Thursday, January 23, 2014

Kue Kucur atau Cucur



Bismillah....
Siang tadi saya jalan2 ke blog Mbak Hesti, lihat postingan kue cucur atau kalau di kota asal saya dikenal sebagai kue kucur, salah satu jajanan favorit sejak kecil. Tiba-tiba saya jadi teringat pernah membookmark resep kue cucurnya Mbak Anita IbuEasycooking. Jadi penasaran banget pengen mbikin kue cucur. Akhirnya sore2 segera nyiapin adonannya dan mulai merebus larutan gulanya. Resepnya saya pakai resep Mbak Anita, makasih resepnya ya Mbaak  dan kepada Mbak Hesti, makasih atas inspirasinya ^^

Ternyata mbikin kue kucur ini tidak semudah yang saya bayangkan, karena saya terkendala dengan wajan cekung saya yang lengket banget...akhirnya susah payah nggorengnya...hehe...masih kurang cantik hasilnya. Tapi setidaknya saya udah pernah mencoba. Kalau dari segi rasa dan teksturnya udah hampir mirip kue kucur yang biasanya saya beli, enaaak.... walau terasa berminyak, karena memang khasnya kue kucur begitu ^^

Dan akhirnya karena kurang sabar dengan wajan cekung saya yang lengket tadi, sebagian adonannya saya buat crepes atau dadar garing tipis2 pakai wajan datar, saya tambah telur 1 butir dan saya tambah air, karena adonannnya masih terlalu kental untuk dibuat crepes. Dan hasilnya crepesnya enaak....anak2 suka sekali sampe berebut, mereka bolak balik minta lagi, "mou ikkai" ^^




Kue Kucur atau Cucur
Source : Mbak Anita IbuEasycooking

Bahan:
300 g tepung beras siap pakai
3 sdm tepung terigu (*ummi: 3 sdm munjung)
1/2 sdt garam
minyak goreng

Larutan Gula:
500 ml air
175 g gula merah, sisir halus (*ummi: 260 gr gula merah, kemanisan menurut saya)
100 g gula pasir (*ummi: ga pakai)
1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat:

  • Larutan Gula: Rebus semua bahan menjadi satu hingga gula larut dan mendidih. angkat lalu saring. Biarkan hingga agak dingin.
  • Campur tepung beras, tepung terigu, garam dan sebagian larutan gula. Aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
  • Tuangi sisa larutan gula, pukul-pukul dengan telapak tangan selama 30 menit – 40 menit hingga adonan terasa ringan.
  • Panaskan wajan besi, tuangi minyak hingga setengah tinggi wajan. (wajan cekung jangan wajan datar yaa )
  • Tuangkan 1 sendok sayur adonan, biarkan hingga bagian pinggirnya membeku/mengeras. Siram-siram dengan minyak dan tusuk bagian tengahnya dengan lidi agar adonan mengalir ke tepi. Goreng hingga matang seluruhnya.
  • Angkat.

Note : *Cara Mbak Anita,  untuk Point ke 3 tidak dipukul2 tapi diamkan selama 15 menit dan gorengnya pake wajan biasa bukan wajan besi. (*ummi: tidak dipukul2 tapi didiamkan 30-45 menit)







4 comments:

  1. nyamnyam..
    sama um, saya juga paporit bgt sm kue cuhcur ini *orang sunda bilangnya cuhcur*
    gak pernah bikin soalnya konon katanya kalo goreng cuhcur ini hrs pake wajan tembaga yang tebel biar bagus hasilnya [serat, tekstur dan kematangan kuenya ], kata tetangga yg ahli bikin cuhcur, jadinya mlipir sblum mencoba :D

    ReplyDelete
  2. o gitu ya Mbak......thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
  3. Pake penggorengan kecil itu bukan ? Lg nunggu tmn yg Balik mudik nih, udah nitip.. Nti coba ah resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai wajan cekung besi.... tapi ga tebel banget sih wajannya Mbak...dan ternyata lengket wajannya...hiks.....harusnya pakai wajan khusus buat kucur kali ya...

      Delete