Wednesday, September 5, 2012

Gulai Ikan Salmon

gulai ikan salmon


Satu lagi menu favorit keluarga sy yaitu gulai ikan tongkol. Ini adalah kesukaan saya sejak kecil. Kali ini saya mencoba membuat gulai ikan salmon, karena kebetulan lagi ada stok ikan salmon di rumah :))))

Gulai Ikan Salmon

Bahan :
300 gram ikan salmon segar, potong2
350 ml santan encer
150 ml santan kental
1 siung bawang bombay, iris tipis2
1 buah paprika hijau, potong2
1 buah paprika merah, potong2
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2-3 cm laos, keprek

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
4 buah bawang putih
5-8 buah cabe hijau atau sesuai selera
1 1/2 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, paprika hijau, paprika merah, bersama daun salam, daun jeruk dan laos. Setelah agak layu, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
Tambahkan santan encer. Masukkan ikan salmon, masak hingga ikan salmon matang, bila perlu bolak balik ikan supaya matangnya rata.  
Setelah ikan matang, masukkan santan kental. Didihkan (bila suka, didihkan hingga kuah santan berminyak). 
Angkat dan sajikan ^^ 


gulai ikan salmon


Alhamdulillah, abinya anak2 suka, apalagi ini sy buat pedas....berasa pengen nambah nasi terus...hehe....Karena pedas, tentu saja anak2 ga suka, sy masakkan udang goreng tepung dan sup jamur wortel brokoli untuk mereka ^^

Note : 
Ikannya bisa pakai ikan tongkol, gurami, nila, atau ikan apa saja, sesuai selera. Terkadang saya pakai tulangan ikan, hmmm....sedaap juga lho. Oya, klo lagi malas ngulek atau mblender, bumbu halusnya saya rajang dan tumis gitu aja, lalu masak seperti biasa :))))


-Happy Cooking ^^ 



4 comments:

  1. makasih um udah jadi follower di blog saya. Udah saya follow balik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak....makasih jg, happy blogging ^^
      Saling berbagi resep dan pengalaman masak-memasak dan baking2, ya Mbak :)))

      Delete
  2. wah makanan kyak gni enaknya di mkan sama keluarga ..
    mantap

    ReplyDelete