Friday, January 24, 2014

Batagor Ayam (wanna be)


Bismillah....
Hari ini saya mbikin batagor ayam. Pada intinya resepnya sama seperti siomay ayam yang tempo hari saya posting. Tapi kebetulan kali ini saya ga punya stok labu siam, saya coba ganti pakai lobak/radish/daikon (yang bentuknya bulat besar dan kulitnya merah keunguan), saya hanya pakai 100gr aja. Dan resepnya saya utak atik lagi, dan hasilnya ternyata enaak....gurih, empuk kenyal, suami saya suka sekali, sampe ketagihan...hehe...akhirnya jadi kepikir untuk sharing resepnya di blog :)
Saya sebut batagor wanna be karena kalau batagor harusnya kan digoreng ya, sesuai dengan namanya bakso tahu goreng, berhubung saya kurang suka yang digoreng akhirnya saya kukus aja :D Bener-bener ga mirip batagor ya...hehe....yang penting buat saya enaak :P

Buat  teman-teman yang tinggal di Jepang dan sekitarnya, jika kesulitan mendapatkan labu siam mungkin bisa dipertimbangkan untuk diganti dengan lobak/daikon/radish ^^
Pemakaian labu siam biasanya mbikin siomay/batagor tetap empuk kenyal walau sudah dingin...dan menurut saya, pemakaian lobak ini juga bisa menggantikan labu siam yaitu tetap awet empuknya walau sudah dingin ^^





Batagor Ayam

Bahan-bahan :
10 bh tahu kulit, potong diagonal atau bentuk segitiga atau bisa pakai kulit siomay
250 gr daging ayam giling (*ummi: pakai daging ayam utuh yng diblender bersama telur dan lobak)
3 butir telur
150 gr tepung tapioka/sagu
50 gr tepung terigu (bisa diganti tapioka)
100 gr lobak/daikon/radish (bisa diganti labu siam), parut halus

Bumbu-bumbu :
1,5 sdm bawang putih halus
1 sdt merica bubuk
1 sdm jahe bubuk
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1-2 sdm minyak wijen (*ummi: ganti 1-2 sdm kecap asin)

Cara Membuat :
Campur daging ayam dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata. (*ummi: blender daging ayam bersama telur dan lobak)
Tambahkan lobak/ labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu/tapioka dan tepung terigu, aduk rata lagi, sisihkan.
Kerat sisi tahu dengan garpu, keluarkan sedikit isinya. (*ummi: pakai tahu kulit)
Isikan adonan ayam, goreng hingga matang. (*ummi: dikukus hingga matang)
Atau isikan adonan ayam ke dalam kulit somay, satukan sudut-sudutnya, goreng hingga matang.

Sambal Kacang
(*ummi: pakai sambal pecel)

Bahan:
500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang
1,5 ltr   air matang

Cara membuatnya:
Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
Haluskan cabe merah dan bawang putih.
Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.

Pelengkap penyajian:
Jeruk limau
Kecap manis
Saos tomat



15 comments:

  1. Replies
    1. hujan2 memang paling enak ngemiil ya Mbaak ^^

      Delete
  2. belum pernah bikin batagor um. Habis disini kalo mau beli tengiri muahalnyaaaaa....musim penghujan gitu. Satu ekor bisa 50-60rb. Kalo diambil dagingnya nyusut banyak deh. jadi ngiler liat picnya *ambil lap*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di sby saya juga jarang beli ikan tenggiri Mbak....biasanya pakai ikan patin. Pakai ayam jg enaak ^^

      Delete
  3. uumu, daging ayam utuh maksudnya gmn? ayamnya diiris2 aja atau gimana..?
    hihihi bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....di bagian cara membuatnya sudah saya tuliskan Mbak.....daging ayamnya saya blender bersama telur dan lobak....mestinya pakai food processor ya, tapi ga punya :(

      Delete
    2. ooo ya ya, kmrn gak liat di cara bikinnya:)
      sama sy jg gak punya hihihi

      Delete
  4. Replies
    1. huwaa...maaf...telat balas komennya...udah abis Mbaak...mbikin yuuuk ^^

      Delete
  5. Ngiler mba Citra ,tanpa labu n lobak gimana ya?alot tdk?lainnya ready :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah juga sih Mbak...mbikin siomay ayam tanpa labu....klo hangat enak, empuk kenyal....klo udah dingin, sedikit mengeras....tapi ga alot :)

      Delete
  6. Blendernya pakai yang besar atau kecilnya mba?enak bgt pas hujan gini

    ReplyDelete
  7. saya pakai blender yang besar, yang biasanya utk ngejus Mbak....tapi harus diblender bersama telurnya :)

    ReplyDelete
  8. sslm knl mba..sng bgt nemu blog nya krn sy lg blajar masak di jepan ini..ktnya si lobak ini aga bau ya mba klo ga direbus stengah mateng dulu gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...salam kenal jg Mbak....seingat saya lobak ini tidak terlalu langu. hampir tidak ada baunya. IMHO :)

      Delete