Wednesday, February 27, 2013

Potato Balls

potato balls

Bismillah....
Di jepang sini, kentang, ubi, talas adalah umbi2an yang banyak dijumpai...hampir di setiap musim selalu ada. Akhirnya kami sekeluarga jadi terbiasa mengkonsumsi, seringnya sih di kukus. Jadi selalu nyetok kentang, ubi dan talas. Dan tiap bbrp hari sekali jg selalu ngukus umbi2an tadi, buat cemilan disamping buah :) 
Nah, kali ini kentang kukusnya coba sy olah lagi, mbikin yang gampang2 aja, asal cemplang cemplung dan goreng sreng ^^

Kali ini mbikinnya cepet krn dibantuin oleh kedua putri sy Zahra (6th) dan Aisyah (3 th), sementara Mas Faruq (8 th) masih belum pulang dr sekolah. Faruq biasanya sekolah sampe jam 3 sore, klo hari selasa malah pulang jam 4. Perjalanan rumah-sekolah harus ditempuh jalan kaki utk anak SD (tidak boleh diantar atau naik sepeda), sekitar 30 menit lamanya klo dr rmh kami. Jadi nyampe rmh udah sore, jam setengah 4 atau malah jam setengah 5 sore :) 

Krn udah terbiasa, Faruq ga pernah ngeluh soal jalan kaki ke sekolah ini, saat berangkat atau pulang sekolah dia jg biasanya berjumpa teman2nya di jalan terutama temannya yang rumahnya searah, berdekatan atau malah lebih jauh dr rumah kami :)

Kembali ke soal kentang lagi ya...potato balls ini mbikinnya seperti kroket, tapi ga pake isi di tengah. Tapi kentang kukusnya setelah dihaluskan, sy campur dg bahan2 sayuran lainnya, di aduk jd satu di bulat2, dibalut tepung roti/panir dan digoreng.



potato balls

Potato Balls

Bahan :
425 gr kentang kukus, kupas dan haluskan
1 sdm margarin
1 1/2 sdm tepung terigu atau secukupnya (sampai adonan tidak lembek)
1 sdm bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula sejumput


1/2 buah bawang bombay, rajang halus
1 buah wortel, kupas dan serut (parut dg parutan keju)
1 buah paprika merah dan hijau ukuran kecil, iris tipis dan cincang (optional, bisa diganti buncis yang diiris tipis)
daun bawang secukupnya, iris tipis (*ummi : ga pakai, ga ada stok)
(jika suka, tambahkan keju parut secukupnya)

minyak untuk menggoreng

Pelapis:
1 butir telur, kocok lepas
tepung roti/panir/panko secukupnya

Cara Membuat :
  • Usahakan kentang benar2 halus, tidak ada bongkahan, sehingga mudah dan tidak mudah pecah saat di bulat2. 
  • Campur kentang kukus dengan margarin, bawang putih halus, merica bubuk garam dan gula, aduk hingga rata. 
  • Setelah margarin rata dengan kentang, baru masukkan tepung. Aduk lagi hingga  tepung tercampur rata.
  • Masukkan bawang bombay dan bahan2 sayuran lainnya, aduk2 hingga sayuran rata dan adonan siap untuk di bulat2kan. Jika adonan terlalu lembek dan susah untuk dibulat2kan, tambahkan terigu secukupnya.
  • Ambil sesendok adonan, kepal2 dengan telapak tangan hingga solid/padat lalu bulat2kan hingga membentuk bola.
  • Masukkan bola2 kentang tadi ke dalam kocokan telur, gulingkan di tepung panir. 
  • Lakukan hal yang sama hingga adonan kentang habis.
  • Panaskan minyak di wajan, goreng bola2 kentang hingga coklat keemasan.
  • Angkat dan sajikan dengan saus sambal atau mayones ^^ 

Mudah banget mbikinnya kan....yang saya buat ini full sayuran, saat sdh matang paprikanya masih kerasa kres kres...sayangnya anak2 cuma makan sedikit, katanya mereka krg suka dg paprikanya yang kres kres....padahal biasanya klo paprikanya dibuat pizza, mereka doyan...yaah, lain kali mbikin yang ga pake parika deh, diganti buncis yang diiris tipis2. Berhubung saat musim dingin gini buncis lagi ga musim, sy pakai parika :) Oya, klo ingin lebih gurih dan yummi, adonan kentangnya td bisa ditambah keju parut  ^^

