Saturday, May 4, 2013

Brownies Pisang (Gluten Free & No Food Additives)


Bismillah....

Ini adalah postingan pertama di bulan Mei ini, kudu menyemangati diri sendiri nih....semangaattt Ummiiii...ganbaree.....!!!! Harus lebih banyak beraktivitas, ga boleh males2an lagi krn cuaca sdh mulai menghangat dan banyak yang harus dipersiapkan (direncanakan) menyambut kelahiran si kecil ^^

Walau perkiraan lahirnya masih sekitar 2 bulan lagi (insyaAlloh 6 juli HPL-nya), tapi rasanya ga sabar merencanakan ini itu :))))








Oya, weekend kali ini di Jepang libur panjang, atau istilahnya golden week, libur sejak jum'at hingga senin mendatang....lumayan bisa bersantai2...hehe...jadi lebih banyak waktu utk eksperimen di dapur, bersih2 rumah, kumpul2 dg temen2 daaann jalan2, hehe... biasanya golden week gini banyak sale di mall-mall ^^

Kemaren sy membuat brownies pisang, selama ini belum pernah mbikin....dan tiba2 aja kmrn pengen bangeett mbikin, dan ternyata surprise banget dg rasa dan teksturnya, love it !!!!! :)


Resep brownies ini adalah modifikasi dari resep2 sebelumnya, kali ini saya buat yang gluten free, untuk pisangnya saya pakai pisang cavendish, bisa diganti pisang lainnya ^^

Brownies Pisang

Bahan :
2 btr telur
100 ml minyak sayur 
120 gr dark cooking chocolate (DCC) , potong kecil2
80 gr gula pasir (bila kemanisan, bisa dikurangi)
80 gr tepung beras
20 gr tepung maizena
200 gr pisang cavendish (yang sudah dikupas kulitnya), lumatkan 
25 gr coklat bubuk

Taburan :
kacang tanah yang sudah digoreng/oven, tumbuk kasar

Cara membuat :

1. Panaskan oven 180 deg C (*ummi: pakai microwave oven 160deg C)
2. Panaskan minyak sayur sebentar, masukkan DCC, aduk rata hingga DCC leleh. Biarkan hingga dingin. (Note: panaskan minyaknya sebentar aja, klo terlalu panas, DCC nya bisa mringkil2)
3. Campur tepung beras, maizena dan coklat bubuk, ayak, sisihkan.
4. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (tidak perlu sampai kental). Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, lalu tambahkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk hingga rata (asal rata).
5. Masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.
6. Selanjutnya masukkan masukkan campuran DCC dan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata.
7. Tuang di loyang persegi 18 cm yang sudah dioles margarin/minyak, taburi kacang tanah tumbuk.
8. Oven hingga matang dengan suhu 180 derajat selama 25-30 menit atau hingga matang. (*ummi: oven di microwave oven suhu 160 deg C selama 30 menit)






Brownies pisang ini rasanya mengejutkan....hehe...krn baru pertama kali mbikin kali ya...jadi surprise banget....pas baru mateng udah ga sabar buru2 saya incip, ternyata teksturnya itu kering (sedikit cruchy) di luar, tapi moist banget (lembuut dan lembab) dalamnya....enaaaak...manisnya pas, perpaduan pisang dan coklatnya...hmmm...dijamin ga bisa berhenti makannya deh, sukaa sukaa sukaa....apalagi anak2, mrk doyan bangeett, alhamdulillah ^^







24 comments:

  1. Assalamualaikum ummi cayaang... Gmn kbrnya? Smg sehat sllu ya...

    Oia um, kalo browniesnya d kukus nanti hasilnya piye ya um?
    Soalnya d rmh krg suka bropang, pd senengnya brokus, dan resep andalanku resep brokus ny. liem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....alhamdulillah sehat Mbak, aamiin...makasih doanya. Smg Mbak Lina jg sehat selalu dan senantiasa dirahmati Alloh...aamiin...

      Saya belum pernah nyoba klo dikukus Mbak....blm punya gambaran nih, ntar kpn2 sy coba deh...
      Brownies kukus memang lebih lembut dan lembab ya Mbak...ahh...brownies selalu enak, dulu waktu di sby, sy pernah nyoba resep brokusnya Ny. Liem, memang enaak ya...nyoklat bangeett dan moist...dah lama ga pernah mbikin lagi :)

      Delete
  2. pisang sama coklat, nyam nyam as always....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneerr Mbak Rina, bener2 nagihin...pengen mbikin lagi nih ^^

      Delete
  3. pisang, coklat, kacang...ah, kebayang enaknyaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....yummy...lagi pengen memanjakan diri sendiri dan keluarga nih...hehe...mumpung libur ^^

      Delete
  4. Replies
    1. wanginya pisang dan coklat saat dioven bener2 memenuhi ruangan dapur Mbak...pas panas2 keluar dr oven udah ga sabar pengen nyicip :p

      Delete
    2. pastinyaa...^^

      ummu, mohon maaf, saya mau tanya kalo update dr saya bisa keliatan ga? saya baru ganti domain jadi www.momylicious.com, tapi hostingnya masih di blogspot. cuma tadi pas sy check gak muncul di dashboard... apa dashboard sy yang bermasalah atau memang beneran gak masuk ke sana..

      makasih ya um...maaf ngerepotin..

