Sunday, September 23, 2012

Cake Karamel (Bolu Sarang Semut)

caramel cake bolu sarang semut

Kue karamel atau bolu sarang semut ini adalah favorit saya sejak kecil, sukaaa bangeettt sama kue ini. Rasanya enaak deh pokoknya, sewaktu kecil klo diajak ke toko kue selalu pilih kue ini....hehe...
Bbrp waktu yang lalu, Mbak Elly Salman posting foto kue ini di fb, waah....jadi kepingiiiin banget, pengen mbikin. Tapi resepnya belum ditulis di blog sama Mbak Elly. Karena saking kepinginnnya mbikin, akhirnya sy cari2 resep kue karamel ini. Sy coba pake resep Bu Fatmah Bahalwan dr NCC Indonesia. Alhamdulillah sukses dan enaak bangeettt.... ^^
Dibawah ini sy tulis resep aslinya, sy pakai setengah resep dr resep asli. Yuk disimak resep nya.....

Karamel Cake 

Bahan:
425 gr     gula pasir 
450 ml     air panas 
180 gr     tepung terigu
50 gr       tepung maizena
8 btr        telur ayam
150 gr     margarin
2 sdt        soda kue
200 ml     susu kental manis

Cara Membuatnya:
  • Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. (*Ummi: pakai mikser kecepatan paling rendah, asal rata). Matikan mixer.
  • Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  • Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung. (*Ummi: pakai loyang persegi 18cm)
  • Panggang dalam oven, suhu 180'C selama kl. 40 menit atau sampai matang. (*Ummi: oven di  microwave oven suhu 160 deg C selama 20 menit, dilanjutkan suhu 140 deg C selama 25 menit)


caramel cake bolu sarang semut






Catatan oleh Bu Fatmah Bahalwan :
  • Adonan caramel cake ini unik. Encer, sama sekali tidak terbayang bahwa adonan encer ini akan menjadi cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
  • Mendapatkan sarang yang banyak sampai bisa buat ‘ngeker’ (ngintip), adalah dari proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan skm terlalu lama. Krn bila terlalu lembut jadinya cake kurang bersarang. Sebagian orang malah cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan speed rendah saja, atau speed tinggi tapi sebentar banget.
  • Jangan kaget, bila adonan nampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya kampul-kampul dipermukaan). Mereka semua akan menyatu saat kena panas oven.
  • Sebaiknya selalu lapisi Loyang dengan Loyang kotak yg lebih besar dibagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari ada tetesan lemak/minyak adonan yg langsung kedasar oven. Minyak yg menetes kedasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan asap banyak. Kejadian ini sering membuat panic (dikira kebakaran).
  •  Kesimpulannya, membuat caramel cake jangan mikir terlalu berat. Just do it saja, ikuti perintah resep.…hehehe, sejadinya adonan, langsung oven deh. Kejutannya adalah ketika mendapatkan cake yg lembut, kenyal, bersarang dan enak bangeettt...


kue karamel bolu sarang semut


Alhamdulillah berhasil mbikin karamel cake ini..... enak banget, rasanya manisnya pas. Oya, untuk proses mengocok margarin dan skm, sy pakai mikser kecepatan paling rendah. Ngocoknya tidak terlalu lama. Asal campurannya merata. Untuk mengaduk tepung dan karamelnya pun sy jg pake mikser kecepatan rendah, tapi sebentar banget, cuma beberapa kali adukan saja, asal rata. Bener seperti kata Bu Fatmah, adonannya encer banget, tapi pas matang bisa mengembang dan berserat....Sekeluarga pada suka dg cake ini. Langsung lariiiss.... ^^

27 comments:

  1. sedaaap n kereeennn....
    nggak bosen makan cake ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah....makasih udah mampir Mbak Elly Salman....iya bener, suka banget dg cake ini, klo mbikin selalu lariis, ga pernah bosen ... tapi syg, susu kentan manis, disini agak susah nyarinya, biasanya nunggu kiriman dr indo atau beli di toko milik org indo, susu indomilk sekaleng kecil 35rb... :(

      Delete
  2. saya juga fans berattt dengan kue ini mba...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Mbak ^^
      waah... samaa ya Mbak, ini kue favorit sejak kecil....enaaakk, suka bangeett :))))

      Delete
  3. mbak, cake ini mesti pake loyang tulban ya?
    loyang bundar 18 cm bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya pakai loyang kotak (persegi) 18cm , Mbak....pakai loyang bundar 18cm jg bisa, mgkn hasil cakenya jadi lebih tinggi :)

      Delete
    2. Mksh resepnya mbk...berhasil nyarang bgt

      Delete
  4. trimakasihhhhhh
    sukadeh cake nya

    ReplyDelete
  5. Mba ini pake margarin atau mentega ya klo bole tau ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu kental manis 200 ml itu dicampur air atau asli skm mbak?

      Delete
    2. Tidak dicampur air Mbak... Pakai skm aja, memang agak banyak. Saya mbikin separuh resep aja.... Klo kemanisan, bisa dikurangi sedikit takaran gula pasirnya.

      Delete
  6. assalammualaikum,mbak ummu aku santi di bandung dah nyoba bikin caramel cake enak bngt tp knp yach ko pas di oven adonanny meluber ke loyang yg di bawahnya?apa yg salah yach mbak? makasih resepnya. kebetulan ke dua anakku lg seneng makan kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...
      Maaf baru balas Mbak... Baru baca komennya :(
      Klo sampe luber berarti terlalu penuh Mbak... Loyangnya kekecilan.
      Saya mbikin separuh resep aja, jadinya lumayan banyak :)

      Delete
  7. Assalamu'alaikum... salam kenal ... senang ketemu blog yg cantik ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh. Salam kenal juga Mbak... Makasih sudah berkunjung kemari ^^

      Delete
  8. assalamualaikum..mb mau tanya, kalo baking soda nya gak dipake gimana ya hasilnya?
    sy pernah bikin, tp wkt itu pake resep lain, baking sodanya sy gak pake..& hasilnya jadi dodol deh mb..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumusalam warohmatullohi wabarokaatuh...
      Saya udah lama ga mbikin ini Mbak. Klo tanpa baking sodanya, belum pernah nyoba Mbak... Kurang tau gimana hasilnya.

      Delete
  9. ass...
    salam kenal mba... mau tnya ya mba, klo pake cetakan kue pie yg kecil2 bs 'ga? soal'y aq pngn coba bikin tp 'ga pnya loyang bsr...mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...mohon maaf baru terbalas komennya Mbak. waktu Mbak komen, saya baru kembali ke tanah air, lagi repot2nya pindahan, nurus ini itu dll...
      Saya belum pernah mbikin pakai cetakan pie kecil Mbak...tapi silahkan dicoba saja. Semangaat ya Mbak ^^

      Delete
  10. mba..resep caramel cake/ sarang semut ini uenakkkk bangett. sy sudah recook manis nya pas, dan akhirnya ada yg order 4 loyang hihihi..alhamdulilah. terimakasih resepnya ya mb.. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...alhamdulillah Mbak. Sama-sama, salam kenal juga yaa ^^

      Delete
  11. Kalau ibu saya, khusus bolu sarang semut ini, tidak mau dikocok pakai mikser, mbak. Maunya harus pakai tangan. Pernah bantuin ngocok pakai tangan, pegel pake banget...hehehe.

    ReplyDelete
  12. Mba 8butir telur ini mke loyang ukran brpa ya kalo tulban.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum salam kenal saya husna dari jember, alhamdulillah sudah nyoba resep ini..cucok enak banget...langsung ada yg mesen 3 loyang. Makasih resepnya

    ReplyDelete