Tuesday, October 22, 2013

Nugget Pisang Praktis






Bismillah....
Beberapa hari ini ngiler liat postingan nugget pisangnya Mbak Lia Ummu Aisy dan Mbak Rina Audie. Mbayangin nugget pisang pasti enak, manis gurih crispy. Dijamin anak-anak pasti suka. Kebetulan ada stok pisang yang kurang laku....hehe...lagi banyak buah, ada jeruk, pear, apel, jadi pisangnya krg laku :D Mumpung baby Atha lg bobok, langsung deh pagi-pagi mbikin nugget pisang, tapi yang ini ala saya, praktis dan gampang mbikinnya ^^







Nugget Pisang

Bahan-bahan :
200gr pisang yg sdh dikupas, lumatkan (*ummi: pakai pisang cavendish)
25 gr susu bubuk (bisa di-skip)
50 gr gula pasir, kalau kurang manis bisa ditambah
125 gr tepung terigu
25 gr tepung panko/panir
1 butir telur
sejumput garam

Bahan pelapis:
Tepung roti kasar/ panko/panir kasar/breadcrumbs, secukupnya

Cara Membuat :
Campur semua bahan jadi satu. Aduk dan uleni hingga tercampur rata. Adonan sifatnya lembek.
Ambil sesendok adonan, gulingkan di tepung roti hingga terlapisi merata. Kemudian pipihkan dan rapikan bentuk/bulatannya. Tata/letakkan di piring datar. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
Panaskan minyak di wajan. Goreng nugget dengan api kecil hingga matang keemasan kedua sisinya ^^

Note:
Supaya adonan tidak lembek, sebelum dipanir, bisa juga dimasukkan kulkas dulu selama 15-30 menit supaya lebih mengeras. Baru kemudian adonan dilapisi panir. Tapi biasanya langsung saya goreng ^^
(Update) Terkadang takaran terigunya saya kurangi menjadi 50-100 gr, kalau adonan terlalu lembek, saya bolak balikkan di tepung panir hingga kokoh dan bisa dibentuk bulat pipih.






Adonan nuggetnya memang lembek, tapi setelah dibungkus tepung panko/panir jadi lebih kokoh dan mudah dibentuk. Setelah digoreng jadi kaku, ga lembek lagi. Praktis mbikinnya, hasilnya yummy...manis gurih krispi, jadi mirip pisang goreng pasir. Kalo saya nyetak nuggetnya ini agak tipis, ga terlalu tebal, biar lebih crunchy ^^
Oya, tepung terigu bisa ditambah, nanti adonannya jadi lebih padat tapi setelah digoreng jadi lebih kenyal padat. Bisa dimodifikasi sesuai selera, ditambah keju parut jg ok ^^




Update : penampakan adonan sebelum digoreng, ....maaf, nyetaknya kurang rapi :D

25 comments:

  1. wah cepet banget yang eksekusi nuggetnya, pasti pada suka ya um...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah anak2 suka Mbak....tadinya dikirain nugget ayam yang makannya harus pake nasi....hehe, dianggurin ga ada yg nyentuh.......tapi pas saya bilang nugget pisang, baru deh dilahap ^^
      tapi tetep anak2 nanya dulu `Ummi, ini boleh dimakan? (tanpa nasi maksudnya)`.....hehe :D

      Delete
  2. mirip godok2 ya umm...hanya saja di panir...eheheh
    baru mudeng sekarang... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh...godok2 itu apa ya Mbak? cemilan khas dumai ya?

      Delete
    2. Iya bener, jadi ingat godok. Bahannya cuma pisang, gula, dan tepung terigu (atau tepung beras ya). Ibu saya sering bikin, salah satu menu jualan di warungnya. Bentuknya bulat tidak beraturan begitu aja mba, karena menggorengnya cuma disendokkan aja ke dalam minyak goreng.

      Saya sih asli Minang mba..

      Delete
    3. saya jg pernah sekali mbikin godok2 Mbak...tapi waktu itu pake tepung maizena, jadi agak kenyal..hehe...
      pisang diolah apa aja selalu enak ya....murah meriah pula harganya ^^

      Delete
  3. hmmmm, coba ah... :) makasih resepnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak....monggo silahkan dicoba, smg cocok ^^

      Delete
  4. maaauuu..
    bakalan suka nih..
    *nyariin tepung panko*

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepung panko sama dg tepung roti Mbak....dlm bahasa jepang, pan=roti, ko=tepung :)

      Delete
  5. iya dSumtatra ky godog2 to ga pke telur n susu..pisang yg udh kematengan cmpt terigu aja n sedikit pengembang n garem..
    klo d jgj byk yg jualan pisang ky gini tp dalemny dkasih isian umi..brarti kita taro d kulkas dulu kli y biar agak keras trus dkasih isian ceres, keju or selai gt y umi?
    by-amyoktalia@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm....walau di taruh di kulkas, kayaknya masih terlalu lembek untuk diberi isian Mbak....bisa juga keju dan mesesnya dicampur langsung ke adonan, sebelum dilapis tepung roti :)

      Delete
    2. jd gmn y biar bs dkasih isian,,td aku sdh nyoba dkasih isian..tp msh ada yg pecah2.. blm seenak yg djual djogja :-(

      Delete
    3. hm....maaf saya blm sempat utak atik resepnya lg Mbak....:(

      Delete
  6. Mba,klo pisangnya sebelum di tepung panir+goreng disimpan semalam di kulkas gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah nyoba Mbak.... Bisa aja kali ya, asal ditutup plastik wrap supaya tidak mengering adonannya :)

      Delete
  7. Replies
    1. Silahkan Mbak... Mudah-mudahan sukaa yaa ^^

      Delete
  8. Udah sekusi, arigatou resepnya ya mba....

    ReplyDelete
  9. Mbk ummi mau nanya . Pda saat adonan bahan dicampurkan itu brarti tepung+pisang+telur gt kah maksudnyah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bahan dicampur jadi satu Mbak , yaitu bahan-bahan berikut ini :

      200gr pisang yg sdh dikupas, lumatkan (*ummi: pakai pisang cavendish)
      25 gr susu bubuk (bisa di-skip)
      50 gr gula pasir, kalau kurang manis bisa ditambah
      125 gr tepung terigu
      25 gr tepung panko/panir
      1 butir telur
      sejumput garam

      Delete
  10. Owh gt mbk . Trima kasih mbk ummu sya td sdh beli bhnnya . Bsok plg krja bru sya praktekin mksi mbk ummu

    ReplyDelete
  11. Owh gt mbk . Trima kasih mbk ummu sya td sdh beli bhnnya . Bsok plg krja bru sya praktekin mksi mbk ummu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...selamat mencoba ya Mbak. Semoga cocok ^^

      Delete