Saturday, September 20, 2014

Sambal Bawang (Sambal Bu Rudy ala Mbak Rina Rinso)

Bismillah...
Apa kabar semuanyaa :) Udah lama ga nengokin blog. Mendekati kepulangan ke tanah air karena tugas belajar suami sudah selesai, banyak hal-hal yang harus diselesaikan, mulai dari mengurus kepindahan, packing barang2 yang dikirim ke indonesia, perpisahan di sekolah anak2, persiapan koper2, hingga pengosongan apato (harus bersih dan kosong tanpa barang). Alhamdulillah Alloh Memberi banyak kemudahan, satu persatu urusan bisa terselesaikan dengan baik, alhamdulillah 'ala kulli haal. 

InsyaAlloh kami berangkat menuju tanah air 1 Oktober dari Osaka. Keluar dari apato menuju Osaka insyaAlloh tanggal 30 September. Tinggal menghitung hari...hehe. Kemarim suami saya berangkat konferen ke Belanda, dan baru akan kembali ke Kumamoto 27 September...jadi seminggu kedepan saya hanya bersama anak2 di rumah. Mempersiapkan kepulangan. Bismillah .... Mohon doanya ya teman2.....semoga lancar semuanya. Aamiin.

Hari-hari terakhir di Kumamoto, rasanya berat sekali untuk meninggalkan. Tinggal disini selama 2,5 tahun, banyak memberikan kenangan tersendiri. Rasanya masih pengen jalan2 keliling2 kumamoto, masih pengen ngobrol2 dengan ibu2 jepang, sharing tentang banyak hal. Juga pengen mencoba bumbu2 dan resep2 masakan jepang, ... Dan buanyak lagi keinginan2 yang rasanya belum terpenuhi. 

Bersyukur sekali kami sekeluarga diberikan kesempatan utk bisa tinggal di Kumamoto, bukan kota metropolitan, tapi tinggal disini sangat nyaman. Tata kehidupan di jepang yang serba teratur dan terjamin, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, transportasi, hingga masalah sampah (kebersihan). Semua punya aturan yang jelas. Dan aturan itu benar2 ditaati oleh penduduk Jepang. Oleh karenanya hidup di jepang sangat aman dan nyaman, lingkungannya bersih dan tertata rapi, hidup di Jepang itu istilahnya, easy to live...hehe. Budaya jujur dan antri yg dijunjung tinggi, disiplin dan tepat waktu, menghormati orang yg lebih tua, orang jepang sangat menghargai orang lain, kesenjangan sosial juga tidak terlalu nampak. Dan yang paling saya sukai di Kumamoto ini udaranya sejuk, orang2nya ramah, walau tidak kenal sering menyapa kita dengan sapaan Ohayou Gozaimasu (selamat pagi), konichiwa (selamat siang), dll. Sejak di taman kanak-kanak, anak2 jepang diajarkan untuk selalu jujur,  dilatih untuk hidup bersih, dibiasakan untuk antri, menyapa orang lain, dilatih bercocok tanam, mencintai lingkungan, dan banyak hal positif lainnya yang ditekankan sejak masa kanak2, yang akhirnya menjadi sebuah karakter bangsa Jepang yang mengagumkan. 

Wah, jadi panjang lebar nih ceritanya... Hehe...kembali ke postingan sambal bawang ya teman2. Sambal bawang atau sambal Bu Rudy ala Mbak Rina Rinso ini ngehits banget di group NCC beberapa bulan terakhir. Akhirnya saya jadi penasaran pengen nyobain dan ternyata memang mirip banget dengan sambal Bu Rudy yang pernah saya coba. Saya dan suami jadi ketagihan sama sambal bawang ini :) Makasih banyak yaa Mbak Rina Rinso, Barokalloh fiik ...resepnya mantap ^^







Sambal Bawang atau Sambal Bu Rudy ala Mbak Rina Rinso
Source : Mbak Rina Rinso

 Bahan:
250 gr bawang merah
250 gr cabe rawit (campur, ada yg hijau, oranye, dan merah, tp banyakin yg hijau dan oranye) (*ummi: pakai cabe kering)
1 sdt garam
1 sdt gula
15 gr bubuk kaldu atau kira-kira 1 sdm (misalnya royco, masako) (*ummi: ga pakai)
200 cc minyak goreng atau secukupnya

Cara Membuat:
Kupas bawang merah. Cuci bersih cabe rawit.
Panaskan minyak. Masukkan bawang merah dan cabe rawit. Bawang dan cabenya utuh, gak perlu diiris atau dipotong. Goreng sampai baunya harum.
Uleg atau haluskan bawang dan cabe rawit, tapi jangan terlalu halus jadi asal di uleg aja (*ummi: blender kasar).
Tambahkan garam, gula dan bubuk kaldu ayam.
Goreng sekali lagi sampai minyak berwarna kemerahan, angkat.

