Tuesday, August 21, 2012

Mini Donut

mini donut


Lagi garing di rumah ga ada camilan, sesekali mbikin cemilan dg bahan terigu. Akhirnya cari2 resep, hmm..jd kepengen mbikin donat. Untuk resepnya, saya pakai resep Donat Almond nya Bu Fatmah Bahalwan, NCC-Indonesia, tapi saya hanya pakai 1/2 resep saja. Donatnya sy buat kecil2 tanpa lubang ditengah, jadilah mini donut :) Resep setelah modifikasi :


Resep Mini Donut

Bahan A:
250 gr  tepung terigu protein tinggi
50 gr   gula pasir
5,5 gr  ragi instant/fermipan/dry yeast
2 btr   kuning telor
100 ml  air

Bahan B:
50 gr  mentega/margarine
1/2 sdt     garam

Bahan C :
Mentega, untuk olesan
Meses

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. (Bila adonan terlalu lembek, tambahkan tepung secukupnya, sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.)
  2. Bulatkan adonan istirahatkan 10 menit. lalu potong2 dan timbang masing2 20gr.
  3. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yg sudah dipoles mentega dan ditabur tepung, istirahatkan 20 menit. 
  4. Goreng hingga matang. Tiriskan. Dinginkan.
  5. Setelah dingin, olesi mentega dan taburi meses.

donat mini


Alhamdulillah donutnya enak, empuuk....semua sukaaa....Oya, untuk proses mengistirahatkan donatnya, setelah di bentuk bulat2, mestinya diistirahatkan 20 menit. Waktu itu saya tinggal ke pasar, hehehe...jadinya diistirahatkan sampai 1 jam-an....malah jadi tambah empuuuk ^^
Tadinya saya bentuk bola2/bulat2 mau dijadikan sate donat, eeh...ternyata waktu mau di goreng, adonannya sama Zahra (putri ke-2 saya), diteken2 dipenyet2....ga bola lagi deh bentuknya, jadi bentuk kayak di foto ini...hehe....abis dipenyet2 gitu, udah langsung sy goreng, ga saya bulet2in lagi. Apapun bentuknya kayaknya ga masalah buat anak2....hehe...the most important is the kids love it ^^

mini donut


Tips Membuat Donat :
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun. 
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis. 
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah. 
  • Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.
  • Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).
  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.
Sumber : NCC Indonesia


donat mini


15 comments:

  1. Replies
    1. sama2 Mbak.....alhamdulillah klo sukses mbikin donutnya :)
      makasih udah mau nyobain resepnya ^^

      Delete
  2. Insya Allah besok saya coba resepnya ya umm, jazaakillah khoir resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak.... :))
      wa anty jazaakillahi khoiron katsir. Sama2 Mbak....makasih jg udah mau nyobain resepnya, semoga berhasil ^^

      Delete
  3. resepnya bner empuk, mkasi mba :)
    klo resep donat jco uda prnah nyoba nda mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak, makasih udah berkunjung ^^
      Sama2 Mbak....makasih jg udah nyobain resepnya :)))
      Klo resep donat jco sy belum pernah Mbak....pas di sby jg belum pernah beli donat jco ....jd pengen nyobain, ntar kpn2 klo udah nyoba, sy posting insyaAlloh ^^

      Delete
  4. tadi gak sengaja ngeliat resep ini di widget box...langsung terpana sama penampakan propertinya um..kereen banget...
    donatnya jugaaa...lama sekali gak makan donaat...pokoknya asal ada coklatnya aja pati sukaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...props nya produk daiso Mbak, murmer... :p
      iyaa, sy jg lama gak mbikin donat, ga ada meses, jd males mbikin....:D

      Delete
  5. linda y kurniawanMay 29, 2013 at 10:42 PM

    Salam kenal mba... Aku udah nyobain resepnya enak dan empuk ya walaupun ga pake susu bubuk tetep yummmyyy...thanks resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mbak ^^
      iya Mbak...empuuk bangeet ini donutnya...saya juga seringnya ga pakai susu bubuk Mbak....krn disini susah cari yg halal :)

      Delete
  6. Makasih banyak mbk... Saya sudah coba resep donatnya.. Teksturnya empuk banget...

    Salam

    Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak.... Iyaa empuuk....Alhamdulillah klo cocok :)

      Delete
  7. salam kenal, donatnya lumer & lembut di mulut,saya kira tadinya donatnya akan keras karena kata teman saya kalo gak pakai kentang gak emput. makasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak...donat resep ini memang empuk... Bisa dipakai untuk resep roti juga ^^

      Delete
  8. kereeeen mbak ..
    den ijin share dan save ea .. ^_^

    ReplyDelete