Friday, January 10, 2014

Cake Kukus Ketan Hitam (3)




Bismillah....
Keluarga kami suka sekali dengan cake ketan hitam dan brownies ketan hitam, ga pernah bosen dengan 2 cake tersebut. Sering banget mbikin....selama persediaan tepung ketan hitamnya ada. Alhamdulillah, setiap bberapa bulan sekali, kami selalu mendapat kiriman bahan makanan kering dari Ibunda tercinta, termasuk tepung ketan hitam tentunya. Kali ini saya mbikin cake kukus ketan hitam lagi, tapi resepnya agak beda, saya tambah takaran tepungnya, jadi lebih tinggi cake nya. Dan cara mengocoknya, juga biasa, yaitu telur dikocok bersama gula hingga mnegembang dan memucat kemudian ditambahkan bahan lainnya. ternyata hasilnya jg bisa mengembang tinggi. Lembut dan spongy.
Postingan ini juga sekaligus buat setoran PR Dapur Aisyah, bulan januari yaitu Bolu Tanpa Tambahan Bahan Pangan. Sebenernya sudah sejak lama saya ga pakai bahan tambahan untuk membuat cake dan kue2, baik bahan pengembang sintetis (seperti baking powder, emulsifier, baking soda, dll) maupun bahan pewarna sintetis. Tapi untuk roti dan sejenisnya, saya masih memakai ragi instan, karena belum bisa mbikin ragi alami, belum pernah mencoba.
Cake kukus ketan hitam kali ini, hasilnya juga lembut dan spongy...karena pakai minyak sayur, rasa khas ketan hitamnya tetap dominan, legit dan juga wangiiii .... memang terasa sedikit berpasir, karena memang itu ciri khasnya. Pokoknya selalu suka dengan cake ketan hitam ini, anak2 juga selalu sukaaa, alhamdulillah ^^
 





Cake Kukus Ketan Hitam (3)

Bahan-bahan :
4 butir telur
125 gr tepung ketan hitam
110 gr gula pasir
110 ml minyak sayur

Cara Membuat :
Panaskan kukusan.
Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan memucat (kira-kira lamanya mengocok 5-10 menit).
Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. (tapi jangan terlalu banyak mengaduk)
Masukkan minyak sayur, aduk kembali hingga rata. (jangan terlalu banyak mengaduk).
Tuang adonan di loyang bundar diameter 18 cm yang sudah dioles minyak atau margarin.
Kukus dengan api sedang selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain bersih supaya uap airnya tidak menetes ke cake.




34 comments:

  1. serem nih kalo saya mau bikin cake gak pake pengembang, takut bantat... Hehehe. Makanya lebih milih yang brownies aja yg jelas-jelas enak kl 'bantat' dan tanpa pengembang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...mbikin cake tanpa bahan pengembang jg bisa kok Mbak.....udah hampir 2 tahun ini, saya ga pernah pakai bahan pengembang lagi untuk mbikin kue2 ....yuuk dicoba2 ^^

      Delete
  2. Menggoda sekali mba citra cake ketan hitam. Aku juga suka banget dengan semua olahan tepung ketan hitam :D Izin nyobain resepnya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...sama Mbak...saya juga suka aneka olahan ketan hitam....monggo Mbak, silahkan dicoba, semoga suka ^^

      Delete
  3. ummi ada tips dn triknya gak? walo tanpa pengembang tp gak bantat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...klo saya biasanya mengocok telurnya hingga mengembang dan memucat (5-10 menit) dengan mikser kecepatan tinggi....setelah itu turunkan kecepatan mikser jadi 1 dan masukkan bahan kering, kemudian diaduk dg mikser hingga rata. Tapi jangan terlalu lama mengaduk supaya buih2/gelembung2 udara yg terperangkap oleh adonan tidak pecah semua, yang biasanya menyebabkan cake menjadi bantat...kemudian masukkan bahan basah, aduk lagi. Kalo ini metode sponge cake. Klo untuk butter cake, kocok margarin dan gula halus hingga memucat dan ringan...baru masukkan telur dan bahan2 lainnya. ...
      Dicoba2 aja Mbak...nanti bisa belajar dari pengalaman, learning by doing ^^

      Delete
  4. item banget ketannya, cantik.. sayang sy gak nemu yang sebagus ini ketannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm....beda merek mungkin ya Mbak? ini saya dibelikan Kakaknya suami di cilegon :)

      Delete
  5. Hallo mbak.. Aku baru nyoba bikin cake ini.. Newbie banget.. Lumayan sukses mbak, walaupun ga se-hitam punya mbak.. Mungkin merk tepungnya beda ya..
    Minta ijin nyoba resep yg lain ya mbak... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Mbak....alhamdulillah kalau sukses, ikut senang ^^
      Monggo silahkan dicoba2 resepnya, semoga cocok yaa :)

      Delete
  6. Hai mbak.. salam kenal yah. Mw tanya donk, knpa d resep ini gak pake pengembang sp atau sejenisnya ya? apakah ada pengaruh jika kita tambahkan bahan bahan itu ke dalam adonannya? Mohon pencerahannya ya mbak.. Saya benar benar amatir di dapur. Gak ngerti mana yang mesti dipakai yg mana nggak.. hikkss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh......memang resep ini ga pakai bahan pengembang apa2, Mbak....karena sejak 1,5 tahun yang lalu, saya sudah berhenti menggunakan bahan-bahan pengembang,....karena saya sering mbikin kue-kue untuk putra putri saya, jadi kurang tenang rasanya kalau sering-sering pakai bahan pengembang, akhirnya saya putuskan untuk berhenti menggunakannya :)

      Delete
  7. mbak citra...mau tanya neh...apakah tepung hitam bisa diganti dengan ketan hitam yang diblender? atau tepung ketan hitamnya harus beli jadi? terima kasih penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas Mbak....tepung ketan hitamnya saya pakai yang sudah jadi Mbak...tapi pernah mblender sendiri, ...klo mblendersendiri, harus sampe lembut, diayak trus yang kasar diblender lagi....soalnya klo masih ada yang kasar2, nanti bakal mengendap di dasar cakenya...:)

      Delete
    2. Mbak, beli tepung ketan hitam merk Kumala nya dimana, ya? Saya juga suka tapi biasanya selalu titip teman.

