Tuesday, May 20, 2014

Tongseng Kambing Bumbu Petis

Bismillah....
Ini adalah request suami. Beliau pengen tongseng kambing. Resepnya sudah pernah saya posting dulu. Bedanya, kali ini bumbunya saya tambahkan petis dan irisan jahe. Alhamdulillah enak, sepintas mirip krengsengan kambing, tapi karena petis yang saya pakai cuma sedikit, rasa petisnya tidak terlalu dominan. Tongseng kambing ini selalu jadi favorit saya dan suami. Daripada gulai kambing, saya lebih suka tongseng ini. Mbikinnya juga lebih gampang....hehe...tapi rasanya, jangan ditanya, mantaabb.... olahan kambing mah selalu mantab yaa, rasa dan aromanya khas. Tapi walau begitu saya tidak sering-sering masak tongseng ini. Tapi sekalinya mbikin, selaluuu berasa kurang, tau-tau udah abis,..... soalnya tongseng ini mbikin nafsu makan bertambah, alias jadi sering makan dan nambah-nambah terus...hehe :))))





Tongseng Kambing Bumbu Petis

Bahan : 
1 kg daging kambing bertulang, potong2
1250 ml air atau secukupnya

4 lembar daun salam (kali ini lpa, tidak pakai)
4 cm lengkuas, memarkan
3 cm jahe, iris tipis
6 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
2 batang serai, memarkan

2 sdm bawang putih halus
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
4 butir bawang merah
10 buah cabe rawit, iris tipis
2 sdm ketumbar bubuk
1/2 -1 sdt merica bubuk
3-4 sdm petis ikan atau sesuai selera (saya pakai 3 sdm karena stok terbatas)
6-8 sdm kecap manis atau secukupnya

1/4 bh kol/ kubis, potong kotak2
1 buah tomat, potong2
1/2 cup mini tomato, belah 2 (bisa diganti tomat biasa)

garam dan gula palem secukupnya
minyak utk menumis

Cara Membuat :
Panaskan minyak. Tumis bawang putih halus, bawang bombay, cabe rawit, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam dan serai hingga harum.
Masukkan daging kambing, tambahkan air, kecap manis, ketumbar bubuk, merica bubuk, gula dan garam. Tambahkan petis ikan yang sudah dilarutkan dengan sedikit air hangat. Aduk rata. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. 
Menjelang diangkat, masukkan kol dan tomat. Masak sebentar hingga kubis layu. Cicipin rasanya, bila perlu tambahkan garam dan gula secukupnya, angkat.
Sajikan hangat-hangat ^^





3 comments:

  1. Replies
    1. Iyaa Mbak... Pedes seger sedaap ... Favorit sayaa ^^

      Delete
  2. Halo, Apa kabar Mbak Ummu?

    Salam kenal dari kami myTaste Indonesia

    Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep masakan yang sangat lezat dan menarik dan juga foto-foto masakannya luar biasa bagus-bagus.

    Kami dari myTaste Indonesia merekomendasikan agar blog masakan Anda berada di TOP FOOD BLOG dalam situs kami, myTaste adalah Jejaring Sosial bagi para pecinta masakan khas Nusantara di Indonesia dan juga di berbagai negara. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

    ReplyDelete