20 comments:

  1. assalamu'alaikum ummu fatimah... Sy sukaaaaa sekali dg cerita2 mba di balik resep2nya yg simple dan maknyuuus...
    De faruq kok ga boleh d antar mba? Memangnya kenapa? Apakah aturan sekolah d Japan ky gitu ya mba?
    Salam kenal.... Photo'y cantik2... Kreatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....salam kenal Mbak, makasih udah berkunjung ^^
      Iya Mbak, peraturan SD negeri di jepang sini, anak2 harus jalan kaki ke ke sekolah. Ga boleh diantar ataupu naik sepeda. Makanya biasanya anak2 sekolah di SD terdekat dengan rumah mereka. Dalam hal ini pemerintah yang menentukan, anak ini mau masuk SD mana. Semua SD negeri disini sama kualitasnya jadi ga masalah mau masuk SD yang mana, yang penting yang terdekat dg rmh :)
      Biasanya anak2 berangkat sekolah nanti di jalan bertemu teman2nya yg rumahnya searah, jalan bareng2...masuk sekolahnya jam 8.10 pagi. Siang ya utk ukuran indonesia, krn saat musim dingin gini, matahari terbitnya jam 7 pagi :) Rute ke sekolah juga ditentukan, dipilih rute yang relatif sepi dr kendaraan bermotor. Dan saat pulang sekolah, jg gitu bareng2 dr sekolah yang rumahnya searah, biasanya saat pulang sekolah (sy belum pernah menjumpai saat berangkat sih :)) ada sekelompok orang tua (sukarelawan) yang menjaga di titik2 tertentu, utk menjamin keselamatan anak2 saat pulang jalan kaki dr sekolah itu. Krn saat sore kendaraan relatif lebih rame. Jam masuk kantor2 atau kampus disini lebih siang dr jam masuk sekolah SD, yaitu jam 9 atau jam 10. Jadi saat anak2 SD berangkat sekolah biasanya jalanan relatif lebih sepi dr kendaraan bermotor. Di setiap jalan raya/ jalan kecil disini jg ada garis/ line putih di tepi jalan, batas khusus untuk pejalan kaki ^^
      Jadi saat berjalan kaki ke sekolah anak2 itu dengan sendirinya berjalan teratur di dalam batas line putih tadi ^^

      Delete
  2. Wah... Baca ceritanya ummu saya makin takjub sama negri sakura. Pemerintah dan pihak sekolah sampai memperhatikan hal sedetail itu. Mereka memang maju (sangat maju malah) dlm hal teknologi namun tdk menghilangkan tradisi yg baik2 ya. Subhanalloh sekali.. :)

    ngomong2 saya jg cukup sering buat camilan ini bareng sepupu. Tp gak pake margarin gantinya 1 buah telur d adonan. Emang enak banget. Apalagi pas digoreng, wangi kentangnya ke mana-mana. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...masalah pendidikan, kesehatan, keselamatan, kebersihan, keamanan dll disini bener2 diperhatikan banget oleh pemerintah, sampe hal2 yang sekecil2nya...masyarakatnya pun jadi terbiasa disiplin dalam segala hal...:)

      Di sekolah anak2 jg dibiasakan disiplin dan hidup bersih, di saat memasuki bangunan gedung sekolah anak2 berganti sepatu dg sepatu khusus dalam ruangan. Sepatu luarnya disimpan di loker. Sepatu dlm ruangan dibawa ke sekolah setiap senin dan dibawa pulang tiap jumat utk dicuci (ada kantung khusus utk tempat sepatu ini:)). Jika ada pelajaran olah raga jg ada tas kain khusus utk baju olah raga. Jika pinjam buku ke perpustakaan, ada tas khusus utk buku. Bener2 serba rapi dan teratur :)

      Setiap harinya anak2 membawa kantung kain berisi sapu tangan utk mengeringkan tangan setelah cuci tangan dan kain alas makan (utk makan siang di sekolah). Di dekat masing2 kelas ada deretan kran utk minum dan sabun utk cuci tangan. Air kran disini layak minum semua :)

