Wednesday, August 29, 2012

Cinnamon Roll Bread

cinnamon roll bread

Cinnamon Roll Bread

Bahan roti :
200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein rendah
1 butir telur
70 gr mentega
70 gr gula pasir
70-80 mL susu cair/air
1 sdm dry yeast (ragi instan/fermipan)

Isi  :

campur menjadi satu : gula pasir, bubuk cinnamon (kayu manis), dan kismis secukupnya.
untuk olesan isi : putih telur

Olesan roti :
kuning telur dicampur 1 sdm air/susu cair


Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, ragi instan dan gula pasir. Tambahkan telur dan mentega, campur hingga rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan). Hentikan penambahan susu bila adonan sudah cukup kalis. Bila adonan terlanjur lengket tambahkan tepung seperlunya. Diamkan 45 menit di dalam wadah yang ditutup plastik wrap, sampai adonan mengembang.

2. Bagi adonan menjadi 2 atau 3. Gilas masing2 adonan membentuk persegi panjang besar. olesi permukaannya dengan putih telur, kemudian taburi dengan bahan isian. Gulung adonan dari sisi yg panjang sambil dipadatkan. Rekatkan tepi adonan dengan putih telur.

3. Potong-potong adonan setebal 3-4 cm. Tempatkan dalam cup kertas. Atur berjarak dalam loyang. Tutup adonan dengan selembar plastik, lalu diamkan 30-45 menit sampai mengembang. (terkadang sy diamkan 15-25 menit aja:))

4. Olesi permukaan roti dengan kuning telur, kemudian panggang dalam oven suhu 180 deg C sampai roti matang . (sy pake microwave oven, suhu 160 derajat selama 15 menit, dan dilanjutkan 140 derajat selama 5-8 menit).



cinnamon roll bread

Udah beberapa kali mbikin cinnamon roll bread ini. Sukaa sekali dengan wanginya. Harum menggugah selera. Paduan cinnamon dan kismis...hmm bener2 pas. Love it :))))


cinnamon roll bread

Awalnya anak2 kurang suka, karena sering mbikin akhirnya lama2 mereka doyan juga :) Oya, bubuk cinnamon ini asli dari kayu manis yang sy bawa dari tanah air. Dulu nekat saya miller sendiri, hehe....trus simpan di toples, masih ada sampai sekarang. Waktu itu belum tau klo di toko lokal sini  ternyata jual bubuk cinnamon :)

cinnamon roll bread


Note : Untuk proses menguleni adonannya kali ini sy menggunakan bread maker/ home bakery. Seringkali sy uleni manual pakai tangan, hasilnya juga sama empuknya dg menggunakan breadmaker :))))

6 comments:

  1. mantapp sekali,,,,saya yakin ank2 saya juga suka,TFS y mbx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak....Mbak Nisa pasti jg sering ngroti yaa....
      cinnamon roll bread ini wangiiii,...sukaaa sekali, anak2 yg awalnya ga suka malah jd doyan, request minta dibuatin lagi....hehe....

      Delete
  2. mba ciiiit...aq suka iniii...bener banget wangii banget, ga tahan kalo masih ada sisa, hihihi... :D

    aq udah follow blognya yaaa.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa Mbak Asrida, sy sekeluarga jg sukaaa...bahkan anak2 jg lho....langsung ludes, motonya aja ngumpet2. Kan mbikinnya malam2, motonya pagi2 pas anak2 pada belum bangun, begitu pada bangun, lgsg ludess dlm hitungan meniiit....hehe :))))
      Makasiih Mbak, udah follow..... ^^

      Delete
  3. Mom ..., kepengen nyobain cinnamon roll yang ini juga :)
    Btw, bisa ngga ya mom, klo nguleni nya malem (sampai selesai proses fermentasi dan siap oven) tapi trus proses oven nya besok pagi nya (Jadi adonan rotinya saya simpen di freezer)

    Saya pernah nyoba adonan donat kentang dan roti kentang dengan proses seperti itu, hasil akhirnya masih sama enak dan empuknya seperti biasanya :) jadi saya sering nguleni adonan nya hari Minggu, di oven beberapa dan sisanya simpen di freezer untuk bekal sekolah saat week day (maklum mom, sy emak pekerja) Jadi saat hari sekolah, saya tinggal oven adonan rotinya / goreng adonan donat kentang nya dan jadi deh bekal sekolah untuk kakak Taka :)

    Hehe, maunya bisa dijadiin peluang usaha juga mom. Jadi homemade adonan roti dan donat :)

    Terima kasih sudah berbagi ya mom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah nyoba nyimpen adonannya di freezer Mbak, dari pengalaman Mbak Wira mbikin donat kentang dan roti kentang, kayaknya bisa dicoba utk cinnamon roll ini Mbak....praktis ya, jadi frozen dough....seperti klo kita mbikin frozen food, seperti kata Mbak Wira, seperti bisa dijadikan peluang usaha juga :)

      Terima kasih juga sudah berbagi pengalaman ya Mbak...kapan2 saya coba :)

      Delete