Tuesday, January 21, 2014

Nugget Pisang Gula Palem



Bismillah....

Nugget pisang ini adalah salah satu snacks andalan saya...hehehe.....karena mbikinnya mudah dan rasanya enaak banget... karena pisangnya dilumatkan, rasa pisangnya seolah keluar madunya (sari pisangnya). Anak-anak saya suka banget...bahkan si sulung Faruq, sampe bilang "ini enak banget, Mi"... padahal biasanya dia cuek, asal dimakan aja jarang berkomentar....hehe...:)

Dan saya seriiing bangeeet mbawa nugget  pisang ini di acara kumpul2 teman-teman Indonesia disini, bersama snacks2 lainnya....bahkan kelewat sering....hehe....terkadang juga saya bawa di acara kumpul2 muslim internasional. Nugget pisang ini sering dikira chicken katsu.....mau dimakan bareng nasi biryani...hehe....:D

Di jepang sini, pisang yang paling banyak dijual adalah pisang cavendish, harganya lebih terjangkau. Ada juga pisang kepok, jarang ada dan kalaupun ada jauh lebih mahal, harganya 3-4x lipat daripada pisang cavendish. Pisang cavendish ga cocok dibuat pisang goreng, karena kalau digoreng lembek. Jadi kalau mbikin pisang goreng saya selalu pakai pisang kepok, tapi ga bisa sering-sering mbikin karena harganya yang mahal tadi. Dan, alhamdulillah akhirnya nemu juga olahan pisang cavendish yang enak yaitu nugget pisang ini, jadi ga perlu nunggu dapat pisang kepok lagi, bisa sering-sering mbikin nugget pisang pakai pisang cavendish ^^


Untuk resepnya sudah pernah saya posting yaitu Nugget Pisang Praktis, hanya saja yang ini gulanya saya ganti gula palem....manisnya jadi lebih guriih. Belakangan ini, saya klo mbikin nugget pisang, takaran bahannya pakai feeling aja, asal ceplang cemplung, saking seringnya mbikin...hehe...tapi buat patokan bisa dilihat dilink diatas yaa. Oya, yang difoto ini saya mbikinnya kurang rapi, maklum pas mbikin sambil gendong baby Atha...hehe...sebenernya ga niat difoto sih, udah tinggal beberapa potong juga... tapi tiba-tiba aja kepikir untuk moto, buat dokumentasi dan sharing resepnya lagi, semoga bisa memberi manfaat ^^




20 comments:

  1. emh nyam nyam.. krispi ya um, potonya jg cantik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...kriuk manis gurih....... ^^
      makasih, fotonya biasa aja nih, asal jepret aja :D

      Delete
  2. Mba, aku tuh kalau liat blog mba itu, selalu ngeliatin fotonya. Kenapa? Karena selain fotonya emang keren, propertinya itu loh, yang bikin garuk-garuk dompet, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....propertinya ga banyak sebenernya Mbak....banyak yang bolak balik tayang :D
      tapi emang kalo ke daiso, toko2 perabotan, suka ngiler...tapi belanja2 props yang harganya terjangkau aja....^^

      Delete
  3. nyemmmm..kriuk kriuk pastinya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak.....favorit keluarga kami ^^

      Delete
  4. Replies
    1. sama enaknya Mbak menurut saya....kalau pake gula pasir biasa, rasa pisangnya jadi lebih kuat terasa... kalau pakai gula palem, gurihnya gula palem jadi sedikit menyamarkan rasa pisangnya ^^

      Delete
  5. harus pake pisang kepok yg matang sekali ya? soalnya mesti dihancurin tu pisang hehe kalau salah tolong dikoreksi ya ummu.. pengen dicoba jg nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah pakai pisang kepok, Mbak....kalo biasanya mbikin, pake pisang cavendish yang matangnya sedang aja .... pisangnya saya haluskan pake ulekan...hehe :)
      sepertinya bisa pakai pisang apa aja ya Mbak....bisa pisang kepok, pisang raja, pisang ijo, pisang ambon, pisang uli, dll :)

      Delete
  6. sempat kepikir bikin nugget pisang lagi tapi kok males, hehe...akhirnya bikin setup aja yang cepet um. Pake gula palem sedepnya itu ya um yang bikin enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...setup jg enak Mbak...paling sip klo pake pisang kepok ya, warna pisangnya tetep kuning ga teroksidasi....^^
      iya Mbak....pake gula palem jadi gurih manisnya :)

      Delete
  7. Mbak sekali2 fotoin dong lay out motretnya. Pengen belajar low light nich
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh kapan2 ya Mbak....kalau sempat dan ga lupa...hehe....soalnya klo moto serba kilat....ga lama2, keburu baby rewel :)

      Delete
  8. Wah, saya sering jg bikin nugget pisang nyontek resepnya mbak disini... Sy slalu pk pisang kepok. Biasanya sih yg mateng , tp tdpg sy cb yang msh gk begitu mateng jg enak kok, kan ditambah gula, jd manisnya ketambahan. Bsk2 bikin lg ah pake gula palem... Btw, susu bubuk diganti uht blh kah? Slama ini slalu skip bahan susu bubuk krn g ada stok.
    Anyway, met kenal ya, mbak... Big fans bgt sm blog ini.

    ReplyDelete
  9. Salam kenal jg yaa Mbak....wah, sering mbikin jg ya Mbak....alhamdulillah klo cocok dg resepnya. memang enaak dan gampang mbikinnya :) susu bubuknya jg sering saya skip Mbak. Jadi pengen tau nih, gimana rasanya klo pakai pisang kepok .....^^

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mbak....
    seneng banget saya liat2 blognya mbak,resep2 masakannya sangat menginspirasi.
    sekalian ijin jiplak resep-resepnya ya mbak...
    eh iya,kenapa nggak coba dibukuin mbak?
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mbaaak......waah...maaf baru balas....banyak komen yang masuk, jadi kadang2 ada yang terlewat :)
      Monggo silahkan dicoba2 kalau ada yg berkenan...semoga cocok ya Mbak ^^
      Hmm....soal dibukukan, dulu sempat ada yg nawarin Mbak, tapi saya belum bisa membagi waktu, keluarga masih menjadi prioritas utama untuk saat ini. Makasiih ya Mbaak ^^

      Delete
  11. Mbak, saya sudah nyoba pake gula palem kok hasilnya lebih keras ya? dan memang gak semanis gula pasir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo...gitu ya Mbak...saya klo mbikin soalnya ga pakai ditakar lagi...hehe...asal cemplung2....biasanya kalau pakai gula palem, rasa pisangnya jadi sedikit tersamarkan ^^

      Delete