      Delete
    3. Mbak, beli tepung ketan hitam Kumala dimana, ya? Saya sudah lama nyari.

      Delete
  8. Umi, resepnya udah aku praktekin nih, sekali bikin lgs 2 resep, aku bikin model spt bolu kukus, padahal yg buat ngukus cuma muat 15 biji jd harus 2 kali ngukus, deg2an juga sih takut gak jd, alhamdulillah....semua jadi dan rasanya enaaak tenaaaann, makasih umi resepnya....

    Fitri Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...alhamdulillah....ikut senang Mbak ^^
      Bisa juga ya dibuat di cup-cup kecil, padahal tanpa bahan pengembang gini biasanya resiko bantat klo harus ngantri...alhamdulillah kalau berhasil .....makasih atas sharingnya ya Mbaak ^^

      Delete
  9. Salam kenal ya mbak citra. Lg googling resep bolu ketan hitam dan berakhir di blog ini. Aku boleh tau ga merk tepung ketan hitam yg dipake mbak apa? Hasil kuenya jd hitam bgt gitu, menggugah selera ^^ Trims, Hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak...^^
      Saya pakai tepung ketan hitam merek Kumala. Kemasannya per 250gr :)

      Delete
    2. Mbak, beli tepung ketan hitam merk Kumala nya dimana, ya? Saya juga suka pakai merk itu tapi biasanya titip teman.

      Delete
  10. Oh, pantes bukan merk yg biasa aku pake..merbabu. Ada yg mau aku tanyain lg, diatas kan ada petunjuk jgn terlalu lama mengaduk maksudnya diaduk dgn mixer kecepatan rendah or diaduk pake spatula? Sama satu lg kalo ukuran loyangnya lebih besar takarannya gmn? Maaf ya mbak byk tanya soalnya bsk mau langsung bikin buat dicicipin camer. Trims again, Hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas Mbak....untuk ngaduknya saya pakai mikser kecepatan rendah, bukan pakai spatula. Klo pakai mikser jangan overmix atau terlalu lama ngaduknya :)
      Klo mau mbikin di loyang yang lebih besar bisa pakai 1,5 resep, Mbak ^^

      Delete
  11. salam kenal
    mbaaa, aku suka blog mu.pdhl dulunya kalo bikin kue kdg gagal kdg berhasil. tp gara2 praktekin resep2 mu aku jadi pede masak kue hehe alhamdulillah berhasil slalu
    cake kukus hitam ini jd favorit anak ku dan abi nya loh ^^ thanks a lot yaak mbaa
    nah libur kmrn ini aku kan masak lg cake ketan item nya, aku coba taburin dgn kismis. trus pas udah mateng kok kismis ada dibawah smua ya mba -___-" pdhl niat ku biar jd topping d atas ny gitu.
    gimana carany biar tetep d atas mba? maap yak panjangg, newbie hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mbaak :)
      Alhamdulillah klo cocok dengan resepnya Mbak...semoga makin semangat masak-memasak dan baking2 ^^
      Soal kismis, benar seperti yang dibilang Mbak Polina di komen bawah. Kismisnya dicuci bersih lalu di gulingkan ditepung terigu baru ditabur di atas adonan cake nya :)

      Delete
  12. Hai mba citra, kenalkan saya polina. Saya googling& dapat blog, resep cake kukus ini. Thx ya sdh berbagi resep dgn kami. Blog mba, cukup runut, jelas ttg tahapan bikin cake spy berhasil.
    Utk ummu arman, sayacoba bantu jawab ya..itu kismis baiknya dicuci bersih, lalu gulingkan di tepung terigu, spy kismis/buah kering/chocco chips/kacang bisa ngambang di tengah/ cantik mejeng diatas cake. Smoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak... Makasih udah mampir :)
      Sama2 Mbak... Semoga ada resep2 yg cocok ^^
      Makasih udah sharing pengalaman soal cara penaburan kismis ... ^^

      Delete
  13. Selalu suka sama fotonya. Jadi tambah semangat pengen belajar masak :)

    ReplyDelete
  14. Mbak klo di bkin versi panggang ny bisa ga yah hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. InsyaAlloh bisa Mbak... Pernah saya posting di blog jg, tapi resepnya sedikit berbeda :)
      Pakai resep ini insyaAlloh jg bisa ^^

      Delete
  15. Salam kenal mbak Citra saya sudah lama bookmark resep cake kukus ketan hitam ini tapi baru hari ini bikin. Enak banget mbak. Legit dan nagihin, ga bisa berhenti makannya. Suami saya cobain juga ga bisa stop makannya. 1 loyang kue dihabisin kita berdua. Sampe sore ini "terpaksa" bikin lagi soalnya masih pingin. Yg ini buat sarapan besok pagi. Thank u for sharing the recipe mbak Citra. Salam kenal Theresia

    ReplyDelete
  16. Mbak nyampurin terigu dan minyak ke dalam adonan apa gug sebaiknya pake spatula dari pada mixer kecepatan rendah,apa gug bantet nanti cake nya,maaf sya sebagai pemula,mhon penjelasan nya

    ReplyDelete
  17. Mba, minyak sayurnya pake jenis dan merk apa?

    ReplyDelete