Sunday, August 12, 2012

Sup Tahu Jamur Enoki


sup tahu jamur


Yang ini juga ga kalah simple lho mbikinnya, paling favorit, gampang dan cepet mbikinnya. Klo lagi repott banget, cucian numpuk belum dijemur, baju2 belum disetrika, waah...heboh pisan, rumah dah kayak kapal titanic yang pecah....hehe...nah, klo udah kayak gini, saya selalu pilih masak yang gampang2 tapi sehat, spt sup tahu jamur  enoki ini....begitu selesai masak langsung beberes deh ^^


Sup Tahu Jamur Enoki

Bahan :
400 gr tahu putih, goreng dan potong2 (ummi: pakai tahu goreng siap pakai)
50 gr jamur enoki, potong2
1 batang bawang daun, iris tipis2
1 batang seledri potong2
1 sdt bawang putih halus
1/4 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula
1000 ml air
sedikit dashi (optional)
1 sdm minyak utk menumis


Cara membuat :
Tumis bawang putih halus dan bawang daun hingga harum, sisihkan.
Didihkan air, masukan tumisan bumbu halus dan jamur enoki. Tambahkan seledri, merica, dashi, garam dan gula. Jika jamur sudah setengah matang, masukkan tahu goreng yg sudah dipotong2. 
Masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, tambahkan garam dan gula sesuai selera. 
Angkat dan sajikan ^^

So easy and simple recipe, happy cooking ^^
Oya, di Kumamoto sini, jamur banyak ditemui dipasar ataupun supermarket2. Harganya cukup murah. Orang2 jepang suka sekali jamur dan berbagai olahannya. Yang paling banyak ditemui disini adalah jamur enokitake dan jamur shiitake.


Tentang Jamur Enokitake 

Jamur Enokitake (jamur enoki) adalah jamur pangan hasil budidaya, berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.
Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.Jamur juga diketahui tumbuh di bawah salju. Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki). Jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Manfaat
Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam. Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan dilemari es sampai satu minggu.
Jamur Enokitake sangat mudah dibudidayakan dan sudah dibudidayakan di Jepang sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Enokitake bisa ditanam sendiri di rumah asalkan suhu cukup sejuk. Di Cina, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar.
Biasanya jamur ini digunakan dalam makanan – makanan yang berbau Asia. Jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad (di mana rasa terbaik dari jamur ini dapat dinikmati), sup dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging.

Kandungan  Gizi
Jamur Enokitake mengandung banyak serat. Jamur ini juga mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diaetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.
Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor. Jamur Enokitake juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. Selain itu, dalam jamur ini juga terdapat senyawa lain yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol. Penelitian juga menginformasikan bahwa Enokitake berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostat.

Sumber :  Wikipedia


No comments:

Post a Comment