Friday, November 15, 2013

Cinnamon Apple Cake (No Food Additives)



Bismillah....
Udah lama ga baking-baking...hehe...entah kenapa belakangan ini (hampir sebulan lebih), malas baking-baking....seringnya mbikin camilan yang di goreng2, bakpao, puding, atau bahkan cuma ngemil buah :D Berhubung di rumah lagi banyak apel, jadi gatel....hehe...penasaran pengen nyoba gimana kalo apelnya dibuat cake :)
Kebetulan ada apel yang udah dimakan 1/3 bagian dan sisanya dianggurin gitu aja, ga dihabisin sama anak2, ya udah sekalian buat bahan percobaan aja.....jadi ga pakai apel utuh, pakai 2/3 bagian apel yaitu sekitar 120 gram. Saya pakai apel hijau jepang yang rasanya manis asam, lebih dominan manisnya. Sengaja saya beri kayu manis bubuk supaya wangi dan gulanya saya pakai gula palem supaya gurih, jadi seperti isian pie apel.. Jadi penasaran kan dengan hasilnya. Berikut ini resepnya yaa :




Cinnamon Apple Cake

Bahan-bahan :
4 butir telur
90 gr gula palem (bisa ditambah jika ingin lebih manis)
120 gram apel kupas, potong-potong
120 gr tepung terigu, ayak
100 ml minyak sayur (*ummi: pakai canola oil)
1/2 sdt cinnamon/kayu manis bubuk

Taburan :
Almond slice dan kismis secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan oven suhu 180 deg C (*ummi : pakai microwave oven)
Blender apel bersama minyak sayur hingga lembut.
Kocok telur bersama gula palem dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang (kira-kira lamanya 5-10 menit).
Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan tepung terigu dan cinnamon bubuk, aduk hingga rata. (tapi jangan terlalu lama mengaduk)
Masukkan campuran apel dan minyak sayur. Aduk lagi hingga rata.  (tapi jangan terlalu lama mengaduk).
Tuang adonan di loyang persegi 18cm yang sudah dioles minyak/magarin. Taburi almond slice dan kismis.
Oven selama 35 menit atau hingga matang. (*ummi : pakai microwave oven)





Alhamdulillah cake nya enaak banget.....manisnya pas, suka dengan aroma kayu manisnya dan rasanya yang gurih karena pakai gula palem. Lembut teksturnya, dan cenderung spongy, tapi tidak terlalu spongy sih.  Dan suprise banget ternyata hasil cake nya ga bantat sama sekali. Rasa dan aroma apelnya tidak begitu dominan mungkin karena apelnya  cuma 120 gr dan ketutup sama wangi kayu manis dan gurihnya gula palem. Tapi rasa cake nya ini jadi ga eneg karena rasa apelnya tadi. Dan apelnya juga membuat tekstur cake nya ini jadi sedikit lembab, mirip cake kukus. Suka banget dengan cake ini, bakalan sering mbikin nih ^^





Difoto diatas, hasil cake yang bagian atas keliatan berongga/spongy dan bawahnya keliatan padat ya. Padahal aslinya yang bagian bawah ga padat/bantat lho....teksturnya rata. Mungkin karena efek foto atau mungkin juga karena cake nya cepat mengering di suhu ruang...karena kebetulan disini akhir musim gugur, menjelang musim dingin....suhu rata-rata 10 deg C....serasa masuk kulkas....hehe...jadi walau fotonya didalam ruangan, cake nya jadi cepat mengering kalo diangin-anginkan...harus cepat-cepat disimpan di wadah tertutup nih :)


3 comments:

  1. emhh yammiiiiii deh potonyaaaa...
    cakeeeeppp..^^

    ReplyDelete
  2. makasiiih....fotonya terang benderang ya Mbak.....udah lama ga baking2 nih, pemanasan lagi ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biasanya gelap-gelapan gitu hehehhe..
      sama um, saya jg baru baking2 lagi:D

      Delete