Friday, March 1, 2013

Bakwan Sayur / Hongkong / Ote-Ote / Heci / Weci /Bala-Bala



Bismillah....
Ini adalah bakwan sayur atau klo di daerah asal saya Bondowoso dan sekitarnya (Situbondo, Banyuwangi, Jember, dll) lebih dikenal sbg hongkong...hehe...beneran sejak kecil nyebutnya ini hongkong :) 
Klo di Surabaya dan daerah asal suami (Bojonegoro) lebih dikenal dg  sebutan ote-ote, klo sebutan heci/weci itu didaerah mana ya, jakarta/malang mungkin. Ada jg yang nyebut ini bala-bala...apapun namanya, cemilan ini bener2 memasyarakat, hampir di setiap dareah di Indonesia, tidak susah utk mendapatkan penjual bakwan sayur ini ^^

Biasanya bakwan sayur ini dibentuk rapi, digoreng menggunakan cetakan sendok sayur, diatas tengah2nya diberi udahng, digoreng di wajan cekung...hmm...bener2 mantabb :)
Berhubung disini ga ada wajan cekung, semua wajan di toko2 sini adalah wajan datar, jadilah...bakwan ini sy goreng biasa aja, ga berbentuk bulat cantik....tapi yg penting enaak dan semua suka ^^


bakwan sayur / hongkong / ote-ote / heci



Untuk bahan2nya pun kali ini sy menyesuaikan stok yg ada di kulkas .... berikut ini resepnya ala saya : 

Bakwan Sayur /  Hongkong/ Ote-ote /Heci / Bala-Bala

Bahan :
100 gr wortel atau secukupnya, kupas dan potong korek api 
225 gr kubis atau secukupnya. iris tipis2 (bisa jg menggunakan taoge/cambah)
1 btg bawang daun, ambil bagian hijaunya, iris tipis2 (bisa menggunakan daun seledri, cincang)
175 gr tepung terigu
2 sdm munjung tepung beras
225-250 ml air
1 butir telur

1 - 1,5 sdm bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

minyak utk menggoreng

Cara Membuat :
Campur tepung terigu dan tepung beras, masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga tepung tidak menggumpal2. 
Masukkan bawang putih halus, merica bubuk, garam dan gula. Aduk kembali.  Lalu tambahkan telur. Aduk hingga campuran tepung dan telur benar2 merata. Cicipin rasanya, bila perlu tambahkan gula dan garam secukupnya.
Masukkan waortel, kubis dan daun bawang. Aduk hingga rata. 
Panaskan minyak di wajan, ambil sesendok adonan goreng hingga matang.
Sajikan dengan sambal petis, saus sambel atau cabe rawit ^^


bakwan sayur / hongkong / ote-ote / heci


Untuk kali ini bakwan sayurnya sy sajikan dg sambal petis yaitu petis yang dilumatkan dg sedikit air hangat dan irisan cabe...bener2 mantab, langsung ludes dlm sekejap :)
Klo utk anak2 tentu saja tanpa sambal ^^

Oya, sedikit cerita...lombok yg ada di foto itu adalah lombok segar yang sy beli saat musim panas bbrp bulan lalu. Sy simpan di freezer. Klo musim panas (juli-sept) disini lombok bener2 musim, mudah dijumpai dan harganya lumayan murah. Saat musim gugur, lombok  segar udah mulai jarang ditemui dan saat musim dingin, benar2 menghilang dr pasaran...hehe...yg ada mngkn lombok kering, tapi jarang bangeet. Dan ternyata Lombok yg difoto ini tidak pedes sama sekali, hiks.....akhirnya sy beli lagi lombok kering di toko (mgkn lombok impor ya) yang bener2 pedes.... Lombok jepang memang bener2 ga pedes, org jepang ga suka pedes, saus sambel jg dijual ditoko2 jg ga pedes sama sekali. Saat sy beli lombok segar ini di pasar, penjualnya bilang klo lomboknya ini hot (pedes), hehe...org jepang belum pernah ngrasain lombok indonesia kali ya :D




31 comments:

