Thursday, January 30, 2014

Marmer Cake Jadul (No Food Additives)



Bismillah....
Udah lama sebenernya pengen mbikin marmer cake jadul, resep Pak Sahak yang terkenal itu. Beberapa teman-teman foodblogger udah mencoba dan menurut review mereka, cake ini lembut dan enak banget rasanya. Duuh jadi pengen berat. Segera saya baca2 resepnya, sedikit terkendala dengan bahan2nya yaitu pemakaian emulsifier, pengen saya skip. Bisa gak yaa...

Pas baca lagi detail resepnya, ternyata marmer cake jadul ini mbikinnya pakai metode pengocokan all in one yaitu telur, gula dan tepung dikocok hingga kental baru masukkan margarin leleh. Wah, menarik banget. Terus terang saya belum pernah mbikin cake pake metode pengocokan all in one ini. Kayaknya mesti dicoba, nih, penasaran... dan akhirnya saya eksekusi juga resepnya. Saya tidak memakai emulsifier....sempat was was juga gimana hasilnya....bakal bantat atau gak ya. Daann ...wow...surprise banget, cake nya mengembang cantik, ga bantat. Alhamdulillah...seneeeng bangeet....berarti metode pengocokan ini bisa dipakai juga untuk mbikin cake2 lainnya. ^^

Dan seperti review teman2, cake ini memang enaak, gurih...manisnya pas, lembuut dan ga seret...suka bangeet pokoknya, anak-anak juga sukaa, alhamdulillah langsung lariis :)))) Untuk resepnya saya pakai resep dari blog Mbak Nina Agustina...makasiih resepnya yaa Mbaak....*peluk peluk ^^





 MARMER CAKE JADUL (No Food Additives)
Source : Pak Sahak Via Catatan Nina

Bahan :
5 butir telur
125 gr gula pasir 
1 sdt emulsifier (*ummi: ga pakai)
1 sdt vanilla (*ummi: ga pakai)
150 gr tepung terigu serbaguna (protein sedang)
15 gr maizena
15 gr susu bubuk (*ummi: ga pakai)
100 gr margarin, lelehkan
50 gr minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest (*ummi: 2 sdm coklat bubuk yang dilarutkan dg 2 sdm air hangat)

Cara Membuat :
  • Panaskan oven 180 deg C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan. (*ummi: pakai loyang bundar diameter 18cm)
  • Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
  • Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). (*ummi: kocok 5-10 menitan)
  • Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. (*ummi: aduk dengan mikser kecepatan rendah)
  • Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
  • Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
  • Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate atau sumpit.
  • Oven hingga matang selama kurang lebih 35-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
  • Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.
Note :
Karen kehabisan stok, untuk tepung terigunya saya pakai tepung terigu protein rendah.
Untuk suhu oven disesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya. Saya pakai microwave oven, suhu 180 deg C, api atas.






59 comments:

  1. dari fotonya udah kelihatan lembut,enak,,wangiiii..saya paling suka kalo cake yg baru matang,anget2 enak gimana gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbaak...lembuut...bakalan sering mbikin nih ^^

      Delete
    2. Saya belum pernah nyoba Mbak... Metode all in one ini, kalau tanpa bahan pengembang, resiko gagalnya tinggi :(

      Delete
  2. catet dulu umm....
    kapan2 pengen nyoba pake tehnik ini.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru kali ini pakai metode all in one, Mbak...asli penasaran banget....dan surprise ternyata bisa mengembang dan ga bantat ^^

      Delete
  3. wah cakep banget cakenya, fotonya juga bagus

    ReplyDelete
  4. ya ampyuun saya jadi inget, kira2 2 minggu yang lalu sy bikin ini juga, tapi coklatnya dikit, jadi moti jebra nya gak kleuar, kayak cake biasa aja... hihi gagal deh...:D

    ReplyDelete
  5. ya ampyuun saya jadi inget, kira2 2 minggu yang lalu sy bikin ini juga, tapi coklatnya dikit, jadi moti jebra nya gak kleuar, kayak cake biasa aja... hihi gagal deh...:D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. makasiih Mbak.....masih berantakan motif marmernya....hehe...

      Delete
  7. waduh...this is everybody's all time favourite!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak.....penampilannyayang cantik selalu mengundang selera ^^

      Delete
    2. Mba numpang tanya ya..
      Ini nge mixer nya pakai kecepatan tinggi ato rendah yah untuk nge mixer semua bahannya? Makasih sebelumnua

      Delete
  8. cake marmer pak sahak emang T.O.P deh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkenal banget ya Mbak.....tapi baru kali ini saya mbikin.....biasanya klo mbikin cake marmer, resepnya ngarang :D

      Delete
  9. Replies
    1. yuuk dicoba Mbak....saya juga pengen nyoba lagiii....penasaran bisa berhasil lai atau tdk :D

      Delete
  10. belajaralamamawidisonMarch 5, 2014 at 10:23 PM

    Salam kenal mbak, mau tanya metode all in one itu apa khusus Heavy duty mixer ya? Sayaa nyoba resep sponge cake 2x dengan metode all in one pakai hand mixer saya kokk gagal terus ya mbak? Ga bisa kental padahal sudah 20menit lebih. Cakenya jadi bantat, mohon pencerahannya ya mbak, makasih. Sanny, Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg Mbak ^^
      Saya pakai mikser yang biasa kok Mbak...bukan stand mikser. Mikser saya juga speed nya ga bisa tinggi banget...cuma bisa kecepatan 3, tapi alhamdulillah bisa mengembang dan ga bantat ^^

      Delete
    2. mungkin bisa dicoba resep ini,... kalau untuk sponge cake, saya belum pernah nyoba pakai metode ini....

