Friday, January 10, 2014

Siomay Ayam



Bismillah....
Siomay ini adalah salah satu makanan favorit saya dan suami. Sejak di Surabaya udah sering mbikin,  biasanya pakai ikan patin, karena ikan patin lebih mudah didapat dan dagingnya gurih, saya suka. Semenjak di kumamoto, malah lebih sering mbikin siomay ayam, kadang siomay udang ayam. Kalo dulu mbikinnya asal cemplang cemplung aja, ga pakai resep....hehe...klo siomay ayam ini, resepnya saya adaptasikan dari resep siomay Bandung di web NCC.  Resep siomay ini bisa juga untuk batagor, tapi saya lebih sering mbikin siomay. Yang jelas apapun bahannya siomay ini selalu jadi favorit saya ^^







Siomay Ayam 
Source: NCC Indonesia, resep aslinya Siomay Bandung

Bahan:
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan (*ummi: 500 gr daging ayam giling)
2 sdm   bawang merah halus
1 sdm   bawang putih halus
2 sdt     lada halus
1 sdt     chicken powder (*ummi: ga pakai)
3 sdm   gula pasir
3 sdt     garam
1 sdm   minyak wijen (*ummi: ganti 2 sdm kecap asin)
3 btr     telur
400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan (*ummi: 250 gr labu siam parut halus/blender)
450 gr  sagu tani (*ummi: 250 gr tepung tapioka/potato starch)

Cara membuatnya:

Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.
(*ummi: karena disini jarang kulit siomay halal yang siap pakai, adonan saya isikan ke dalam tahu kulit (goreng) yang dipotong diagonal kemudian dikukus 30 menit. Pelengkap : telur rebus, kentang kukus, dan kubis kukus/rebus))


Batagor

Bahan:
1 resep adonan siomay Bandung
10 buah tahu putih besar, potong dua bentuk segitiga
atau
Kulit somay secukupnya

Cara membuat:
Kerat sisi tahu dengan garpu, keluarkan sedikit isinya.
Isikan adonan siomay, goreng hingga matang.
Atau isikan adonan somay ke dalam kulit somay, satukan sudut-sudutnya, goreng hingga matang.


Sambal Kacang
untuk Siomay dan Batagor
(*ummi: pakai sambal pecel)

Bahan:
500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang
1,5 ltr   air matang

Cara membuatnya:
Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
Haluskan cabe merah dan bawang putih.
Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.

Pelengkap penyajian:
Jeruk limau
Kecap manis
Saos tomat

10 comments:

  1. Uwaaaa..saya sula bgt siomay mbk..plus batagor ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg sukaa Mbaak......kuliner indonesia memang top abis yaa ^^

      Delete
  2. lama nggak kesini begitu datang ada siomay. Hujan-hujan paling pas makan siomay anget nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...iyaa...silahkan Mbak Rina, saya juga udah lama ga jalan2 ke Dapur Manis....pasti ketinggalan yang enak2 :(

      Delete
  3. Kesukaan sy bgt ini mi... hmmm.. ga d kasih jeruk limau y mi? Kl ada, pasti tmbh maknyusss... ;D


    Mau tanya mi, labu siam dlm adonan tu spy apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jeruk limaunya ga ada Mbak...hehe....

      labu siam nya kayaknya mbikin adonannya jadi lebih empuk ya....setelah dingin (ga anget) jadinya ga alot, tapi kenyal....pernah juga sih mbikin yang ga pakai labu siam....setelah dingin kurang empuk....

      Delete
  4. lama gak bikin siomay, dan sama, saya jg biasanya bikin yg dr ayam, soalnya gak bisa makan ikan..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... waktu di surabaya saya biasanya pakai ikan patin, Mbak....dagingnya lembut gurih ^^
      disini pernah nyoba 2 kali pakai ikan saba....amis banget, lupa ga dilumuri jeruk lemon ikannya :D

      Delete
    2. ikan saba mirip ikan tongkol bentuknya Mbak....dagingnya tebel ^^

      Delete