      Delete
    3. Mba Ayudiah ... (numpang ikutan jawab ya Ummu Fatima), di dasbordku postingan momylicious ga muncuuuul.... :(

      Delete
    4. Bener seperti kata Mbak Anna, di dashboard saya jg ga muncul postingan momylicious.....kenapa ya Mbak? :(

      Delete
    5. Mb Anna & ummu:
      nah itu dia, di saya juga gak muncul...*pas saya nulis komen di atas belum muncul jga

      pas udah lamaa banget ters direfresh baru deh muncul...

      dulu di dashboardnya mb' lisa gak ada apdetannya...

      saya abis ganti domain ke www.momylicious.com mbak, mungkin pengeruh juga kali yah...
      :D

      maaf nih jadi ngerepotin :)

      Delete
  5. Tepung maizena ap bisa diganti tepung tapioka ummi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAlloh bisa Mbak, krn teksturnya tapioka dan maizena hampir sama...bisa jg separuh maizena, separuh tapioka :)

      Delete
  6. aku paling suka buka blognya ummu krn kuenya pada irit telur tapi soal rasa hmmm sdh pasti g ada bandingannya hehe... ini adalah resep selanjutnya yg akan aku coba love u ummu mmmhuuuaaahhhh semoga sehat selalu sampai tiba wkt persalinan amiinn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya Mbak...alhamdulillah klo cocok dg resep2 sederhana yg saya posting....:)

      iyaa...sy memang membatasi konsumsi telur dan gula utk keluarga, juga sebisa mungkin mengatur konsumsi gluten, yaitu tidak setiap hari, klo bisa 3 hari sekali. Klo utk bahan2 kimia pengembang, seperti baking powder, emulsifier dan baking soda, sudah lama tidak pernah saya gunakan lagi. Utk pewarna makanan sy juga ga pernah pakai kecuali yang alami. Juga utk MSG, sejak awal nikah ga pernah pakai :)
      Sedang berusaha utk konsisten menerapkan healthy cooking nih Mbak :)

      Aamiin...makasih doanya ya Mbak, love u too, bighug n mmuuaaachh ^^

      Delete
  7. assalamualaikum ummu faruq (hmm menurut orang diatasku pemanggilan ummu itu pada anak laki laki pertama -walaupun dia anak terakhir ya- kalau gak ada baru anak perempuan pertama. Hanya sharing ummu, bukan bermaksud menggurui hehe). Apa kabar semoga selalu dalam lindungan allah.. aamiin.. aku suka sama blog ummu (selalu sebagai silent reader baru sekarang berani meninggalkan jejak hehe)jadi rasanya seperti kenal bangeet.. dan resepnya selalu mengundang ide baru.. salam kenal ya ummu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....Salam kenal jg ^^

      Iya Mbak....sebenernya adab pemberian nama kunyah begitu ya....
      sebagaimana dijelaskan disini : http://www.konsultasisyariah.com/hukum-nama-kunyah/#axzz2Sf7AL1LS

      Dulu sy belum paham ttg masalah ini, krn sudah terlanjur, akhirnya jadi terpakai terus....makasih sharingnya ^^

      Alhamdulillah baik, Mbak....saya jg suka dg blog Mbak, resep2nya variatif....jadi makin semangat nih, punya banyak temen foodblogger :))))

      Delete
  8. Mbaaa....lg hamil toh? semoga sehat selalu, dan nanti persalinannya lancar, ibu dan bayi sehat :) Bronisnya boleh dicontek nih, aku jg lg berusaha mengurangi gluten dan food additive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sdg hamil....aamiin...makasih doanya ya Mbak ^^

      Monggo silahkan dicoba Mbak....semoga cocok :) iya, saya jg membatasi gluten dan menjauhi food additive, demi keluarga tercinta ^^
      klo sering2 mbikin cake/kue2 yg pakai food additive, ga tenang rasanya....ga bisa mbayangin gimana efek kedepannya :)


      Delete
  9. Ummu Fatima,

    Saya sudah eksekusi, enaak! terimakasih yah dan ijin copas di blog saya ^_^
    Semoga kehamilannya lancar, ibu dan bayi sehat sampai saat melahirkan tiba, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak....monggo silahkan di copas, insyaAlloh nanti saya tengok blog Mbak Yuniar :)

      aamiin...makasih doanya ya Mbak...*peluuk*

      Delete
  10. Mbaa,, bolehkah ijin copas resep nya :)

    ReplyDelete