Friday, February 1, 2013

Kebab Turki

kebab turki

Bismillah, Assalamu'alaikum....salam hangat semuanyaa....udah lama ga update blog, kangeen rasanya...:) Kali ini posting yang simple2 aja, kebab turki, favorit saya dan suami, krn anak2 krg begitu suka. Yang ini mbikinnya ga pake lama dan ga pake ribet krn sy pakai tortila yang beli jadi, siap pakai...hehe :)))
Tapi untuk resep tortila nya tetep sy tuliskan dibawah ya, barangkali suatu saat pengen nyobain ^^

Kebab Turki 
Source : http://kitabmasakan.com/2011/08/resep-kebab-turki/

Bahan : 
Tortila 1 buah (*ummi: beli jadi, siap pakai)
1 sdt Margarin
Selada (*ummi: ga ada stok, pakai kubis)
Timun , iris tipis
Tomat , iris tipis
50 gram Irisan daging kebab  *resep di bawah
Saus tomat
Saus sambal
Mayones
(*ummi: tambah keju parut secukupnya)

Bahan Tortila :
350 gram tepung terigu
1 sdt garam
150 ml air hangat
100 ml minyak sayur

Bahan Daging kebab turki:
½ kg daging sapi, iris melintang serat (*ummi: ga ada stok, pakai daging giling secukupnya)
2 siung bawang putih
2 cm jahe (*ummi: skip)
½ sdt ketumbar
100 cc yoghurt
3 buah cabai merah (*ummi: skip)
Garam dan lada secukupnya


Cara membuat kebab turki:

  • Daging kebab: Pukul-pukul daging hingga agak melebar. haluskan cabai merah, bawang putih, jahe dan ketumbar. Campurkan daging sapi dengan bumbu halus. Beri yoghurt, garam dan lada secukupnya. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah bumbu meresap, panggang sampai matang. (*ummi: pakai daging giling, ditumis hingga matang)
  • Tortila: Campur tepung terigu dengan garam, aduk rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, lalu buat adonan yang dapat dibentuk. Tambahkan minyak sayur, dan uleni terus hingga kalis.Istirahatkan adonan selama 1 jam. Bagi menjadi 8 bagian.Ambil satu bagian adonan, pipihkan dan bentuk bulat.Panaskan 1 sdm minyak sayur dalam wajan pipih, masukkan adonan dan masak selama 1 menit, lalu balik, masak 1 menit, angkat. Sisihkan.Bungkus tortilla dengan aluminium foil, simpan dalam freezer, bila akan digunakan,panaskan dalam oven.
  • Letakkan tortila di atas piring, tata sayuran di tengah tortila dengan bentuk memanjang. (*ummi: panaskan tortilla di wajan teflon, tanpa minyak, hingga kecoklatan, setelah itu baru tata sayuran di tengah2 tortila)
  • Semprotkan saus tomat dan saus sambal di atas sayuran.
  • Tambahkan daging kebab di atasnya, ratakan. Tambahkan keju parut diatas daging.
  • Semprotkan mayones di atas daging dan keju parut tadi, gulung dan padatkan. (*ummi: langsung disajikan, tanpa perlu dipanggang lagi krn tortila sdh dipanaskan sebelumnya)
  • Panaskan margarin, panggang kebab turki hingga kecokelatan. Angkat. (*ummi: skip)

Note :
Pas mbikin kebab berikutnyasy pakai daging sapi fillet. Tapi ga dipanggang, ditumis aja :) Biasanya klo mbikin kebab ini, seringkali saya bolak balik susunannya, sayurannya sy tata dulu, selada/kubis-timun-tomat, lalu tambahkan daging dan keju parut, baru diberi saus tomat-saus sambel-mayones. Pokoknya sesuka hati aja susunannya....yang penting enak :)
Tadinya yang suka ginian adalah suami, beliaunya sering request, akhirnya sy jd ikut2an doyan jg, dan walau tanpa daging (edisi kepepet:p) pun kami tetap suka, sayurannya mbikin seger, serasa makan salad tapi pakai tortila ;)


20 comments:

  1. ishh suka banget potona mbak...canteek..

