Friday, April 26, 2013

Mie Ayam (2)




Bismillah....

Alhamdulillah suhu di kumamoto sudah mulai menghangat bbrp hari ini. Sudah ga pernah lagi menyalakan AC pemanas, tapi klo mandi dan cuci piring tetap pakai air hangat. Dan alhamdulillah, flu saya sudah berangsur sembuh. Seneng banget bisa beraktifitas normal seperti biasa, cuma kaki yang terkilir masih belum sepenuhnya sembuh. Tapi tetap sy pakai jalan seperti biasa, semoga segera membaik dalam bbrp hari kedepan. Terima kasih banyak, jazakumulloh khoiron katsiron atas doa temen2 semuanya. Semoga Alloh senantiasa melimpahkan kesehatan dan rahmatnya kpd kita semua. aamiin....

Kali ini posting mie ayam, sebenernya ini adalah menu weekend kemaren. Baru terposting skrg. Dulu udah pernah posting mie ayam sederhana, resepnya simple tapi enaak. Kali ini mencoba resep dengan bumbu yang lebih lengkap dan utk kuahnya pakai bumbu yang sama dengan bumbu tumisan ayam, tapi minus kecap, terinspirasi dari teman saya di kumamoto sini, Mbak Dyah Puspitosari. Dan hasilnya alhamdulillah weeenaak,  suami dan anak2 suka banget, tumisan ayamnya manis gurih dan kuahnya bener2 sedap guriiiih.  Makasih yaa Mbak Dyah atas inspirasinya.... ***peluuk ^^





berikut ini resepnya :

Mie Ayam

Bahan:
1/2 kg daging ayam boneless, rebus dg 1500ml air. sisihkan kaldunya untuk kuah
250 gr mie kering, rebus dan tiriskan. beri minyak sayur 1 sdm, aduk. (kali ini sy pakai mie basah, blansir/siram dg air panas)
1 ikat sawi, potong2. rebus dan tiriskan.
minyak goreng utk menumis bumbu

Bumbu halus, tumis hingga harum : 
5 siung bawang putih
6 bh bawang merah
5 butir kemiri
1 ruas (1 ibu jari) kunyit
3 cm jahe
3-4 cm lengkuas
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk

Bumbu tumisan ayam :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
3 sendok sayur air kaldu ayam atau secukupnya
kecap manis secukupnya
garam dan gula secukupnya

Bahan kuah :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
1250 ml kaldu ayam (air rebusan ayam)
garam secukupnya
sejumput gula
Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga harum, bagi menjadi 2 bagian, separuh dipakai utk bumbu tumisan ayam, separuhnya lagi utk bumbu kuah.
2. Tumisan ayam : Potong kecil2 ayam yg sudah di rebus tadi. Panaskan minyak di wajan, masukkan separuh bagian tumisan bumbu halus. Masukkan potongan2 ayam . Tuangi air kaldu ayam. Tambahkan kecap manis, bila perlu tambahkan merica bubuk, garam dan gula secukupnya.  Cicipi rasanya. Untuk rasa tumisannya ini, sedikit asin dominan manis. Jika bumbu sudah meresap pada ayam, matikan api.
3. Kuah Mie : Didihkan kaldu ayam, masukkan separuh tumisan bumbu halus. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Untuk kuah, rasanya dominan asin. Angkat.
4. Penyajian : tuang mie pada mangkuk, tambahkan kuah mie, aduk rata. Tambahkan sawi rebus dan tumisan ayam diatasnya. Sajikan dg saus sambal ^^







25 comments:

  1. Alhamdulillah jika sudah sehat um. Semoga bisa lebih fit lagi dan kakinya pulih seperti sediakala, aamiin....
    Di sini udah 10 hari hujan terus dan dingin banget. Cucok ni kalo makan mi ayam, nyam nyam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...makasiih Mbak, semoga Mbak Rina jg selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan :)
      wah, disana hujan terus ya Mbak? tapi ga sampe banjir kan? hujan2 emang cocoknya ngemil yang anget2, apalagi yang berkuah2 seperti bakso atau mie ayam gini :)

      klo disini hujannya biasanya klo pergantian musim, sekalinya hujan seharian ga berhenti2, tapi ga terlalu deres biasanya :)

