Wednesday, November 13, 2013

Tahu Gejrot




Bismillah....
Tahu gejrot ini mbikinnya gampang dan bahannya juga simple. Lebih populer di daerah Jawa Barat daripada Jawa Timur. Buat saya yang asli Jatim, tentu agak asing dengan nama panganan ini. Pertama kali tau waktu Bunda Yulyan Parwati posting duluu...udah lama banget. Berikutnya saya sering liat makanan ini seliweran di fb. Saya mbikin ini pakai resepnya Bund Yulyan.....makasiih ya Bund atas sharing resepnya.....enaak pedes segeeer....yang gini ini favorit saya dan suami  ^^




 



Tahu Gejrot
Source : Cooking With Love dengan sedikit modifikasi

Bahan-bahan :
Tahu goreng, potong-potong

Saus :
2 bh bawang merah (*ummi: pakai bawang merah goreng)
3 bh cabe rawit
50 gr gula merah
1/2 sdt garam
5 mata asam jawa
1 sdm kecap
150 ml air

Cara Membuat :
Haluskan bawang merah dan cabe rawit.
Didihkan air, tuang bumbu halus, gula merah dan asam jawa.
Masak sampai mendidih kembali tambahkan kecap, angkat.
Potong-potong tahu, siram dengan saus. (*ummi: taburi bawang goreng)







6 comments:

  1. Tahu gejrot itu populernya di Jawa barat bagian cirebon..lemburnya teh Lina, kalo di sukabumi sih nggak begitu terkenal dan lebih parah sy aja baru taunya pas pindah ke bandung aja taun 2003-an hihi...
    rasanya unik dan enak... tapi udahnya suka bau bawang ya heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo gitu ya Mbak....kata temen saya yg asal Bandung, disana makanan ini populer, sama spt lontong sayur/ketupat sayur, siomay Bandung,dll....
      Ini saya pakai bawnag goreng, enaak ^^

      Delete
    2. iya mi, bener kata teh ayu, ini memang khas cirebon, jadi aku mah gak pernah bikin, banyak yg jualnya di sini mah, tetanggaku juga ada yang dagang, tiap hari lewat depan rumah... hehehe... oia, coba pakenya bawang merah mentah, cabe rawit dan sediiiiikit bawang putih, hmmmm tambah maknyus.... memang sih sesudahnya bikin tenggorokan rada bau.... hehehe...:D

      Delete
    3. waah...enaknya kalo ada yang lewat depan rumah....kalo disini mana ada :D
      hmm....jadi penasaran dengan tahu gejrot yang pakai bawang merah segar.....:)
      ini pas kebetlan bawang merah saya udah kering2 Mbak...udah kopong....udah ga musim bawang merah lagi....saya lebih sering pakai bawang bombay. Bawang merah goreng yang ini dibawain suami pas mudik ^^

      Delete
  2. sering lihat nih resep...
    tp belum pernah bikin... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang populer ya Mbak.....sekali2 dicoba ;)

      Delete