Tuesday, November 26, 2013

Cake Kukus Wortel (No Food Additives)



Bismillah....
Hari ini pengen ngemiil aja bawaannya....hehe...maklum, dingin2 begini jadi sering lapar, karena butuh banyak kalori untuk menghangatkan tubuh kali ya. Dan, udah lama saya ga mbikin cake, beberapa hari ini sering mbikin dadar gulung. Pas liat stok sayuran, ternyata banyak wortel numpuk yang belum diolah. Padahal udah dimasak mie, sayur sop, bakwan sayur, tapi masih belum habis juga. Hasil belanja seminggu yang lalu sebenernya, dapat wortel murah, jadi mborong deh :)
Ya udah, wortelnya saya bikin cake aja. Lagi pengen cake kukus dan saya juga pengen tau warna cake wortel kukus seperti apa. Sengaja saya pakai gula pasir putih bukan gula palem supaya warna cake nya tetap seperti aslinya, ternyata warnanya kuning cantik :)






Cake Kukus Wortel

Bahan-bahan :
3 butir telur
120 gr tepung terigu, ayak
90 gr gula pasir
110 gr wortel kupas, potong kecil-kecil
75 ml susu cair
50 ml minyak sayur/canola oil

Cara Membuat :
Panaskan kukusan.
Blender wortel bersama susu cair hingga halus dan lembut.
Kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang (lamanya mengocok kira-kira 5-10 menit).
Kecilkan kecepatan mikser menjadi paling rendah. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
Masukan wortel dan susu yang telah diblender, aduk rata. Lalu masukkan minyak sayur, aduk sebentar hingga rata.
Tuang adonan di loyang bundar diameter 18 cm yang sudah dioles minyak/margarin.
Kukus dengan api kecil selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa, tutup kukusannya dibungkus kain bersih.





Soal rasanya, hmm....enak, gurih dan ga mbikin bosen. Karena pakai susu, aroma wortelnya jadi samar,  menurut saya. Cake ini lembab dan lembut. Sedikit padat tapi bukan bantat ya, dan memang tidak spongy, karena pakai wortel dan susu, jadi cenderung lembab.  Kali ini saya motong cake nya kurang rapi, karena saat masih panas udah keburu saya potong...hehe...ga sabaran :p
Oya, ini pertama kalinya mbikin cake kukus wortel ini, agak kuatir juga ...kuatir bantat karena tanpa bahan pengembang. Dan surprise banget karena hasilnya ga bantat, alhamdulillah....tapi permukaannya sedikit bergelombang....hehe....yang penting anak-anak doyan, alhamdulillah....pssttt.... umminya juga doyan lho :)))))

11 comments:

  1. dulu sekali pernah bikin yg dipanggang, enaak saya jg suka cake wortel..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak...enak...kalo yang oven saya sering mbikin....yg versi kukus baru kali ini :)

      Delete
  2. kayaknya enak dan gampang ya masaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak Mbak...gurih jg....mbikinnya jg gampang, ga terlalu ribet :) saya paling seneng masak yg gampang2 :))))

      Delete
  3. Mbak, wortelnya kalo ditakar pake cup jadinya brp cup ya? Saya ga punya timbangan soale.makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini wortelnya saya pakai 1 buah ukuran sedang Mbak.., klo diukur pakai cup brp ya, hmm... Klo diserut mungkin sekitar 1/2 cup kali ya ... Perkiraan aja :)

      Delete
  4. saya uda coba mba ummu.....tp ini bantat ga yaa...hahahaa padet gt...krn ga punya timbangan, jadinya ngira2 aja masing2 bahannya :( gulanya saya kurangi, krn ga terlalu suka manis, alhasil manisnya pas krn wortel kan emang uda manis yaa...tapi ya itu tadi, rada2 bantat -____- tp tetep semangat coba yg laiiinnn ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting semangaat ya Mbak...:)
      Cake ini memang ga mengembang banget, cenderung basah karena pakai campuran susu cair ... Tapi rasanya guriih... Wortelnya hampir ga terasa :)

      Delete
  5. Barusan coba bikin cake kukus wortelnya. Saya bikin pake papercup kecil2 supaya gampang makannya, gak usah potong2. Enaaaak... Anakku doyan, saya jg doyan. Terima kasih resepnya, ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...alhamdulillah klo suka Mbak... ^^
      Cake wortel ini memang guriih...enaak, anak2 saya doyan banget :)
      Makasih udah nyobain resepnya ya Mbaak ^^

      Delete
  6. mba minyak nya kalau di ganti dengan coconut oil bisa ga ya?

    ReplyDelete