      Menu makan siang benar2 diperhatikan gizi dan kalorinya, ada list menu setiap bulannya, dengan detail informasi kalorinya. Saat penyajian makan siang pun, ada pembagian tugas (bergiliran) yaitu beberapa anak (memakai apron khusus dan masker) bertugas mengambil makanan di dapur sekolah. Jadi anak2 hidup bersih, sehat serta dilatih mandiri sejak kecil... :)

      Delete
  3. As'salamualaikum Ummu

    selalunya bila sudah ada didepan mata rezeki yang diberikan pasti berbagi resep kita boleh coba kan. Pati anak2 kak ct juga suka, nanti bisa dicoba. Oh ya makasih ya diatas pudding rotinya, udah 2 kali kak ct coba anak2 juga suka sama sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh, Kak CT ^^

      Silahkan dicoba Kak CT, resepnya bisa dimodifikasi sesuai selera Kak CT sekeluarga, semoga cocok dan suka :)
      Wah, alhamdulillah.... jika Kak CT sekeluarga suka dengan puding roti-nya, sy sekeluarga pun suka dan cocok dg puding roti resep Bu Fatmah itu ^^

      Delete
  4. semacam perkedel, disayurin, trs ditepung rotiin ya um....

    eh, coba ya aturan sekolah disini sama, sy gak usah bolak balik nganter2 Kirei:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibilang perkedel jg boleh, dibilang kroket jg boleh, kroket abal2 ya Mbak...hehe...mbikinnya suka2 aja, yg penting enak ^^

      Wah, Kirei udah sekolah ya Mbak? TK atau SD? klo TK di sini harus diantar orang tua Mbak. TK masuknya lebih siang, yaitu jam 9 pulangnya jam 2.
      Untuk anak2 yg kedua orang tuanya bekerja, biasanya anaknya di sekolahkan di TK yang sekaligus penitipan anak (setelah jam pulang sekolah sampai orang tuanya selesai bekerja, biasanya jam kantor sampe jam 5 sore).

      Disini jg ada banyak tempat penitipan anak gratis, yg disediakan pemerintah, khusus utk anak2 (balita sampai SD) yg kedua org tuanya bekerja atau utk Ibu yg hamil besar sampai sebulan setelah melahirkan. Krn tenaga manusia disini mahal ya, ga ada yg namanya asisten rumah tangga...hehe ....ongkos potong rambut disini aja paling murah 100ribu (utk laki2), ongkos tambal ban 200ribu, ongkos tukang bbrp jam aja udah 500ribu...mahal ya :)

      Delete
  5. pingin nyolek... kentang selalu enak diapain aja ya umm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak...kentang diolah apa aja selalu enak dan mengenyangkan ^^

      Delete
  6. Assalamu'alaikum Ummu....

    Selain suka liat resep dan fotonya, saya juga suka baca cerita Ummu ttg pendidikan di jepun (baca dr teman2 lain juga sih). Kayaknya sistem pendidikan Indo perlu nyontek tuh, spy anak2 gak manja dan punya jiwa sosial yg tinggi, selain sekalian buat olahraga :D. Emang jepang oke nih membentuk karakter anak dr kecil, kan kalo dibiasain dr kecil bakal kebawa sampai gedhe nanti2 *top deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...Mbak Tata ^^

      Sy jg ngefans dg foto2 dan kreasi bento Mbak Tata...semuanya keren2, bener2 salut dg kreatifitas dan ketelatenan Mbak Tata nih :)

      Iya Mbak, sistem pendidikan di Indonesia mgkn perlu belajar banyak (studi banding ciee...) dr sistem pendidikan di jepang sini. Di TK dan SD sini lebih ditekankan masalah pendidikan karakter, disiplin dan moral, jg melatih kebiasaan hidup sehat dan bersih sejak masa kanak2 :)

      Pelajaran sekolah utk SD yg paling utama (kualitasnya lebih banyak) dlm seminggu adalah matematika, bahasa jepang (japanese) dan olah raga (3-4 kali pertemuan dlm seminggu). Selebihnya pelajaran moral, art (keterampilan), life (gabungan IPA & IPS), writing japanese, music.

