Tuesday, October 9, 2012

Cake Kukus Ketan Hitam (No Food Additive)

cake kukus ketan hitam (no food additive)


Kemaren sy membuat cake kukus ketan hitam ... waa mbikin lagi???? hehe iyaaa....krn sukaa banget dg cake ketan hitam, selagi bahannya masih ada, bolak balik mbikin deh ^^

Kali ini dikukus, tapi tanpa emulsifier atau bahan pengembang alias no food additive. Resepnya sama dg cake kukus ketan hitam yg dulu, tapi ini tanpa emulsifier dan takaran tepungnya sy kurangi jd 100gr. 

Untuk metode pengocokan telurnya sama seperti sponge cake without emulsifier, yaitu baskom yang digunakan untuk mengocok telur direndam dalam baskom lain yang berisi air panas, dg cara ini telur bisa mengembang lebih baik. 
Bener2 takjub banget dg metode ini, karena selalu sukses, cake yg sy buat dg metode ini selalu berhasil mengembang walau tanpa bahan pengembang apapun ^^ 



CAKE KUKUS KETAN HITAM (NO FOOD ADDITIVE) 
Steamed Black Glutinous Rice Flour Cake 

Ingredients :
4 butir telur (4 eggs)
100 gr gula pasir (100 g sugar)
1/2 bgks vanili (*ummi: skip) (1/2 package vanilla powder, I omitted)
100 gr tepung ketan hitam (100 g black glutinous rice flour)
100 gr mentega, lelehkan atau 100 mL. minyak (100 g butter, melted or 100mL canola oil)

Method :
  • Panaskan kukusan (Preheat the steamer)
  • Siapkan baskom besar isi dengan air panas (yang baru mendidih). kemudian siapkan baskom yang lebih kecil dari tadi, rendam didalam baskom besar tersebut. Cara ini digunakan untuk membantu telur supaya bisa mengembang lebih baik (Prepare 2 bowls. One is large and another one is smaller than previous one. Fill the large bowl with hot water.  Immerse the smaller bowl in the hot water.  This step is to help beaten eggs leaven better without any unnatural substance.)
  • Masukan telur dan gula kemudian kocok dengan mikser secara bertahap. pertama dengan kecepatan 1, setelah gula larut naikkan kecepatan mikser jadi 2. setelah 3 menit, naikkan menjadi 3. Kocok hingga telur mengembang / warnanya memucat (In the smaller bowl, beat eggs and sugar gradually.  First of all use a low speed after the sugar has dissolved, speed up at medium and mix for 3 minutes. Then increase to high speed.)
  • Setelah telur mengembang, keluarkan baskom kecil dari baskom besar yang dipakai untuk merendam tadi. (Karena adonan telur sudah mengembang, maka baskomnya tidak perlu direndam air panas lagi. Jika baskom tetep terendam air panas, sebagian tepung akan mengendap di dasar baskom) . Kecilkan kecepatan mikser menjadi satu kemudian masukkan tepung, setelah rata, masukkan minyak/mentega yang telah dicairkan.  Aduk perlahan hingga rata. (Once the egg mixture is fluffy reduce the speed to low and beat in black glutinous flour. Then slowly beat in melted butter or oil until the mixture is mixed)
  • Tuang kedalam loyang diamater 18 cm yang telah dioles mentega. Kukus selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa kukusannya dilapisi kain bersih supaya airnya tidak menetes ke cake nya. (Pour the batter into ugreased baking pan, and steamed well for 30 menit or until cooked).

Note : Penting untuk menyegerakan proses pengukusan untuk menghindari bantat.  Adonan tanpa emulsifier tidak bisa menunggu terlalu lama di luar. (It’s important to steam immediately once the batter pour in to the baking pan.  No emulsifier batter can’t wait too long outside or the cake will be sodden)


cake kukus ketan hitam (no food additive)


Alhamdulillah, seneng banget, cakenya sukses mengembang dan tidak bantat walau tanpa bahan pengembang....
Kemaren sampe mbikin 2 loyang...hehe...seloyang untuk cemilan keluarga, seloyang lagi untuk dibawa ke acara welcome party, penyambutan mahasiswa/mahasiswi baru asal Indonesia untuk program S1/S2/S3  di Kumamoto University sini :)
Alhamdulillah temen2 pada suka dg cake ini, lariis manis, bahkan banyak yg ga kebagian lho !! Ya iyalah karena emang cuma bawa seloyang ...hehehe :D 


cake kukus ketan hitam (no food additive)



cake kukus ketan hitam

26 comments:

