Sunday, January 5, 2014

Krengsengan Daging

Bismillah...
Udah lama ga nengokin blog...hehe...keasyikan nemenin anak -anak liburan. Dua minggu ini anak-anak libur sekolah, libur awal musim dingin....klo ditanya, liburan ngapain aja? hmm...apa ya, banyaaak....hehe... jalan2 kodomo bunka kaikan (tempat bermain indoor) di salah satu mall disini, ke taman bermain, ngajak anak2 bersih2 rumah, nyapu halaman, njemur baju, nyuci piring, menggambar, main sekolah-sekolahan, ini anak2 lagi seneng2nya main lego kayu dan gasing.....pokoknya main apa aja, yang penting bukan main game ataupun nonton film kartun di komputer (karena memang kami ga punya TV) ^^
Begitulah sibuknya liburan di rumah, jadi malas foto2.... hehehe.... tiap hari sih tetep masak seperti biasa, mbikin kue2 dan camilan.... tapi mood foto2 itu lho, tiba2 lenyap :p
Dan kemarin saya masak krengsengan daging, pas udah mau maghrib baru keinget pengen moto, buat dokumentasi resep, biar ga lupa....fotonya asal jepret aja ya, ga pake style apa2... :D





Krengsengan Daging
Source : Resep Nugraha, (resep aslinya, krengsengan kambing)

Bahan:
750 gram daging sapi has dalam, potong kotak tipis
2 buah tomat, cincang kasar
3 buah cabe merah, iris serong tipis
3 sdt garam atau secukupnya
1 sdt merica bubuk
3 sdt gula pasir atau secukupnya
200 ml air rebusan daging atau secukupnya
4 sdm kecap manis atau sesuai selera
3 sdm petis udang

Bumbu halus:
8 butir bawang merah (*ummi: pakai bawang bombay)
4 siung bawang putih
2 buah tomat, rajang halus
2 buah cabe merah (*ummi: pakai paprika merah) 
5 buah cabe rawit merah (bisa dihilangkan kalow gag suka pedas)
1 sdt jahe cincang (*ummi: ga pakai, lupa)
1 sdt ketumbar (*ummi: 1 sdm ketumbar bubuk)


Cara Membuat :
Rebus daging dg air secukupnya hingga matang dan hampir empuk, jangan terlalu lunak. Angkat dan sisihkan. (*ummi: rebu dengan panci presto)
Tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan cabe merah, aduk rata sampai cabe layu.
Tambahkan daging yang sudah direbus dan air rebusannya, masukkan garam, merica dan gula pasir.
Tambahkan petis dan kecap, aduk sampai petis tercampur rata. (bisa juga petinya dilarutkan dulu dg sedikit air, baru kemudian dimasukkan)
Masak sampai daging empuk dan bumbu meresap/ air terserap habis. Angkat dan sajikan.



15 comments:

  1. sama um, udah mati gaya aja nih motretnya... jadi camilan2 berlalu tanpa meninggalkan kenangan hahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....klo Mbak Ayu mah selalu rajin dan foto2nya cakep2.....klo saya lagi males ya kayak gini ini deh hasilnya :p

      Delete
  2. mantap banget mba.... masuk list dapurku nih ^^

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum, ijin nyontek-nyontek resepnya ya mbak. Mbak asli jawa timur ya?? aku juga jawa timur, tepatnya kota kecil diujung barat "bojonegoro". afwan mbak jadi sok kenal banget.... hehehe...
    salam kenal,, -ayu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.....monggo silahkan dicoba2 Mbak...semoga cocok ya ^^
      Iya, rumah saya di surabaya Mbak...tapi saya asli Bondowoso. Suami saya juga asli Bojonegoro lho....tepatnya di Padangan....sewaktu di indo, saya sering mudik ke Padangan....^^
      Klo Mbak Ayu, dari Bojonegoro mana? siapa tahu bisa ketemuan nantinya :)

      Delete
    2. wah ternyata deket mbak, saya asli tambakrejo mbak, kalo dari padangan keselatan arah mau ke ngawi... tapi sekarang saya tinggal di malang,,, tapi sering banget mudik .... wah pengen banget bisa ketemu biar bisa sharing resep... hehehe.....

      Delete
    3. wah ternyata deket mbak, saya asli tambakrejo mbak, kalo dari padangan keselatan arah mau ke ngawi... tapi sekarang saya tinggal di malang,,, tapi sering banget mudik .... wah pengen banget bisa ketemu biar bisa sharing resep... hehehe.....

      Delete
    4. Oo....daerah yang ke arah Ngawi itu ya Mbak.... iya deket....temennya suami ada yg rumahnya di Ndono....semoga bisa ketemuan ya Mbak ^^

      Delete
  4. lho..malah baru "ngeh" kalo ini namanya krengsengan..seringnya dibikin begini padahal kalo ada stok daging... praktis dan enak..:) o iya Um, saya ijin follow ya...:) makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...kalo saya lebih ssering mbikin semur dan lapis daging, Mbak....terima kasih udah di folllow Mbak....^^

      Delete
  5. hmm enak skali,, inget pas dikantor dulu klo ada bancakan selalu krengsengan pedes, hmm nyummy... pngen segera praktekin resep2 nya ibu di jepun,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk dicoba2 resepnya Mbak.....kebanyakan resep saya simple2 bahan dan cara membuatnya....semoga ada yang cocok yaa ^^

      Delete
  6. mbak ijin nyontek dan copy resepnya ya... kmrn habis mraktekin resep ini ... jazakillah khairan mbak... ditunggu resep resep sederhana lainnya ...(saya masih tahap awal belajar masak)

    ReplyDelete
  7. Monggo silahkan Mbak.....kalo ada yang cocok silahkan dicoba2....semoga sukses ya .... ^^
    Wa anty jazakillah khoir......Saya juga masih terus belajar Mbak.... :)

    ReplyDelete