      Delete
  2. Replies
    1. hihihi...mbikin yuuk Mbak, disajikan dg saus sambel yang pedes makin mantab lho Mbak ;)

      Delete
  3. nyam nyaaaaaaam..... ummmu....
    lama banget gak bikin mie ayam rumahan...

    semoga lekas sembuh seperti sedia kala um:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....makasiih Mbak ^^

      disana banyak warung mie ayam ya Mbak, biasanya jd males mbikin sendiri ...hehe...tapi klo Mbak Ayu mah selalu rajin, ga ada malesnya :)

      Delete
    2. banyak um, cm mecinnya jg banyak jadinya kl abis mkn mie ayam jadinya migren gak ketulungan, makanya sy jarang mau beli mie ayam kecuali kl kepepet:D

      Delete
    3. iya kah Mbak? biasanya di sby beli mie ayam, yg lewat di perumahan, ga terlalu banyak vitsinnya kayaknya.... klo bakso2 di kios2 dan pedagang keliling, kuahnya yang biasanya banyak vitsin2nya :(

      Delete
  4. Mangkuk bulat yang dibelakang itu cantik ya, um :) Mienya saya gak bakal nanya, karena kelihatan dari penampilannya saja sudah pasti enak.....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...makasiih Mbak....itu yang dibelakang sebenernya gelas Mbak, bentuknya unik dan sy suka dg motif gambarnya :)

      Mbak Lisa Donna mah jagoan masak ya, pasti udah sering mbikin mie ayam yg sedap, jaminan mutu :))))

      Delete
    2. Belum pernah bikin mie ayam, um.... Disini banyak yang jual :) Jago? Ayam kali....:D Udh lama pengen bikin mie ayam yang komplit, tapi giliran ayamnya ada, jamurnya gak ada. Pas jamurnya sudah dibeli, eh kecapnya yang dah habis..... Ujung-ujungnya masak melenceng dari niat semula :(

      Delete
    3. hehe....belum berjodoh masak mie ayam ya Mbak :)
      walau masaknya melenceng tapi pasti sedaaapp....:) kdg klo kepepet baru muncul ide resep masakan yang enak2 ^^

      Delete
  5. mau banget mba umm... belum pernah nyoba bikin mie ayam sendiri nih... padahal anak perempuanku doyan banget ama mie ayam. Propertinya smkn aduhaii nih hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama di sby dulu, sy jg belum pernah mbikin sendiri Mbak, smenjak dikumamoto sini jadi mbikin macem2, krn klo beli ga bakalan ada...hehe...

      makasih, props nya disini memang unik dan lucu2 :)

      Delete
  6. Assalamualaikum wr.wb. Ummi, mau tny tp resep lain:bgm tips membuat puding coklat (agar2, susu kentl manis, coklat bubuk, coklat blok) spy waktu ud dingin lapisan agar2 tidak misah..saya buat koq ad lapisan agar2ny jdny kurang yummi n cantik, trimakasih ummi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      maaf Mbak, sy belum pernah mbikin puding coklat yg pake dcc...nanti kpn2 sy coba browsing2 resep dan tipsnya, dan klo sempat pgn nyoba mbikin jg...
      maaf utk saat ini blm bisa membantu ...

      Delete
  7. Assalaamu'alaikum, salam kenal Ummiii. Makasih resepnya yaa.. Udah saya praktekin dan hasilnya bginih *angkat 2 jempol* :D
    Ijin follow blognya yah Um.. Foto2nya T.O.P dan yang paling penting cucok ma resep2nya. Pas pula takarannya, sama2 masak buat keluarga besar soalnya. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...alhamdulillah klo cocok Mbak.... Makasih jg udah nyobain resepnya dan di follow ^^
      Waah..., sama2 keluarga besar ya Mbak...,pasti jg seru dan heboh klo masak2.... Hehe..,

      Delete
  8. bu ummu minggu kmren saya nyobain ini,,,trimakasih ya buu...

    ReplyDelete
  9. Mbaa.....saya mau buat inih, doakan semoga berhasil ya...arigatou resepnya

    ReplyDelete