Note :
Untuk takaran bawang, cabe, gula garam dan minyak nya saya pakai kira-kira aja, sebagai patokannya saya pakai resep Mbak Rina Rinso diatas.







16 comments:

  1. Bawang merahnya jepang rupanya ga merah ya Mba Citra *duhh salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Iya Mbak...kulitnya memang coklat. Dalamnya merah keungguan. Tapi ga semerah bawang merah indo. Bawang merah di jepang biasanya cuma dipakai daunnya aja, umbinya dijual untuk ditanam lagi. Saya pernah beli yg umbinya udah kering , dalamnya putih, udah muncul tunas2nya.... Hehe

      Delete
  2. bawangnya mirip sama bawnag yang ditanam bapak di sukabumi ini saya bawa ke bandung kayak gt ummu, kecil2 tapi enak...:)

    semoga lancar pperjalanannya um...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak...:)
      Beneran mirip bawang yg ditanam ya. Tapi ini rasanya krg pedes, aromanya jg beda.

      Delete
  3. Wah ummi mau balik ke Indonesia ya, semoga dilancarkan ya ummi segala urusan disana, dan bisa sampai ditanah air Indonesia dengan sehat selamat aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih Mbak... Alhamdulillah sdh tiba di tanah air dan semua berjalan lancar ^^

      Delete
  4. Berat ya mbak ninggalin Kumamoto,, saya juga sedih waktu itu krn sudah nyaman,, apalagi didukung rumah mbak Citra yang luas dan hommy (pasti makin berat) hehe..saya baru berapa kali ya kesitu..
    semoga beres-beresnya lancar dan gak kena penalti atau bayar bayar apapun :)

    saya inget saat-saat hunting bawang merah ini.. sungguh amat sangat langka ya mbak adanya pas natsu aja ya..
    selamat packing mbak semoga lancar dan menyenangkan perjalanannya sampai ketemu lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak... Berat banget meninggalkan kumamoto, masih teringat2 dan terbayang2 sampe skrg. Rasanya seperti mimpi... Kangen dengan keakraban temen2 disana, kangen dg suasana kota kumamoto yg nyaman dan menyenangkan... Anak2 kangen sekolah dan ke taman bermain... Hehe :)

      Makasih doanya Mbak... Alhamdulillah semuanya lancar ^^

      Delete
  5. Mbak Citra.....bentar lagi pulang ke tanah air ya, jadi ikut terharu bacanya. Semoga perjalanannya lancar, sehat semua :) Btw aku suka sambal pake trasi mbak, klo di Jepang gak ada mungkin ya? klo sambal Bu Rudi so pasti lebih awet, karena semua bumbu digoreng setelah diuleg goreng lagi. Sedapppp....ngebayangin lele goreng, nila goreng plus lalapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah tiba ditanah air awal oktober lalu Mbak. Masih repot beberes ga sempat ngeblog lagi... Hehe... *sok sibuk :D

      Klo terasi jg suka, biasanya pas dikumamoto dikirimin terasi dr indo. Semenjak balik ke indo ini seringnya mbikin sambel terasi, belum mbikin sambel bawang lagi :)

      Delete
  6. alhamdulillah... Ummi dh makin dekat pulang kampung...^^

    itu bawangnya kaya yg buat bibit ya mi? aku dulu pernah nanem bawang, bibitnya ya kaya gitu tapi lebih berisi dan bendar... katanya kurang pedes kalo bawang udah keluar tunasnya... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pa kabar Mbak Lina...ini saya udah di kampung... Hehe... Maaf telat balas komennya :)

      Iya bener Mbak... Klo udah keluar tunasnya udah ga pedes lagi, baunya beda, bau tunas gitu. Ga kayak bau bawang, krg seger.

      Delete
  7. Bismillah.
    Mbak ana izin copy y.
    Jazakillah khoir wa barakallahu fiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan.... Wa jazakumulloh khoiron... Wa fiik baarokalloh :)

      Delete
  8. Terima kasih resepnya mba, ingin coba, tetapi sekarang harga cabe sedang mahal, jadi jarang buat sambal.. :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak...yuuk dicoba :)
      Iya cabe mahal banget ya... Hampir semahal cabe di jpn :(

      Delete