Friday, November 1, 2013

Sosis Solo Goreng Panir



Bismillah....
Apa kabar semuanyaa.....lama ga update blog nih. Kebetulan suami barusan datang dari konferen di Bali, sekalian mudik. Begitu beliau balik, langsung deh super sibuk beberes rumah, belanja2 dll. Juga 2 hari yang lalu ada seorang teman baik disini, yaitu Mbak Diah Rahmatia, yang pulang ke Indonesia karena tugas belajar suaminya sudah selesai. Saya bersama Ibu2 disini mengadakan farewel  party atau acara perpisahan untuk Mbak Diah.... hiks sedih banget kalo ada yang pulang, karena semua Ibu2 disini udah seperti saudara sendiri. Semoga kelak dilain kesempatan bisa bertemu kembali di Indonesia  ya Mbak Diah.... aamiin.







Kemarin kebetulan di rumah kedatangan tamu, teman-teman suami, yaitu dosen-dosen ITS yang melanjutkan studi di Kumamoto sini, beberapa diantara mereka baru datang kemari . Jadilah masak besar...hehe...nggak juga sebenernya, cuma masak tongseng kambing, bakso sapi, sosis solo goreng panir ini dan puding roti. Masak yang gampang2 aja. Sosis solo biasanya digoreng tanpa tepung panir, yaitu setelah dicelup ke kocokan telur atau putih telur, langsung digoreng. Kalo yang saya buat ini sengaja saya goreng pakai tepung panir karena saya dan suami lebih suka yang begini. Kalo tanpa panir, setelah digoreng menurut saya jadi terlalu berminyak/menyerap banyak minyak, ..... kembali ke selera masing2 ya. Yang jelas sosis solo ini gurih banget karena untuk kulitnya, cairannya pakai santan, isiannyapun juga mengandung santan.  Enak pokoknya, suka banget. Resepnya saya pakai resep Mbak Nina Agustina....makasiih banyak atas resepnya ya Mbak...  cocok pakai resep ini, gurih sosis solonya....sekali lagi, makasiih ya Mbak ^^





Sosis Solo Goreng Panir
Source: Catatan Nina, modified by me

Bahan Kulit :
300 gr tepung terigu protein sedang (*ummi: pakai terigu protein rendah)
4 butir telur
30 gr margarin leleh (bisa di-skip)
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
600-700 ml santan cair (tergantung ketebalan kulit)

Cara Membuat Kulit :
Campur tepung, garam, gula dan telur. Aduk hingga rata.
Tuang santan cair sambil diaduk hingga halus. Bisa di mixer sebentar dengan speed rendah. (bila perlu disaring agar tidak ada yang bergerindil).
Tuang margarin leleh, aduk hingga licin.
Siapkan wajan dadar/anti lengket, panaskan dan tuang adonan. Angkat dan sisihkan.

Bahan Isian :
300 gr ayam giling kasar
100 gr daging sapi giling (bisa pakai ayam giling semua atau sapi giling semua)
3 butir bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 btg bawang daun, iris tipis (bisa pakai daun bawang)
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir atau secukupnya
1 sdt garam atau secukupnya
100 ml santan cair
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Isian :
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih bersama bawang daun hingga harum.
Masukkan daging ayam dan sapi giling, aduk hingga berubah warna.
Bumbui dengan merica, garam dan gula, kemudian tuang santan.
Masak hingga matang dan santan mengering.
Siap digunakan.

Bahan Pelapis Sosis Solo :
 2 butir telur kocok lepas
tepung panir secukupnya

Penyelesaian :
Ambil selembar dadar, beri isian secukupnya kemudian gulung sambil dipadatkan. Apabila dikerjakan dalam keadaan kulit masih hangat, maka tidak memerlukan putih telur atau cairan terigu untuk "mengelem" kulit.
Kocok lepas telur, celupkan sosis solo kedalamnya, gulingkan di tepung panir. Simpan dalam kulkas selama 1 jam agar tepung panir set/menempel. Goreng dalam minyak yang sudah panas.
Goreng hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.






4 comments:

  1. heumm,suka sosis soloooo...bangettt,suka bikin aku mbk kalo di Batam,skrg pindah dan blm bikin lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk mbikin lagi Mbak....sekalian nostalgia ^^

      Delete
  2. kyaaaa....
    nampak sedaaaap. aku mau bikin juga sih dr kemaren2 sejak teh Ricke posting ini, cm dagingnya keabisan trs:(
    bener ya kayaknya harus dipanir... lebih kriuk kyknya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gurih rasanya Mbak....saya dan suami suka banget, tapi anak2 krg suka....kalo yang dipanir gini jadi mirip risoles sih, tapi saya lebih suka yg gini ^^

      Delete