Monday, October 21, 2013

Puding Zebra Kentang Keju




Bismillah....
Posting puding lagi yaa....puding ini adalah cemilan kami sekeluarga untuk hari ini. Memberdayakan kentang kukus yang nganggur di kulkas. Tadinya mau mbikin bingka kentang, berhubung stok telur menipis, ga jadi mbikin bingka. Berputar haluan jadi mbikin puding kentang keju ini. Saya paling suka cake kentang keju, perpaduan kentang dan keju selalu pas di lidah. Kali ini penasaran gimana kalo dibikin puding. Hmmm...ternyata benar, perpaduan kentang dan kejunya enaak, gurih dan tekstur puding ini lembuut banget...mirip puding karamel, jg mirip kue talam. Saking lembutnya sampai puding ini teksturnya agak lembek, tapi masih cukup kokoh untuk dipotong. Kalau dicetak di jar atau gelas mungkin lebih cocok ya. Tinggal nyendokin, lumer dimulut. Kalau dirasa-rasa, mirip kue lumpur tapi ini lebih lembek. Kejunya lumayan terasa, walau kurang dominan tapi tetep mbikin gurih. Coklatnya juga terasa...enak deh pokoknya *menurut saya hehe :D..... Alhamdulillah anak2 suka puding ini karena rasanya memang yummy dan lembuut ^^









Puding Zebra Kentang Keju

Bahan:
1 bks agar-agar plain
500 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir (bila kurang manis bisa ditambah)
30 gr keju parut
200 gr kentang kukus, kupas dan potong2
2 sdm coklat bubuk (bisa pakai pasta coklat)

Cara Membuat:
Blender kentang bersama air dan susu cair hingga lembut.
Kemudian campur dengan agar-agar bubuk, gula pasir, dan keju parut. Masak di atas api kecil sambil terus diaduk. Aduk terus supaya tidak gosong bagian bawahnya.

Masak sampai mendidih. Angkat.
Ambil 1/3 adonan puding, beri coklat bubuk atau pasta coklat. Aduk hingga coklat larut/rata. Sebaiknya menggunakan whisk. Jika kesulitan, larutkan dulu coklat bubuk dengan 1 sdm air matang, baru dituang ke adonan puding.
Tuang 2 sendok sayur adonan puding putih di satu titik, ditengah-tengah loyang bundar yang sudah dibasah sebelumnya (saya pakai loyang silikon). Lalu tuangi 1 sendok sayur adonan puding coklat di titik yang sama. Ulangi langkah ini hingga adonan puding habis.

Diamkan sampai puding mengeras atau setelah uapnya hilang/tidak panas, masukkan kulkas.
Sajikan dingin ^^





22 comments:

  1. ini kalo dibuat langsung di satu loyang, saking lembutnya ni pudding, susah gak ya motonginnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah terbayang bakal lembut dan agak lembek, saya pakai loyang silikon Mbak....jadi mudah untuk mengeluarkan pudingnya ini. Kalo motongnya, masih bisa kok dipotong rapi seperti yg terlihat difoto. Masih cukup kokoh utk dipotong ^^

      Delete
    2. di rumah gak punya cetakan silikon gede :( jadi ini tadi pake yg cetakan bongpas aja :D semoga bisa dilepas deh, hahaha....

      Delete
    3. pake cetakan bongkar pasang jg bisa ya Mbak....semoga hasilnya sesuai selera ^^

      Delete
  2. Assalamu'alikum, salam kenal ya ummi. Rima suka sm blog mbk, resep2nya enak ditambah lagi sm tampilan foto3nya yg cantik. rima ijin copas ya bbrp resep mb, slh satunya resep brownies yg menggunakan gluten free. Makasih ya, dah mau berbagi resep2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikumussalam waromatullohi wabarokaatuh....
      salam kenal jg Mbak ^^
      Silahkan Mbak.....jika ada resep yg cocok, monggo silahkan dicoba2 ^^

      Delete
  3. iiih cantik banget uummu..
    tap aku gak punya loyang silikonnya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...Mbak Ayu patungan beli loyang silikonnya sama Mbak Lina yaa :D

      Delete
  4. kentang emang bisa bikin lembut puding ya. Belum lagi ditambahi keju, jadi makin gurih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak.....kentang memang enak ya, mbikin lembut.....dibuat cake, roti, puding, kroket, apa aja bisa....rasanya itu lho...khas banget....

      Delete
  5. belum pernah bikin nie mi... kayaknya proyek wik en salah satunya puding kentangnya umi nih... :D
    numpang nyontek yaa.... ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mbaak....semoga anak-anak suka ^^

      Delete
  6. ummi lg rajin bikin puding nih.... ^_^
    aku malah pengen bikin puding blekpores umm...tp blm kesampaian....^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....lagi suka berpuding ria :D
      hmm....klo udah mbikin puding blackforest, kirim2 ksini ya Mbaak......saya blm tertarik nih mbikin puding blackforest.....lebih suka puding buah atau sayuran gini, buat cemilan sehat anak2...hehe :)

      Delete
    2. hehhe..puding blekpores jg sehat kok umm. pake susu dan coklat ..^_^

      Delete
    3. iya Mbak, coklat bubuk baik untuk kesehatan. Kalo dcc atau produk olahan coklat, mungkin yg harus dibatasi ya konsumsinya karena kandungan lemak, kadar gula dan kalorinya tinggi.....:)

      Ntar deh kalo punya krucil yg sedang dalam masa tumbuh kembang, pasti giat mbikin cemilan sehat yang kaya nutrisi ^^

      Delete
  7. Klo yang lembut & lumer di mulut kudu dicoba nich Ummi, anakku doyan bgt ama puding. Terbayang enaknya antara kentang, keju & coklat. makasih Ummu resepnya. ijin copas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2....monggo silahkan Mbak.....iya ini lumer di mulut....anak2 suka....krn dimakan dingin, jadi mirip es krim kali ya....hehe....:)

      Delete
  8. Salam kenal Ummi. Kemarin bikin 1/2 resep anak saya suka bgt. Sehari bisa makan 3 kali & tiap buka kulkas nunjuk2 pudingnya :D Memang enak banget sih, manis gurih & lembut. Warnanya juga cantik. Makasih yah buat resepnya.

    Indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak ^^
      wah, alhamdulillah kalau si kecil suka....anak2 saya jg suka ini, Mbak....
      iyaa rasanya manis gurih, mirip kue lumpur menurut saya tapi lebih gurih dan lebih lembek ^^

      Delete
  9. Assaamualaikum....ijin copy resep ya ummi...salam kenal...:)

    ReplyDelete