Friday, November 22, 2013

Bakwan Sayur Jamur Shitake

Bismillah....
Hari ini tiba-tiba kepengen bakwan sayur, langsung deh uplek di dapur. Alhamdulillah anak-anak sudah pulang sekolah, jadi saat masak dan baby Atha nangis ada kakaknya yang siap siaga membantu momong...hehe...adik kecilnya dipangku dan digendong kesana kemari, sampai saya selesai masak bakwan sayur ini.
Tadinya, saya mau mbikin bakwan sayur biasa, tapi pas adonannya udah siap, tiba-tiba terpikir untuk ditambahin jamur shitake, kebetulan kemarin lusa saya habis belanja jamur shitake. Sekalian kan, buat setoran ke Pawon Ibu lagi, mumpung masih bulan Nopember, setor sebanyak-banyaknya, siapa tahu dapat door prize, hehe....alhamdulillah bulan lalu saya dapat door prize lho, hadiahnya apron cantik.... donaturnya Mbak Sasmeita yang tinggal di jerman. Karena dikirim dari Jerman, jadi masih belum nyampe apronnya. Alhamdulillah rizki yang tidak disangka-sangka ^^
Oa, jamur shitakenya saya iris tipis-tipis, supaya matang sempurna saat digoreng. Bagiang batangnya saya buang karena agak liat/alot. Dengan penambahan jamur ini, bakwan sayurnya jadi makin sehat nih. Di fotonya keliatan kan jamurnya yang warna coklat. Rasanya enak lho, ada kenyil-kenyilnya. Untuk bakwan sayur ini saya suka yang rasanya manis asin, dominan manis....tapi ga terlalu manis banget sih...gitu deh pokoknya, agak susah diungkapkan dg kata-kata :D







Bakwan Sayur Jamur Shitake

Bahan :
100 gr wortel atau secukupnya, kupas dan potong korek api (kali ini diserut kasar)
225 gr kubis atau secukupnya. iris tipis2 (bisa jg menggunakan taoge/cambah)
100 gr jamur shitake, buang bagian batangnya, iris tipis
5 btg daun bawang, iris tipis2 (bisa menggunakan daun seledri, cincang)
175 gr tepung terigu
2 sdm munjung tepung beras
225-250 ml air atau secukupnya
1 butir telur

1 - 1,5 sdm bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

minyak utk menggoreng

Cara Membuat :
Campur tepung terigu dan tepung beras, masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga tepung tidak menggumpal2. 
Masukkan bawang putih halus, merica bubuk, garam dan gula. Aduk kembali.  Lalu tambahkan telur. Aduk hingga campuran tepung dan telur benar2 merata. Cicipin rasanya, bila perlu tambahkan gula dan garam secukupnya.
Masukkan waortel, kubis, jamur shitake dan daun bawang. Aduk hingga rata. 
Panaskan minyak di wajan, ambil sesendok adonan goreng hingga matang.
Sajikan dengan sambal petis atau saus sambel atau cabe rawit ^^







8 comments:

  1. rajinnya ummu iniih. Saya bingung gimana bagi waktu antara masak, urus anak dan tetep bisa eksis nge-blog.Secara saya punya anak dua aja udah rempong beraaat. hehe. ^^

    enak nih bakwan sayur dicocol pake sambel kacang pedes. nyam-nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...ini juga repot Mbak....justru banyak krucil, tiap hari kudu masak dan mbikin cemilan...tapi ya gitu, masak yang gampang2 aja, ga pake lama ga pake ribet. Kadang masaknya juga dibantu anak2 :) Abis masak buru2 di jepret, edit minimalis dan segera update di blog...hehe...ato dijepret kalo baby udah bobok...saya kalo motret2 bentar aja kok Mbak...kebanyakan asal jepret...biasanya dibantu anak2 juga, dibantu momong/ngasuh adiknya yang baby, kalo saya lagi masak/motret :)

      kadang update blog malam2 kalo anak2 udah tidur .... ato sambil nenenin, sambil buka kompi :)
      Blog isinya pun singkat2....hehe..resepnya kdg ngopy dari resep yg lama2/sudah ada...tinggal edit dikit....ya gitu deh semuanya serba kilat n multi tasking :D

      Kalo kerjaan rumah, bagi tugas dg suami dan anak2...anak2 saya yg sulung dan yang nomer 2 udah agak gede..jadi bisa mbantu2 mberesin kamar, nglipet baju, ngrapiin mainan, mbantu masak, nyapu halaman, dll .... :)

      Delete
  2. maknyus kayaknya nih....di Siak g nemu jamur mbk,tapi dulu pernah nyoba sih enak kenyal2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...tinggal di Siak ya Mbak....jamur di tukang sayur langganan saya di Surabaya juga agak langka, jarang2 mbawa, kecuali pesan. Iya Mbak...rasanya kenyil2 :)

      Delete
  3. huaaa pengeeeen... menggoda ituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....cuma bakwan sayur aja udah mbikin Mbak Ayu tergoda .... :D

      Delete
  4. Wah, kreatif nih Ummu, kepikiran aja untuk nambahin jamur shiitake ke bakwan sayurnya. Laen kalo aku contek ya resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kalo masak suka pakai segala macam stok yang ada di rumah Mbak....mbikin okonomiyaki pakai jamur jg pernah....apa aja deh, dicocok2in....biar ga bosen juga :)
      Silahkan, selamat mencoba :)

      Delete