      Delete
  11. belajaralamamawidisonMarch 7, 2014 at 2:51 PM

    Makasih mbak ilmunya,dari awal baca resep ini saya tertarik, tapi masih trauma dengan metode All in one. InsyaAllah segera dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Mbak....^^
      Saya beberapa kali pakai metode all in one ini, terus terang mikser saya mikser biasa, speednya juga ga bisa tinggi banget, tapi alhamdulillah hasil cakenya selama ini ga pernah bantat :) yuuk mari dicoba...semoga berhasil yaa ^^

      Delete
  12. Perkenalkan mbak, aku Yenny. hiks hikss...feeling so blue nih mbak...pagi ini aku ada order cake ini 2 loyang, tapi 2 loyang bantat semua mbakkk...hhuuuwwwaaa...aku pake SP. Biasanya aku bikin berhasil lhoh...kira2 kenapa yaa...Akhirnya order aku batalin...;(
    btw, sori yaa jd curcol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaak...maaf baru sempat balas, bener2 kelewatan, saya pikir udah saya balas komennya ini ternyata belum...hiks, maaf sekali lagi ya Mbak...

      Saya mbikin cake ini selalu tanpa pengembang Mbak....malah saya modifikasi jadi cheese cake, alhamdulillah ga bantat, tapi utk cheese cake, setelah keluar dr oven, sedikit kempes....

      Saya kurang tau juga penyebab gagalnya kenapa, Mbak....seharusnya klo pakai pengembang, kemungkinan gagalnya lebih kecil dari pada tanpa pengembang seperti yg saya buat ini ya...hmm...maaf, saya ga bisa njawab, kurang paham juga ttg seluk beluk metode all in one ini...

      Delete
  13. Umm, td siang aku bikin cake ini pake metode ini, gatot.. pertama 10 telur, bantat pdhal pake pengembng, mnggnkn stand mixer, yg ke2, 5 telur bantat jg.. Duuhh knp ya, skrg mau bikin lg tp gak pake metode ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. O gitu ya Mbak... Teman saya jg ada yg nyoba katanya juga gagal. Metode all in one ini klo bahan pengembangnya di skip, resiko gagalnya tinggi kayaknya :(

      Delete
  14. Hallo mbak Ummu :) Sy cuman mau urun saran utk teman2 yg gagal, mungkin bisa dicoba dg tehnik aduk balik sj seperti umumnya metode sponge cake. Caranya bisa tanya di mbah google. Sy yakin resep ini pasti berhasil jika sdh terbiasa dg tehnik aduk balik, walau tanpa emulsifier. Atau bisa dicoba jg, telur & gula dikocok kemtal dulu smp ribbon stage dg kecepatan maksimal (sedang jg bsa tp lbh lama) lalu tepung dimasukkan, kocok dg mikser kecepatan paling rendah, sebentar sekali asal nyampur, bbrp detik gitu. Baru cairan dimasukkan, sebaiknya diaduk balik sj yg ini. Sy belum berhasil mencampurkan cairan dg mikser. Tp jk diaduk balik semuanya sj lbh sedikit kemungkinan gagalnya. Selain itu dg tehnik aduk balik sepertinya cake lebih bervolume krn lbh banyak udara yg tertinggal di dlm adonan. Semoga bermanfaat ya teman2 :D

    ReplyDelete
  15. mba semalam aku coba ni resep , cantik dan lembut banget ga pake pengembang . cuma kok ga medok / ngembang gtu mba ,tapi aku ga liat seksama ,kalo harus di kocok barengan ...insya allah mau nyoba lagi penasaran deh , soalnya di bilang ibu masak bolu mu bantat terus heheh....malu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tanpa bahan pengembang biasanya memang tidak bisa mengembang tinggi banget. Klo mau yg mengembang tinggi dan lembut bisa coba cara pengocokan chiffon cake. Dipisah kuning dan putih telurnya. Putih telurnya dikocok sampai kaku.
      Mungkin bisa browsing2 resep chiffon cake :)

      Delete
  16. oh ya aku pake baking bukan otang ....nt mau nyoba pake otang

    ReplyDelete
  17. Mba, klo gak pake minyak sayur gpp?

    ReplyDelete
  18. Mbak telurnya 5 itu semuanya? pakai putihnya juga?