  1. aku menyebutnya bakwan minimalis umm...alias abstrak..eheheh
    di cocol sambal bangkok sambil ntn tipi cucok umm.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..ini isinya jg minimalis Mbak :D
      beneeerr...dicocol sambel apa aja wenak....ga terasa, sebentar udah ludes ^^

      Delete
  2. assalamu'alaikum Umm... Sexy nya itu gagang garpu umm... Hehehe, creative... Ngelirik sambalnya, itu sambal apa um?? Bikin tergiur pingin nyolek, dikiiiit ajah, boleh kaaannn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.....
      hehe...bisa aja Mbak Lina ini, itu sambal petis Mbak...cuma petis yg dilumatkan dg cabe rawit....silahkaaan, colek2 potonya ya Mbak ^^

      Delete
  3. ummu izin share jazakillahi khoiron katsiro...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mbak....smg suka dan cocok ^^
      wa anty jazakillahi khoiron katsiron .... :)

      Delete
  4. Replies
    1. klo disana nyebutnya bala-bala ya Mbak....cemilan yg dimana2 pasti ada, gampang mbikinnya ^^

      Delete
  5. thanks ya!!! resep pembuatan lempernya sangat inovatif.. desain blognya pun cukup menarik. semoga banyak orang berkunjung ke blog ini.

    ReplyDelete
  6. Bleh dicoba ga resepnya sapa tau misua a suka he he he n makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk mari silahkan dicoba Mbak....bisa dimodifikasi sesuai selera...smg cocok ^^

      Delete
  7. heci adalah istilah dlm dialek hokkian..seperti hebi(udang kering)..arti he adalah udang,ci adalah goreng..jadi artinya bakwan goreng yg memakai bahan udang.demikian semoga membantu..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, baru tau saya, terima kasih atas sharingnya :)

      Delete
  8. kalau orang sunda nyebutnya bala-bala.. hehe tapi rasanya sama

    ReplyDelete
  9. Bondowoso mana umm???? Saya juga bondowoso..... Hongkong memang ueeenaaakkkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu rumah saya dekat alun2 Mbak....sekarang Ibu dan adek saya disana, pindah dekat pom bensin tenggarang. Kalo Mbak di bondowoso mana?

      Delete
  10. Oohh...Saya di pujer umm... Sekarang umm lagi di jepang yaa... Senengnyaaa bisa ke negeri sakura... Salam kenal ya umm... Ajari bikin bento doong... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo... di Pujer ya Mbak....udah lama ga ke bondowoso...kangen dg keluarga disana dan suasana kotanya ^^
      iya Mbak...skrg saya tinggal di kumamoto, nemanin suami study.....waah, saya kurang telaten kalo mbikin bento, Mbak...hehehe...

      Delete
  11. Assalamualaikum umm.... Klo boleh tau di bondowoso dulu tinggalnya di dekat alun2 sebelah mana umm???? Saya dulu juga punya teman namax citra juga, satu kos waktu kuliah dulu, rumahx juga dekat alun2... Di jln R.E Martadinata perempatan lampu merah, toko buana klo ga salah dulu.... Sekarang tokox uda ga ada dan saya juga ga tau teman saya itu di mana.... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Saya dulu tinggal di belakang pendopo kabupaten Mbak....yg di toko Buana itu mungkin adik kelas saya :)
      Saya Citra Dewi Damayanti, lulusan SMUN 2 Bondowoso, lulus tahun 1999 :)

      Delete
  12. Iya setelah saya tanya2 temen saya itu citra amalia... Hehehe... Saya suka sekali baca blog spean.... Jadi semangat masak.... Salam kenal Ɣªª mbak citra

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mbak Eka....semoga terus bersemangat masak-memasak ya....^^

      Delete
  13. Yummiii ini salah satu favorit saya lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekeluarga juga suka, ini adalah salah satu jajanan yang paling merakyat....:)

      Delete
  14. Suhun informasinya

    ReplyDelete
  15. baru tau aku klo ini nmanya banyak , di bali jajanan ini nmanya gudhul , spertinya enak nih bkinan smpeyan mbk , hehehe...

    @dwisinatra

    ReplyDelete