Tuesday, August 7, 2012

Risoles



risoles


Kali ini saya membuat risoles untuk cemilan buka puasa hari ini. Untuk resepnya saya pakai resep Risoles-nya Mbak Hesti Saifuddin dengan sedikit modifikasi....makasih banyaaak yaa Mbak Hesti atas resepnya, yummy ^^

Risoles 

Bahan :

150 gr terigu protein tinggi (ummi: pakai terigu protein sedang)
1 sdm susu kental manis
2 butir telur
300-325 ml air (tergantung mau tebal atau tipis hasilnya, semakin encer semakin tipis)
1 sdm margarin cair
minyak untuk menggoreng

Bahan isi :

150 gr daging giling (ummi: pakai daging ayam giling)
1-2 buah wortel, potong kotak kecil
1-2 buah kentang, potong kotak kecil
2 batang daun bawang
2 batang daun seledri
 terigu sedikit untuk pengikat

Bumbu halus :

3 siung bawang putih (ummi: 1sdt bawang putih halus)
2 siung bawang merah (ummi: ommit)
1/2 sdt merica
garam secukupnya
gula secukupnya
(ummi: tambah 1/2 sdt pala)

Baluran :

1 butir telur, kocok lepas
tepung panir secukupnya


Cara Membuat :


  • Bahan isi : tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan daging cincang. masak sampai berubah warna lalu masukkan kentang dan wortel. Masak sampai agak lunak. Kalau perlu tambahkan sedikit air saja. Cicipi rasanya dan tambahkan gula atau garam sesuai selera. Sebelum mematikan api, tambahkan daun seledri dan daun bawang, aduk rata. Taburi sedikit terigu hingga tumisan terlihat agak menyatu (supaya pada saat diisikan ke dalam kulit tidak berhamburan). Aduk rata beberapa saat. Matikan api,  dan dinginkan.
  • Dadar : Campur semua bahan kering. aduk rata, tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk sampai didapatkan kekentalan yang sesuai. Saring. Tambahkan margarin leleh. aduk sampai tercampur rata. Diamkan 15 menit. Buat dadar tipis tipis sampai adonan habis. Beri isi lalu gulung, lem dg sisa adonan kulit. Gulingkan ke dalam tepung panir hingga merata. Simpan di lemari es selama 30 mneit agar panir menempel sempurna.
  • Penyelesaian :siapkan minyak yang banyak di wajan. Panaskan dengan api sedang, goreng risoles hingga kekuningan. Angkat, tiriskan diatas tisu makan. Sajikan dengan daun bawang dan cabe rawit/saus sambal.



risoles




No comments:

Post a Comment