    ReplyDelete
  19. Iya benar, 5 telur utuh. Pakai putihnya jg :)

    ReplyDelete
  20. Mba..aku barusan praktek d dapur..cake nya ngembang dengan baik..tapi knapa rasanya padat ya...cake nya ga seringan cake di foto mba... ap mgkn telur yang ku pakai ukurannyalebih kecil ya?..perasaan timbang tepungnya sudah pas..cuman mmg pake terigu serba guna..mohon bantuannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai emulsifier atau tidak Mbak?
      Mungkin juga krn pengaruh telurnya yg lebih kecil. Tepung maizena nya berfungsi utk melembutkan, sebaiknya tetap pakai maizena.

      Delete
  21. Aku pake maizena nya mba..cuman pakai terigu serba guna..sedangkan mba pake cake flour.. yg aku skip cuman susu bubuk aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, saya pakai terigu protein rendah waktu itu. Klo pakai terigu serbaguna harusnya jg bisa lembut Mbak :)

      Delete
  22. semalam saya coba membuat cake ini, hasilnya tet..tet..bantet..:( . Padahal semua bahan dan steps sudah saya ikuti. Why????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor penyebabnya Mbak....cara pengadukan, suhu oven, dan lain-lain. Saya juga kurang mengerti penyebab bantatnya, mohon maaf tidak bisa membantu.

      Delete
  23. assalam ummi, ijin copas lagi yaa resepnya :)
    alhamdulillah kmrn berhasil bikin tanpa emulsifier. teksturnya emang ga padet kaya butter cake tapi ga se-spongy chiffon cake. emang gitu kah umm? takut salah, ga biasa bikin tanpa pengembang soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....silahkan Mbak. alhamdulillah jika berhasil. Iya teksturnya ga padat melainkan lembut tapi tidak seringan chiffon cake ataupun sponge cake.

      Delete
  24. Lha ini yang saya cari, dari kecil saya suka yang satu ini, makasih Ummi sudah berbagi

    ReplyDelete
  25. Mbak,saya pake api atas suhu 180derajat selama 35mnt.. tp ga mateng mbak... jd aku oven lg tuh..uj6ng2nya jd bantat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. O gitu...tergantung oven masing2 Mbak. Waktu mbikin ini saya pakai microwave oven pakai tapi atas. Kalau oven listrik mungkin beda lagi api dan suhunya ya.
      Tetap semangat ya Mbak...lain waktu dicoba lagi. Saya jg sering mbikin cake hasilnya bantat...hehe

      Delete
  26. Foto-fotonya bagus banget...

    Jadi inget kalau lebaran di Palembang. Di sana rata-rata pandai memasak kue bolu...

    Mungkin resep dari Ummi bisa jadi resep favoritku.

    Aku baru menyadari bahwa memasak bisa jadi obat stress juga ya.

    Makasih banyak Ummi sudah banyak berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak...makasih juga udah mampir kemari ^^
      Happy cooking n baking yaa ^^

      Delete
  27. Mbak...ini lg coba bikin. Td deg2 an krn nggak ngembang2. Ternyata pake api atas...wkwkk..yg bc nggak teliti. Tp smoga jadi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses ya Mbak...kalau gagal gapapa, dicoba lagi... Saya juga sering trial n error, bantat dsb....hehe

      tetap semangaatt ya Mbak ^^

      Delete
  28. Assalamualaikum mba cit, salam kenal. Kebetulan suami udah beberapa hari bilang pengen makan marble cake, cari2 resep nemu ini yang paling pas di hati (karena ga pake additive), semalam coba bikin, alhamdulillah ngembang mba,dan ga bantat..saya pake teknik aduk balik pas masukin mentega cairnya. Oiya, karena susu bubuknya saya skip juga, jadi terigunya saya tambahin jadi 160gr dan maizenanya jadi 20 gr, dan telurnya juga saya pake yang extra large..makasih resepnya ya mba, suami setengah loyang langsung abis begitu keluar dr oven..ehehehehe..langsung masuk di list resep favorite

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumusalam warohmatullohi wabarokaatuh...
      Waah...alhamdulillah berhasil ya Mbak...ikut senaang ^^
      Makasih juga udah sharing resep hasil modifikasinya...^^

      Delete
  29. Assalamualaikum ummi, salam kenal. Seneng banget liat web ini karena saya khusus nyari resep cake yang eksekusinya pakai microwave oven. Kebetulan saya punyanya microwave oven aja ummi. Oia, pertanyaan newbie nih ummi,loyang utk microwave oven seperti apa ya? Saya baca2 ga boleh pakai yang ada unsur logamnya ya, lah biasanya loyang cake kan logam ya. Mohon pencerahannya :)

    -aissa-

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum ummi... saya udah coba 3x. Alhamdulillah berhasil. Tp wktu ngeluarin dari loyang pinggirannya jd gkk mulus lg. Gmn cara ngeluarin yg bener ya ummi?

    ReplyDelete
  31. Cantik ya kuenya. Pasti rasanya juga tidak kalah dengan tampilannya. Ijin mau coba di rumah ya bunda

    ReplyDelete