Wednesday, January 15, 2014

Talam Pisang

Bismillah....
Masih seputar olahan pisang :) Beberapa waktu yang lalu saya mbikin talam pisang ini. Resepnya hasil browsing-browsing di youtube....bahan dan cara membuatnya simple banget, jadi mesti dicoba donk. Resep asli pakai satuan cup/cawan, yang saya buat menggunakan gram. Saya mbikin 1/2 dari resep asli, tapi resepnya sedikit saya modifikasi. 

Talam pisang ini untuk lapisan bawahnya legit, manis gurih, karena pakai gula palem, dan kelapa parut. Sempet ragu juga, kalau pakai kelapa parut gimana ya hasilnya, lapisan bawahnya ini juga tidak pakai cairan baik santan atau susu. Mungkin karena jumlah pisang yang digunakan lumayan banyak, adonan sudah cukup lembek jadi tidak memerlukan santan lg. Pakai kelapa parut ternyata enak, asal jgn terlalu banyak...hehe...yang saya pakai terlalu banyak, karena saya salah baca resep, resep aslinya 1/2 cawan, saya pikir 1 cawan...:D Tapi alhamdulillah anak-anak suka, tadinya saya pikir bakal ga suka karena penampakannya memang tidak seperti cake yang biasanya saya buat, tapi ternyata dugaan saya salah, mereka sukaaa ^^

Untuk lapisan atasnya, guriiih.... saya pakai lebih banyak dari resep asli supaya lebih tinggi/tebal....tadinya saya pakai sesuai resep asli kemudian saya kukus, ternyata terlalu tipis, kemudian saya tambah lagi diatasnya, jadi lebih tinggi, tapi di tengah adonan putihnya tetap terlihat garis pemisahnya :)

Oya, tips supaya kue tidak cepat basi, pernah saya baca di blog Mbak Rina Audie.... makasiih banyak tips nya ya Mbak...., yaitu setelah talam matang, buka tutup kukusan, lanjutkan mengukus supaya uap diatas kue mengering dan kue tidak cepat basi (kira-kira 10 menit).





Talam Pisang
Source : Kuih Talam Pisang di youtube, (saya pakai 1/2 dari resep asli), resep berikut sudah saya modifikasi

Bahan-bahan:
Lapisan bawah :
350 gr pisang yang sudah dikupas (*ummi: pakai pisang cavendish)
100 gr gula palem
50 gr kelapa parut (*ummi: 75 gr kelapa parut kering + 50 ml air)
1 butir telur
100 gr tepung terigu (resep asli pakai tepung gandum)

Lapisan atas :
200ml santan
1/2 sdt garam
6 sdm peres tepung beras + 1 sdm peres maizena

Cara Membuat :
Panaskan kukusan.
Lapisan Bawah : Haluskan pisang, masukkan gula palem. Aduk rata. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata. Terakhir masukkan tepung terigu, aduk lagi hingga merata. Tuang adonan di loyang bundar diameter 18cm yang sudah dioles minyak. Kukus dengan api kecil hingga hampir matang (sekitar 20 menitan). Tutup kukusannya saya lapisi kain bersih.
Lapisan atas : Campur semua bahan lapisan atas jadi satu, aduk hingga tepung larut dan licin/tidak bergerindil.
Setelah lapisan bawah mengeras, tuangi bahan lapisan atas perlahan-lahan diatasnya, kukus lagi hingga lapisan atas matang (sekitar 20 menit).
Setelah matang, buka tutup kukusan, lanjutkan mengukus supaya uap diatas kue mengering dan kue tidak cepat basi (kira-kira 10 menit). Angkat. Potong-potong setelah dingin.

Note :
Pada lapisan bawah, kelapa parut yang saya pakai terlalu banyak. Sebaiknya ikuti resep aslinya yaitu 1/4 cup atau 50 gr. Jika pakai kelapa parut kering, bisa pakai 25 gr kelapa parut kering+25 ml air.
Untuk lapisan atas, resep aslinya hanya menggunakan sedikit tepung gandum, saya ganti pakai tepung beras, saya tambah takaran tepungnya. Jika ingin lapisan atasnya lebih padat, takaran tepung beras/maizenanya bisa ditambah sedikit.
Saat mengukus tutup kukusannya saya lapisi kain bersih.



14 comments:

  1. sama-sama um....
    duh bikin ngiler itu lapisan santan yang diatas. Kebayang manis gurihnya itu lho, hmmm...nyam nyam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mbak atas tipsnya...lupa belum saya cantumkan link nya....sudah saya tambahkan link nya ^^
      Kue talam selalu enak ya Mbak...lembut, manis gurih :) anak2 saya juga suka ^^

      Delete
  2. kalo gak liat judulnya pasti dikira cake pake buttercream hehehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....karena dicetak di loyang, jadi mirip cake ya Mbak....:)

      Delete
    2. pengennya sih dicetak di cucing gitu Mbak....tapi ga punya cucingnya :D

      Delete
    3. saya juga kalo bikin talam di loyang juga...:D

      Delete
    4. hehehe...samaaa, Mbak....sementara ini saya pakai peralatan yang ada dulu, insyaAlloh kalo udah balik ke indo, saya borong cucingnya :D

      Delete
  3. Ummu....pengen nyobain ah, bahan udah ada semua kecuali kelapa parut & pisang, besok belanja ah. Keliatan uenakk tenan. Seneng liat photonya......:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak.....monggo silahkan dicoba, semoga cocok yaa ^^

      Delete
  4. um..klo gula palm di ganti gula pasir biasa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga Mbak.....takarannya hampir sama mungkin ya 100 gr jg.....tapi nantibeda gurihnya, juga warna lapisan pisangnya :)
      pakai gula merah yang di serut halus jg bisa Mbak ^^

      Delete
  5. Umm, kenapa ya pas coba mbikin, lapisan atas dan bawahnya bergelombang??? Padahal apinya udh kecil....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm...mungkin apinya kurang merata Mbak? atau adonannya kurang rata? sebelum masuk kukusan mungkin bisa dihentakkan dulu loyangnya...
      pas mbikin ini, lapisan bawahnya juga agak bergelombang Mbak...karena lupa apinya pakai api sedang...selanjutnya waktu ngukus lapisan atasnya saya kecilkan apinya....:)

      Delete