Friday, November 8, 2013

Ayam Goreng Praktis



Bismillah....
Kali ini saya posting resep yang simple dan praktis ya.....*perasaan semua resep saya simple ya..hehe.. :D*..
Yaitu ayam goreng praktis. Ayam goreng ini salah satu resep andalan kalau saya sibuk banget (baca: kerjaan rumah menggunung). Saya bilang praktis karena bumbu2nya saya pakai bumbu bubuk, jadi tinggal ditaburin ke ayam, diremas2/dipijat2, diemin sampe bumbu meresap trus digoreng. Dicocol sama sambel terasi, lalapan timun, wortel kukus, kubis, dsb....jadi deh lauk buat hari ini ^^





 Ayam Goreng Praktis

Bahan-bahan :
500 gr daging ayam, cuci bersih, potong-potong

Bumbu (takarannya sesuai selera) :
1 sdt bawang putih halus /parut
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jahe bubuk
1 sdt kunyit bubuk
garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
Siapkan ayam, tusuk-tusuk ayam dengan ujung pisau supaya bumbu mudah meresap.
Taburi ayam dengan bumbu, campur hingga rata sambil diremas-remas atau dipijit-pijit. Setelah rata, diamkan dalam kulkas 30menit - 1 jam hingga bumbu meresap.
Panaskan minyak di wajan, goreng ayam dengan api kecil hingga matang kecoklatan.
Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan sambal dan lalapan ^^

Note: Gunakan minyak agak banyak, sampai ayam terendam, minimal terendam separuh. Gunakan api kecil supaya matang bagian dalamnya.
Jika tidak ada jahe dan kunyit bubuk, bisa menggunakan jahe dan kunyit segar yang diparut halus. Atau bisa juga semua bahan bumbu diuleg halus dan dilumurkan ke ayam.

7 comments:

  1. Replies
    1. iyaa Mbak...guriih...alhamdulillah anak2 suka sekali ^^

      Delete
  2. kyaaaaaaaaaaaaaaa....
    ayam guriiiiiiing hihihiihihi..
    kemarin sy jg bikin ayam goreng.. biasanya sy bikin bumbunya sekali, abis ayamnya direbus, angkat, kan suka ada tuh bumbunya di bawah, nah disimpen, buat kalo ntar bikin ayam ungkep lagi hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss heula teteh, sama, saya juga suka begitu, sayang aja gitu mbuang kaldu bumbu ayam...

      Delete
    2. Mbak Ayu : iyaa..saya juga sering gitu....kalo mbikin ayam ungkep, bumbunya dipake 2 kali...hehe....kadang juga sisa bumbunya saya buat bumbu nasi goreng ;)

      Mbak Lina : tooss jugaa.....ternyata semua Ibu2 taktiknya sama ya....hehehe...

      Delete
  3. emang praktis ini ayam goreng. Nggak pake ngrebus segala, langsung goreng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...beneeerr......praktis ^^
      Ayam yang sering saya beli biasanya ayam halal frozen dari brasil, boneless bagian paha....nah ayam brasil ini, kalo diungkep lama2 jadi lembek banget....paling enak kalo digoreng tanpa diungkep kayak gini ^^
      tapi yang di foto di atas itu saya pakai ayam halal jepang, bukan boneless....lebih gurih ayamnya, dan lebih liat...beda dengan ayam brazil yang biasanya saya beli :)

      Delete