Friday, July 20, 2012

Bolu Kukus Mekar

roti kukus


Bolu Kukus Mekar

Saat pertama kali sy memutuskan untuk belajar baking2 (bikin kue, cake, roti dsb), bolu kukus mekar adalah kue pertama yang sy buat. Dengan bahan seadanya, akhirnya nekat juga mbikin kue ini. Alhamdulillah bisa mekar, walo agak bantat waktu itu krn tdk pakai emusifier dan ngocok adonannya kurang lama. Dan walaupun bantat tapi langsung ludes dilahap anak2....Senang rasanya melihatmereka lahap memakan kue buatan umminya sendiri. Hal inilah yang membuat sy brsemangat untuk mencoba resep yang lain, mencoba dan mencoba, demi melihat senyum dan keceriaan mereka ^^

Sudah bbrp kali sy membuat kue ini, resep yg saya pakai selalu sama, yaitu resep yg sy dapat dr Mbak Milan Sari, makasih yaa Mbak Milan, resep nya saya pakai terus....ini salah satu kue favorit anak2 sy ^^

Oya, selama di sby, setiap kali mbikin bolu kukus mekar ini, hasilnya cantik, bs mekar sempurna. Anehnya, waktu saya mbikin di kumamoto sini, dg resep dan cara yg sama, emulsifier dan baking powder yg sama (bawa dari Indonesia), hasilnya tidak bisa diprediksi....hehe...kadan
g bisa mekar, kadang mekar sedikit, kadang malah ga mekar sama sekali (gundul) :D Ini kebetulan yang saya buat kemaren hasilnya bisa mekar, walau tidak secantik yg biasanya saya buat di sby :)

Resep Bolu Kukus Mekar

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BP
4 btr     telur
325 cc  air putih / susu encer / santan
1 sdm   emulsifer
setetes pewarna merah


Cara :

  • Panaskan kukusan. Campur tepung terigu dan baking powder, ayak, sisihkan.
  • Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata.
  • Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna merah.
  • Tuang adonan putih ke dalam cup cetakan bolu kukus, kira2 3/4 cup, lalu diatasnya tambahkan 1 sendok adonan merah. 
  • Kukus selama 10 menit dengan api besar. Saat memasukkan cetakan ke kukusan, pastikan air kukusannya sudah mendidih. Jangan lupa, tutup kukusannya dibungkus kain bersih supaya air nya tidak menetes ke bolu.

  

1 comment:

  1. mbak aku dah nyerah kalau buat bolkus soalnya ada 20 kali lebih aku praktek cuma dua kali yang berhasil mekar yang lainnya bantat dan sampe sekarang aku masih trauma mbak soalnya kena kutukan bolkus mulu.hihihihi

    ReplyDelete