Thursday, July 3, 2014

Mango Lassi



Bismillah....
Pa kabar semuanya...Selamat menjalankan ibadah puasa buat teman-teman muslim di seluruh penjuru dunia. Tidak terasa kita memasuki ramadhan hari ke 5. Di Kumamoto, untuk ramadhan kali ini bertepatan dengan musim panas, puasanya jadi sedikit lebih lama daripada di Indonesia, yaitu shubuh pukul 03.33 sedangkan maghribnya pukul 19.31...kira-kira 16 jam. Kalau matahari terik-teriknya lebih baik ngadem di rumah aja...hehehe :)

Oiya, beberapa waktu yang lalu, di salah satu supermarket disini, ada sale mangga. Dari yang harganya 380yen menjadi 99yen, khusus setelah jam 4 sore. Alhamdulillah ada seorang teman yang berbaik hati membelikan, karena letaknya agak jauh dari rumah saya. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa merasakan mangga di musim panas ini. Mangganya lumayan enak, tidak terlalu matang, sebagian besar saya pake rujakan, baik rujak petis maupun rujak manis, sebagian lagi di cemilin gitu aja oleh anak-anak. Dan khusus mangga terakhir, saya biarkan hingga matang, untuk saya buat mango lassi. Terinspirasi dari postingan Mbak Tika Hapsari Nilmada di facebook. Makasih yaa Mbak Tika atas inspirasinyaa ^^




Apakah mango lassi itu? Hmm... Dari hasil penelusuran di google, ... lassi merupakan minuman yang berasal dari Pakistan dan India. Salah satu bahan utama Lassi adalah buah-buahan, namun ciri khas Lassi adalah penambahan yoghurt dan rempah-rempah (bubuk kayu manis, bubuk lada, dan bubuk pala). Bisa menggunakan plain yoghurt agar lebih nikmat dan juga sehat. Selain itu, pilih buah-buahan yang bercita rasa manis sehingga bisa menggantikan pemakaian sirup gula ke dalam lassi. (Sumber: carapedia)

Jadi mango lassi merupakan minuman perpaduan mangga dan yogurt. Kali ini saya tidak menggunakan rempah-rempah sebagai taburan toppingnya, melainkan pakai 1 sdt pure mangga, 1 sdt yogurt, dan potongan strawberry. Kalau tanpa taburan rempah gini masih layak disebut mango lassi atau tidak yaa ? :D

Pembuatannya mudah banget, tinggal blender mangga bersama yogurt dan air es atau potongan es batu hingga lembut. Segera sajikan dingin. Mango lassi ini salah satu menu berbuka beberapa hari yang lalu. Anak-anak suka sekali, alhamdulillah. Berikut ini detail resepnya :





Mango Lassi

Bahan-bahan :
1 buah mangga (berat sebelum dikupas 450 gr), kupas, ambil daging buahnya, potong-potong
300 gr yogurt plain
50-75 gula pasir (optional, bisa ditambah atau dikurangi)
300 ml air dingin atau air es (bisa pakai es batu)

Cara Membuat :
Blender mangga bersama air es dann gula hingga lembut, sisihkan beberapa sendok makan untuk topping.
Tambahkan yogurt, blender kembali hingga rata.
Tuang mango lassi di gelas saji, beri topping 1 sdt pure mangga dan 1 sdt yogurt. 
Sajikan segera ^^ 









6 comments:

  1. Hmmm... psti syeger bgt ya mi...

    Kalo di jepun, mangga itu disebutnya apa mi? Gede juga yah 1 buah 450gr...
    :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa segeer....bahasa jepannya mangga, sama seperti bahasa Inggrisnya, disebut manggo...karena kata serapan, buah mangga bukan berasal dari jepang, biasanya diimpor.

      Nama buah-buahan tropis biasanya diambil dari kata aslinya dalam bahasa Inggris. Misalnya pisang=banana, nanas= painapuru ( dari kata pineapple), melon=meron, dll.

      Klo buah yang subtropis, disini banyak tumbuh, misalnya semangka=suika, apel=ringo, jeruk=mikan, cherry=sakuranbo, dll.

      Mangganya lumayan gede, kemarin sempat saya timbang, kira2 450gr, kadang ada yang lebih kecil 300gr, biasanya mangga Meksiko, Brazil atau Venezuela....

      Delete
  2. segeer banget yah umm ngebayanginnya asem-asem manis gitu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segeer Mbak....mangga memang cocoknya sama yogurt, kesukaan anak2 ini ^^

      Delete
  3. heheh... lagian agak aneh dilidah mungkin ya kalo pake rempah2 [belum biasa]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.... Iya bener, malah mengurangi selera :D

      Delete