      Sejak dini anak2 di ajarkan utk mencintai olahraga. Olahraga yg di prioritaskan di SD adalah renang, lari, dan lompat tali. Saat musim dingin, setiap pagi saat sebelum pelajaran dimulai, anak2 diminta berlari keliling lapangan olahraga (outdoor), supaya badannya lebih hangat mgkn ya. Jadi saat memulai pelajaran bener2 fresh, ga malas2an :)

      Setiap harinya ada jam khusus, sifatnya santai bukan pelajaran olahraga, utk berlatih lompat tali, sampai mempelajari 10 macam gerakan lompat tali atau bahkan lebih :) saat libur awal musim dingin kemaren jg anak2 diminta latihan dirumah, ada form isian dr sekolah, setiap harinya berlatih gerakan ini brp kali. Saat musim panas, hampir tiap hari renang (utk TK), klo SD setiap ada pelajaran olah raga selalu renang :)

      Makanya org jepang generasi skrg ini tinggi2, badannya sehat2 jarang ada yg gemuk...mrk bener2 mencintai olah raga. Orang jalan kaki kemana2 itu udah biasa klo disini, pagi2 malam2 banyak org jogging dan lari2...baik tua maupun muda :)

      Klo pelajaran life di SD, bener2 lgsg praktek, seperti praktek menanam sayuran dan bunga, memasak/mbikin cup cake dr ubi (dibantu orang tua sukarelawan), berbelanja ke pasar (anak2 diminta membawa uang maksimal 200yen (20ribu rupiah) dan membawa tas belanja), dll. Sekolah disini jadi terasa menyenangkan buat anak2 :)

      Waah...maaf jadi cerita panjang lebar, abisnya seru klo ngomongin masalah sekolah di jepang sini ^^

      Sayangnya masalah agama disini tidak begitu diperhatikan, banyak org jepang yg atheis, beragama shinto, katolik, dll. Alhamdulillah, ada bbrp org jepang disini yg muslim, dan di kumamoto sini alhamdulillah baru berdiri masjid, di dekat kampus :)

      Delete
    2. Waaaaaaaahhhhh asyiiik sekali baca cerita Ummu.... Ntar di postingan lain banyakin juga cerita beginiyan Ummu, kan penggemar blog Ummu juga ibu2, dengan harapan semakin terbuka cakrawala qt semua *tsaah hehehehe. Hadoooh hadooohhh jadi pengen pindah ke Jepang gimana ini gimanaaaaa hihihihihihii :D

      Delete
    3. iya sih Mbak....pengennya malah mbikin blog tersendiri yang berisi ttg pengalaman2 selama tinggal disini...tapi ga terwujud juga nih...hiks...akhirnya ceritanya di food blog aja :D

      Hayuuuk Mbak Tata, liburan disini sebulan dua bulan, mumpung sy disini sy ajak keliling2 ^^

      Delete
  7. subhanallaah... Ngono toh Um... Aku dah 10 tahun jd guru di MI(setingkat SD), jadi menghayal kali aja bs hidup dg lingkungan pendidikan yg segitu enaknya. Semua-mua diperhatikan... Semoga Allah msh mmberi kesempatan pd ku dan guru2 lain untuk sllu brfikir maju demi pendidikan generasi penerus... Sampe rada2 melankolis ni aku Umm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.....paling tidak utk sy sendiri, mencoba memulai dari diri sendiri dan keluarga Mbak, melatih anak2 disiplin dalam segala hal (disiplin dlm masalah keagamaan (sholat, mengaji, hafalan, dll), disiplin dlm belajar, bermain, dll ) serta melatih hidup bersih sejak dini :) Smg bisa istiqomah dalam penerapannya ...aamiin.

      Delete
  8. ammiin yaa mujibassailiin... Terharu sangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... selalu semangat ya Mbak :)

      Delete
  9. Umm ini adonannya pas di buletin lengket2 di tangan ga? Hehehe semangat belajar masak, intip2 resep ummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ga lengket kok Mbak....kalo sekiranya kelembekan bisa ditambah tepung terigu sedikit ^^

      Delete