    pa kabar nih? lama gak apdet.. lagi blogging-blue kah?heheh...semanagat trs ya um:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih, itu fotonya malem2 Mbak...biasa aja, mati gaya...hehe...
      Alhamdulillah baik Mbak, iya kali ya bloggingblue, abisnya disini dingiiin bangeet....minggu lalu minus2 terus suhunya, baru minggu ini agak anget, jg abis kena flu nih dan sedikit masalah dg kehamilan (alhamdulillah bukan masalah serius dan sdh ditangani dokter). Seminggu ini jg ditinggal suami conference ke Korea, jd gitu deh...single fighter :D

      Delete
  2. waalaikumsalam wwb ummi sayang.... :)
    hanya bisa lihat fotonya aja...hiksss
    aku juga lg bloggingblue.... lagi males aja bawaannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...kq tumben Mbak Mimie bloggingblue...biasanya ruajiiinn....klo sy mah banyak malesnya :D

      Delete
  3. waaa favorit.... jadi pingin pulang umm, di semarang ada kebab uenaakkkk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka jg ya Mbak....sy belum pernah beli jadi selama di indonesia, suami mgkn yg sering kuliner kebab :)
      kadang2 di resepsi pernikahan, jg ada menu kebab :)

      Delete
  4. bismillah waah bagus banget foto2nya n keliatan yummy. lagi googling resep2, eh nyasar di blognya mb citra. benernya sering ngintip disini sih, baru ngeh klo ni mb citra tc 2000 ya? "stlh baca comennya d very

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.....seneng bs ketemu temen lama, walau cuma di dunia maya :)....Iya, sy citra, tc'99 ^^

      Delete
    2. sedikit meleset ya mb, seingetku nt tc''00 soale..aq sinta '01, dulu aq ikut mentoring nt pas maba "mb pernah commen gini dl pr koq pke celana to d kaya anak lk aja, he, tp alhamdulillah nt ingetin" mgkn nt dah lupa jg. aq 1 kontrk ma d very dl

      Delete
    3. Dek Shinta'01 ya...afwan, agak2 lupa ingat, kadang ingat wajah tapi lupa nama atau sebaliknya :) kontak2an di fb atau email yuk, emailq : ummu_faruqzahro@yahoo.com atau ummufatima1409@gmail.com ^^

      Delete
  5. Cakep fotonya Um... suka bgt kebab ... inget dulu di Aussie sering bgt beli kebab di restoran turki soalnya jelas halal, jd kalo pengen jajan atau laper pas jalan2 ya kebab ini sasarannya he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...suka kebab jg ya Mbak ^^ klo sy, selama di indo malah blm pernah beli, mgkn suami yg sering beli sewaktu masih bujang...hehe :)
      iya Mbak, sama....kadang2 disini jg pengen sesekali makan/jajan di luar ...paling2 bisanya ke restoran sushi, pilih menu seafood yg jelas2 halal :)

      Delete
  6. duh fotonya sukses bikin ngiler mba :)

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. makasih Bunda Henny....:) kebab yang ga pake lama dan ga pake ribet ini mbikinnya ^^

      Delete
  8. Look yummy,....mana potona kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah singgah kemari Mbak.... ^^
      kebab jd favorit sekeluarga, anak2 jg suka, tapi sy masih belum berhasil mbikin tortillanya sendiri nih.... tempo hr mbikin, ketebelen...:(

      Delete
  9. Hai umm..... salam kenal....
    Mau tanya duonk.... yogurtnya itu pake yogurt yang kental ato bisa pake yang cair...?
    Soale di sini kalo mau beli yogurt kental kudu 6 jam perjalanan dari rumahku.. maklum mbak, dusuuuunnn.... trz gak ada yang jual kebab di sini.... pengen makan kebab kudu naek pesawat dulu.... hihihihi..... dari pada naek pesawat mending bikin ndiri ajah.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak. Maaf baru balas. Saya pakai yogurt kental. Klo susah didapat, bisa dicoba pakai yogurt cair. Resepnya fleksibel, bisa dimodifikasi sesuai selera dan bahan yg ada :)

      Delete