Monday, May 19, 2014

Sup Tahu Jamur Shimeji


Bismillah....
Menu hari ini yang simple-simple aja. Saya masak sup tahu jamur shimeji, super gampang mbikinnya. Masaknya ala sup jepang aja, bumbunya ga perlu ditumis-tumis, melainkan langsung dicemplung-cemplungkan. Biasanya sup jepang mengandalkan dashi supaya gurih rasanya, tapi karena saya jarang pakai dashi bubuk, sebagai gantinya saya pakai rebusan katsuobushi. Rasanya gurih seperti dashi stok. Thanks to Mbak Pepy Nasution buat resep dashi stoknya ini. Buat detail resep dashi stoknya bisa dilihat detail di web Indonesiaeats ya. 
Jadi, walaupun sup tahu jamur ini bahannya cemplung-cemplung aja, tapi rasanya guriih lho. pas dirasa-rasa jadi mirip sup kerang...hehe...sama gurihnya. Anak-anak sukaa sekaliii...mereka suka jamur, bahkan cuma direbus biasa aja mereka doyaann ^^






Sup Tahu Jamur Shimeji

Bahan-bahan :
400 gr jamur shimeji, buang akarnya, suwir-suwir
200 gr tahu putih mentah, potong kotak kecil-kecil
1,5 lt air atau secukupnya 

1 genggam katsuobushi
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
1 sdm bawang putih halus
2 cm jahe, iris tipis
3 btg daun bawang, iris kecil-kecil
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sendok sayur kecap asin atau soy sauce
garam dan gula palem secukupnya

Cara Membuat :
Rebus air hingga mendidih, masukkan katsuobushi, bawang bombay, bawang putih halus dan irisan jahe.
Setelah air kaldu gurih (katsuobushi nya bisa disaring, tapi ini tidak saya saring), masukkan tahu putih dan jamur. Tambahkan merica bubuk, garam, gula palem dan kecap asin. Masak hingga matang. 
Menjelang diangkat masukkan daun bawang. Koreksi rasanya. 
Angkat dan sajikan hangat-hangat ^^



Jamur Shimeji


Katsuobushi

Katsuobushi ini terbuat dari ikan cakalang (katsuo) yang diserut tipis dan diawetkan dengan cara dikeringkan. Bisa langsung di konsumsi, biasanya buat taburan aneka masakan jepang, seperti okonomiyaki, takoyaki, udon, dll. Ada juga yang berbentuk halus, serpihan kecil-kecil. Sering saya pakai untuk topping okonomiyaki, terkadang juga untuk campuran sup atau mie kuah supaya gurih.





8 comments:

  1. segeeer...
    shimeji kayak gini enak juga dibikin krispiannya...meskipun lebih sehat dibikin sup ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jarang mbikin jamur crispy Mbak... Seringnya saya buat sup or rebus biasa aja, anak udah doyan :D

      Delete
  2. Simpeeel, patut dicoba nih dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa simple banget Mbak... Ala masakan jepang, asal cemplung aja ....tapi guriih, alhamdulillah anak2 lahap makannya ^^

      Delete
  3. ummi,,penggnti katsuboshi apa ya klo disini?barang langka tuh didaerah rima
    rima pernah nntn dokumentari proses pembuatan katsuboshi ummi di channel NHK,,menarik banget,,karena dr proses itulah,,sumber lezatnya masakn jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... Pakai apa ya Mbak... Pakai daging ikan cakalang segar aja... Hehe... Tapi nanti rasanya jadi seperti sup ikan...:) klo menurut saya rasanya mirip sup kerang yang biasanya saya buat....mgkn karena pakai jahe dan daun bawang jadi seger :)
      Tapi klo sup kerang kerang biasanya bumbunya duo bawang, temu kunci dan daun bawang aja ... Seperti sayur bening, segeer ^^

      Delete
  4. aduuuuh mbak kelihatan seger banget gambarnya ^_^ jdi ngiler hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Iyaa segeer supnya dan fotonya juga :D saya paling suka motret yang colourful gini ^^

      Delete