Mbak, terima kasih jg udah berkenan nyobain resep2 sy...senang mendengar cerita dapur Mbak ^^

      Delete
  14. wah resepnya bleh di cba nie ..
    hehe
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. mba.. aku pernah bikin brownis paittt hiks :(
    itu knp yahh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm..kenapa ya Mbak, mungkin terlalu banyak coklat bubuk/dcc nya Mbak, terkadang juga ada jenis/merk coklat yg rasanya sedikit pahit...klo boleh tau resepnya gimana Mbak?

      Delete
  16. Mbak, saya sudah berkali-kali bikin brownies midifikasi pake resep ini, cuma DCCnya saya tambah, cokelat bubuk saya skip, dan minyak saya ganti pake non-trans-fat margarine. Saya lebih suka brownies yang rasanya 'berlemak' gitu Mbak, sementara kalo pake minyak rasa brownies-nya jadi lebih lite ya. Tapi kenapa ya Mbak, dulu saya bikin brokus pake adonan instan rasanya bisa 'berlemak' padahal pake minyak juga. Gimana ya caranya supaya brokus yang dengan minyak bisa ada rasa 'berlemak'-nya?

    Oya, satu hal yang saya perhatikan setiap bikin brokus ini, kenapa ya setiap baru keluar dari kukusan kayak ada aroma gosong sedikit dari brokusnya, atau cuma perasaan saya aja, gak tahu juga. Apa karena aroma tepung berasnya yang khas gitu ya, Mbak? Gimana caranya supaya aroma/rasa khas tepung berasnya bisa ketutup sedikit, Mbak?

    Satu lagi yang udah lama pengen saya tanyain, di resep-resep gluten-free cakes-nya Mbak Citra, kenapa Mbak gak pernah pake tepung beras campur kayak punya Pak Wied Harry? Apa kue dengan tepung beras+tapioka+maizena akan menghasilkan tekstur/rasa berbeda dengan kue yang hanya menggunakan tepung beras+maizena saja?

    Terima kasih, Mbak. Maaf pertanyaannya banyak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sala kenal ya Mbak ^^
      Hmm...saya krg tau, gimana ya supaya rasanya `berlemak` spt yg Mbak Diar maksudkan. Apa mgkn dcc nya harus ditambah dan dicairkan dg cara ditim aja? Mungkin Mbak Diar bisa coba2 berkreasi sendiri, modifikasi lagi resepnya shg menghasilkan brownies yg sesuai dg selera :)

      Wah, selama ini saya krg memperhatikan, aroma brokusnya Mbak...menurut saya sih, aromanya ga terlalu berbeda antara pakai tepung terigu dan tepung beras...cuman beda di teksturnya aja klo menurut saya :)

      Oya, saya memang ga pakai resep gff nya Pak Wied, lebih suka gff modifikasi sendiri...dulu pernah nyoba gff resep Pak Wied, tapi krg cocok dg hasil tekstur cake-nya...cenderung lebih kering dan kurang lembut menurut saya, mgkn tergantung resepnya jg kali ya.....belakangan, sy coba pakai tepung beras dan maizena aja, perbandingannya 5:1 atau kadang 4:1 dan ini yg lebih pas dg selera saya, kembali ke selera masing2 :)

      Delete
    2. Betul juga Mbak, saya pernah coba bikin brownies panggang pakai tepung gff-nya Pak Wied, hasilnya padat lembut, tapi kering di mulut.

      Oke, saya coba modif-modif lagi, sepertinya gff versi Mbak Citra bisa sejalan dengan selera saya. Tapi saya udah terlanjur nyetok gff a la Pak Wied 1 kilo, hahaha... Nambah stok versi Mbak Citra lagi gpp deh :))

      Delete
    3. klo saya ga pernah nyetok gff Mbak....pas mau bikin kue baru nimbang tepungnya....hehe...makanya resep gff saya ga selalu sama perbandingan tepung beras dan tepung maizenanya :)

      Delete
  17. assalamualaikum,salam kenal ya mbk citra, mbk resep brwnis kukusnya pas sekali,browsing trus nemu blognya mbk lgsg coba resep dan berhasil, suami sy smp blg brownis sy nyaris sempurna alhamdulillah, klo ank sy msh 2 th dan tdk terlalu sk yg manis2, adakah resep camilan anak yg gurih2 mbk, insya Allah lgsg d coba, makasih. byk ya mbk citra

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....salam kenal juga ya Mbak ^^

      wah, alhamdulillah klo cocok dg resepnya Mbak...seneng banget mendengar kabar baiknya :)

      klo cemilan yang gurih2, kebanyakan sih digoreng, spt kroket kentang/bola2 kentang, makaroni goreng, dll. klo putra putri saya, ga terlalu suka yg gurih2, lebih suka yg manis2, tapi belakangan klo bikin cemilan manis, takaran gulanya selalu saya kurangi :)

      Delete
  18. Mbak, kalau 20g coklat bubuk nya gamau saya pakai bagaimana? apa saya ganti dengan tepung beras 20g juga? Kebetulan anak saya alergi Gluten, sedangkan di dalam coklat bubuk yg beredar di Jakarta ini pengolahannya masih di mesin yang sama dengan pengolahan terigu, jadi masih ada traces of gluten nya.
    Terus, apakah kue nya cukup kokoh untuk ditutup fondant? soalnya mau saya bikin untuk kue ultah anak saya.

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sih Mbak, coklat bubuknya diganti tepung beras. Tepung beras : maizena = 70gr : 15gr atau bisa juga 65gr : 20gr. Jadi lebih kokoh cakenya. Menurut saya cakenya ini spongy, lembut....saya kurang tau apakah cukup kokoh utk ditutup fondant karena terus terang saya belum pernah mencoba fondant.

      Delete
  19. Hi Mbak, saya uda bikin kue nya untuk ultah anak saya, seperti yg mbak bilang, coklat bubuknya saya ganti tepung beras, jadi komposisinya yang 70gr : 15 gr dengan maizena. jadinya kokoh, bisa ditutup fondant :)
    Kuenya enak, tapi saya kukus 30 menit kurang lama, saya tambah 15 menit lagi tapi tengahnya masih sedikit kurang matang, untung ga begitu kerasa, mungkin api kukusnya kekecilan kali ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...bisa kokoh ya Mbak...thanks for sharing ya Mbak...
      kalo matangnya lama, mungkin jg krn apinya kekecilan :) pakai loyang ukuran brp Mbak?

      Delete
  20. Hai,Saya menemukan blog Mbak tanpa sengaja.Saya suka cake tanpa obat, Ada waktu pasti coba resep anda,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir kemari......
      Selamat mencoba...... semoga ada yang cocok :)

      Delete
  21. Mbak, saya pakai loyang 18 cm bulat juga, apinya saya pasang kecil banget, abis takut jadi bergelombang, eh malah kurang matang di tengah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..kalo kurang matang, dilanjutkan mengukus, apinya digedein dikit, Mbak ^^

      Delete