  1. Replies
    1. Hi, Gheza. Thank you for visiting and your sweet comment ^^
      Hope you can try this recipe....it's one of my favorite cake....my whole family love it :)

      Delete
  2. saya sudah coba ini sabtu week end lalu, dan berhasil mbak. Skalian juga saya buat sponge cake tanpa bahan pengembang dengan metoda pengocokan yg sama dan dgn menggunakan gluten free flour racikan sendiri (tp. beras : tp. sagu : tp maizena) dan semua berhasil .... bener-bener takjub :)

    Oiya mbak, kalo butter cake, bisa juga ngga ya dibuat tanpa bahan pengembang gitu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...alhamdulillah berhasil ya Mbak...sy jg takjub, udah berkali2 mbikin cake dg metode ini, selalu berhasil semua...alhamdulillah akhirnya menemukan metode utk membuat cake yg tanpa pengembang :)))

      Klo utk buttercake, pernah juga nyoba pake metode ini, waktu itu sy mbikin topo map love cake, utk yg kedua kalinya. pewarnanya pake alami, pake jus sawi yg disaring, bbrp sendok teh aja..hasil cakenya ga terlalu mengembang, tapi ga bantat sih, ...masih pengen nyoba2 lagi... :)

      Delete
  3. oiya mbak, saya ijin publish hasil praktekan cake saya di blog saya ya dadewira.wordpress.com tentu saja dgn link copy resep di blog ini :)

    terima kasih mbak dan salam kenal dari Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mbak...dengan senang hati, senang bs berbagi :))))

      salam kenal kembali, good to know you ^^

      Delete
  4. Asssalamu alaikum,
    Hallo mbak Fatima, Saya Ocha beberapa hari ini saya lagi suka buat Cake ketan hitam kukus tanpa pengembang, yang ada disini. Hasilnya, W.O.W, tapi gak mpe koprol, kan lagi makan, hehehe...
    Ada yang ingin saya tanyakan, hasil dari resep ini kuenya agak kecil, jadi saya mau buat yang agak besar dikit, bahannya ditambahin x y mbak, kaya telur yang harusnya 4 buah, jadi 6 buah, terus tepung ketan hitamnya 100 gr jadi 250 gr, gula pasirnya 100 gr = 250 gr, minyak goreng 100 ml = 250 ml, gimana mbak? ini baru perkiraan saya dan belum saya coba, kalo menurut mbak bagaimana? Mohon petunjuknya, terimakasih.
    Wassalamu alaikum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...
      wah, sy juga suka cake ketan hitam ini Mbak, bolak balik mbikin...iya Mbak, krn memang loyang dan kukusan saya kecil, loyang sy bundar diameter 18cm dan kukusan sy diameter 20cm. Jadinya selama ini cuma mbikin pake 4 telur.
      Klo mau di konversi pake telur 6, tepungnya jadi 150gr, gula pasirnya jadi 150gr, menteganya 150gr atau minyaknya 150ml...tapi sy belum pernah mencoba, Mbak. Krg tau gimana nanti hasilnya :)

      Delete
  5. Salam kenal mbak, saya mau tny...cake yg ini seret ga ya? Soalnya mau menghindari pemakaian coklat dulu nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakenya ini ga seret sama sekali Mbak....bisa mengembang sempurna walau tanpa bahan pengembang..... teksturnya lembut, empuk dan cenderung spongy.....enak banget pokoknya Mbak, temen2 sy banyak yg udah nyobain dan mereka suka, alhamdulillah ^^

      Delete
    2. Sudah saya praktekan mbak, terima kasih banyak resepnya. Kuenya ngembang dan enak. Kalau telurnya dikurangi jadi 3 saja kira2 gimana ya mbak.. Btw, minta rekomendasi kue lain di blog mbak fatima yg layak dicoba alias uenaakkk dong mbak. Saya yakin semua pasti enak tp yg menurut mbak super enak yg mana saja mbak? hehehe maaf ya mbak, nyusahin ;)

