Saturday, November 16, 2013

Cilok (Aci Dicolok)




Bismillah....

Cilok adalah aci (tepung kanji) yang dicolok. Istilah ini populer di Jawa Barat. Kalo di Jawa Timur, biasanya kami (sejauh yang saya tau) nyebutnya pentol :)
Memang favorit ya dimana-mana, abang2 penjual pentol/cilok pasti laris, apalagi kalo rombong/tempatnya terlihat bersih dan enak rasa cilok/pentolnya plus sambel kacangnya. Dulu saya biasa beli di depan kampus UPN Veteran, ada juga penjual langganan yang biasa lewat di perumahan. Kali ini nyoba mbikin sendiri, setelah beberapa kali nyoba akhirnya nemu resep yang cocok. Yaitu resep Mbak Pepy Nasution di web nya Indonesiaeats. Makasiih resepnya yaa Mbak...^^






Resep berikut ini adalah resep setelah saya modifikasi, saya mbikinnya kira2 hampir separuh resep aslinya ^^

Cilok (Aci Dicolok)
Source : Indonesiaeats dengan sedikit modifikasi

Bahan-bahan :
100gr tepung tapioka/sagu
150 gr tepung terigu
165-200 ml air (*ummi: pakai kaldu ayam)
2 sdm udang kering/ebi (*ummi: ga pakai)
3 btg daun bawang, iris tipis
daun seledri secukupnya, rajang halus

air untuk merebus cilok

Bumbu :
1 sdm bawang putih halus atau secukupnya
2 sdt garam atau secukupnya
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
Dalam wadah/baskom, campur tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dan daun seledri. Aduk rata.
Rebus air bersama bumbu hingga mendidih.
Tuang air rebusan tadi ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok logam/kayu, karena adonan cukup panas. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup kalis. Jangan sampai terlalu lembek. Biasanya kalo airnya pakai 165ml, adonan ga akan lengket/lembek (*ummi : pakai 180ml-200ml, kelembekan tapi empuk hasilnya :))
Setelah hangat, uleni menggunakan tangan hingga benar2 tercampur rata dan kalis. Ambil sesendok adonan, bulatkan.
Rebus air hingga mendidih, masukkan cilok. Rebus hingga cilok mengapung dan lanjutkan merebus kira-kira 10-20 menit hingga cilok empuk.
Angkat dan sajikan dengan sambel kacang atau sambel pecel (*ummi: pakai sambel pecel)









Untuk alot tidaknya hasil cilok ini nanti, juga tergantung takaran air panasnya..., tergantung selera masing2 ya, jika saya dan suami serta anak-anak lebih suka yang empuk, yang saat dimakan dingin juga tetep empuk. Tapi adonannya biasanya lembek (saya pakai air panas 180ml-200ml), jadi tidak bisa dibulat-bulat rapi. Biasanya saya bulat-bulat seperti kalau mbikin bakso, yaitu adonan digenggam lalu ,di keluarkan diantara ibu jadi dan telunjuk, dengan bantuan sendok :)
Kalau pakai air panas 165ml, adonannya akan kalis atau ga lengket, ciloknya memang mudah di bulat2, hasilnya nanti lebih alot (tapi kenyal) dari yang saya bilang tadi, supaya empuk harus direbus agak lama. Bila perlu di kukus lagi supaya empuk, dan sebaiknya disajikan hangat. Kembali ke selera masing-masing ya ^^
Yang jelas, karena takaran tepung terigunya lebih banyak, ciloknya jadi lebih empuk daripada cilok yang takaran tepung terigu dan tepung kanjinya sama :)







13 comments:

  1. cilok ini emang ngangeni buat iseng dan nggayemi. Sekali makan kok pingin nyemil terus, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...bener...mbikin seresep aja, tau2 udah abis :(
      kalo mbikin banyak2 lama mbuletinnya, keburu baby Atha nangis :D

      Delete
  2. sampai sekarang masih juga suka makan cilok. Yummyyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak....sama, ini kalo makan suka rebutan sama anak-anak dan suami...:)

      Delete
  3. duh,favorit saya mbk..cilok,cireng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cireng saya jarang mbikin , Mbak...pernah mbikin sekali, di daerah asal saya kurang begitu populer :)

      Delete
  4. Kalo alot coba perbandingan tepungnya 1:1 um. Jadi disamain gitu. Dan isiannya kadang saya pakein daging cincang. Jadi lebih berisi kalo dimakan anak-anak. Dan kenyang. Enak niih dimakan panas-panas pas cuaca lg dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah nyoba yang perbandingan 1:1...kurang begitu cocok, Mbak...terlalu alot menurut saya, apalagi saat dingin...akhirnya ga laku, ga ada yg makan :(
      saya lebih cocok dg yg ini, yang perbandingan terigunya lebih banyak....menurut saya lebih empuk, yang saat dimakan dingin pun juga empuk....^^
      Kembali ke selera masing2 ya :)))
      Mungkin kalo diberi isi jadi ga seberapa alot ya :)

      Delete
    2. bener tu mi, terigunya agak sedikit dilebihkan dari sagunya... jadi gak alot.... hehehe...

      Delete
    3. toss...sama kalo gitu Mbak....:)

      Delete
  5. ummu sehati kitaaa aku juga bikin cilok tapi belom di aplod hahaha...^^
    eh yang pertanyaan itu udah saya riply ke FB um, ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooss Mbak....selama ada bumbu pecel, kayaknya bakal sering mbikin cilok nih saya....hehe..
      Iya...udah saya baca dan reply message nya....makasiih infonya ya Mbaak ....*peluk peluk ^^

      Delete
  6. beberapa minggu liat cilok di beberapa foody blogger jadi ngiler bikin juga,,, =P~ nyontek resepnya ya mbak,, salam kenal :)

    ReplyDelete