Sunday, June 22, 2014

PR LBT#32 : Pretzel



Bismillah.... 
Ini adalah pretzel bread, PR LBT#32. Terus terang saya belum pernah merasakan pretzel bread, baru kali ini mbikin, untuk setoran PR ke 32 group Lets Baking Together, bulan Mei lalu. Mbikinnya mendadak banget....sore-sore mbikin, itupun 1/4 resep aja, dan hasilnya ga terlalu banyak....buru-buru di foto dan di setor. Alhamdulillah ga jadi bolos PR LBT bulan Mei :)

Tadinya ga terlalu ngerti soal pretzel bread ini, setelah baca-baca, baru tau klo Pretzel Bread berasal dari dataran Eropa timur. Tiap negara  memiliki ciri khas tersendiri baik dalam bahan adonan roti dan maupun rasanya. Yang jelas pembuatan Pretzel bread hampir sama untuk semua jenisnya dan Pretzel Bread ini memiliki salah satu ciri khas dari bentuknya yaitu seperti bundaran melingkar, yang ujungnya dikaitkan ke tengah, bentuknya mirip hati :)

Resepnya saya pakai resep dari blog Mbak Endang  yaitu dari blog Just Try and Taste, hanya saja untuk prosesnya agak sedikit berbeda. Kalau resep Mbak Endang, pretzel breadnya dioven 10-15 menit,  kemudian direbus 30 detik di air mendidih  yang diberi baking soda  kemudian ditiriskan dan dinginkan. Selanjutnya dioles glaze dan diberi taburan kemudian dipanggang hingga kecoklatan. 

Karena saya tidak menggunakan baking soda, untuk cara pembuatannya saya ikutin resep disini. Adonan mentahnya dibentuk-bentuk lalu difermentasikan di dalam lemari es selama semalaman atau beberapa jam, kemudian di rebus di air garam (takaran garamnya saya kira-kira aja) hingga mengapung kemudian diangkat dan ditiriskan. Lalu di oles glaze, diberi taburan, kali ini saya taburi sedikit garam dan parsley flakes....selanjutnya dioven hingga kecoklatan. Hasil pretzelnya seperti di foto ini, luarnya garing kriuk sayang dalamnya kurang empuk, kurang mengembang kayaknya....mungkin karena kurang lama fermentasinya. Saya fermentasikan selama 1-2 jam aja, tidak di lemari es tapi di suhu ruang. 

Tapi walaupun begitu, rasa penasaran saya akan pretzel bread ini jadi terobati, jadi tau gimana susahnya membentuk pretzel bread ini...hehehe....beneran deh, ngebentuknya ini susah lho buat saya, ga bisa rapi.... sampe harus bolak balik liat di youtube. Next time pingin nyoba mbikin lagi....semoga hasilnya lebih baik ^^

6 comments:

  1. Replies
    1. Makasih Mbak....:)
      sebenernya masih belum rapi dan kurang puas juga dg tekstur dalamnya ...

      Delete
  2. pretzeelll nya cuaaantiiiik ummmuuu......!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih... Makasih Mbak... Belum sukses sebenernya :)

      Delete
  3. Saya juga blm pernah nyicip rasanya nih mi... penasaran...

    Taunya yg bentuk begini tuh biskuit itu tuh... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Iya Mbak... Mirip biskuit monde ya :D

      Delete