      Delete
    3. Alhamdulillah klo cocok Mbak....:) klo telurnya dikurangi mgkn bisa aja Mbak, tapi klo cuma telurnya aja yg dikurangi, mgkn cakenya jd lebih padat ya....telurnya dikurangi dan tepung/bahan lainnya jg menyesuaikan (dikurangi jg), insyaAlloh teksturnya ga akan berubah ^^

      Hmm...cake yg recomended, apa ya...mungkin yg ini (tapi menurut sy lho ya) : banana cake no food additive (ada temen yg nyobain juga dan cocok), brownies kukus keju : no food additves dan gluten free (ada temen yg sdh nyobain jg, dan suka), cake kukus talas zebra (ada coklatnya, bisa aja di skip), cake kentang keju (krn kentangnya banyak, jd mirip kue lumpur, tapi enak ^^), sponge cake without emulsifier and gluten free....klo snacks atau jajanan lainnya jg banyak sih :)

      Delete
  6. Ok, thx a bunch ya mbak. Next time saya jajal-jajal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak.....selamat mencoba, selamat baking2 ;)

      Delete
  7. mbak Fatima mau tanya kalau tehnik pengocokan tidak direndam air panas bisa tidak. ya? terimakasih Mbak Fatima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus terang saya belum pernah nyoba Mbak....kalo telurnya dikocok sampai mengembang dan kental mungkin saja bisa.....tapi saya belum pernah :)

      Delete
  8. Mbak Fatima kalau ketan hitamnya diganti dengan gluten free flour berapa ukurannya ? apakah 70gr tepung beras dan 30gr maizena. atau Mbak fatima ada ukuran tersendiri. terimakasih Mbak Fatima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang saya belu pernah nyoba kalo ketan hitamnya diganti gff, Mbak......dicoba saja, mungkin bisa pakai 70 gr tepung beras dan 30 gr maizena, atau bisa juga 75 gr tepung beras dan 25 gr maizena...
      Kalau yg versi oven saya saya pernah mbikin sponge cake without emulsifier.....tapi takaran minyak/margarin lelehnya lebih sedikit :)

      Delete
  9. Setau sy jk telur kena bahan panas bisa mateng ummu.. emang teknik pengocokan dg cara ini tdk membuat telur jd kaku... mohon pencerahannya ummu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....jika telurnya tidak langsung dikocok dengan kecepatan tinggi...bisa jadi mateng...hehe....teknik mengocok ini sepertinya memang membuat telur lebih cepat mengembang tinggi tapi tidak sampai menjadi kaku...:)

      Delete
  10. Assalamualaikum, saya bikin bagian atas lembut tapi bagian bawah agak kasar... kira2 salahnya dimana ya ukhti... o ya waktu mengaduk minyak pake cara "aduk balik" maksudnya gimana ya ukh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....tepungnya pakai tepung kemasan atau mblender sendiri, Mbak? saya pernah mblender dan juga nggiling ke penggilingan sendiri....hasilnya, masih ada tepung yg kasar2 dan mengendap di bawah.....
      oya, di postingan saya yg terbaru, cake kukus ketan hitam ini jg bisa dibuat dg cara pengocokan biasa.....monggo silahkan dicoba2 lg ^^
      kalo teknik mengaduk balik, terus terang saya kurang menguasai....bisa dilihat cara2nya di youtube....tapi saya lebih suka mnegaduk pakai mikser kecepatan rendah :)

      Delete
  11. assalamu'alaikum.. kalau saya tidak menggunakan tepung ketan hitam, tetapi menggunakan ketan hitam yang biasanya di jual di swalayan lali saya blender sampai halus, boleh apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....bisa aja Mbak pakai ketan hitam yang diblender, asalkan diblender sampai halus, kalau ada yang kasar2 diayak lalu diblender lagi.Karena klo masih ada yang kasar-kasar nantinya akan mengendap di dasar cake jadi bagian bawah cakenya agak bantat dan kasar2 gitu hasilnya.

      Delete
  12. Kalau menggunakan tepung ketan putih gimana um? Adakah yg diubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas Mbak...saya belum pernah mencoba resep ini pakai tepung ketan putih.

      Delete