Friday, January 31, 2014

IDFB Challenge#14 : Nasi Uduk Bayam


Bismillah....
Pertama kalinya ikutan IDFB Challenge...kemana aja ya selama ini... hehe...:D.  IDFB Challenge #14 kali ini  adalah olahan beras. Sempat pesimis juga, karena waktunya udah mepet banget, udah tinggal hari ini. Sementara hari ini saya dan suami harus menghadiri acara Open School di sekolah anak-anak. Semalam udah kepikir mau mbikin ini itu, dan...pada akhirnya harus takluk, cari resep termudah dan anti ribet...hehe....pilihannya jatuh pada nasi uduk bayam, sekalian untuk menu sehat anak-anak, kebetulan masih ada stok satu ikat bayam jepang (horenso) di rumah. Dan dimulailah proses memasak, sementara baby Atha masih bobok, dan ditengah-tengah proses memasak, baby Atha bangun. Sampai akhirnya proses memasak baru selesai tengah hari, nasi uduk dan ayam goreng bumbu santan matang. Pas banget waktunya makan siang, ternyata nasi uduknya enaak, sedep banget, rasanya guriiih wangi rempah-rempah....dan  tanpa bisa berlama2 lagi...akhirnya saya sekeluarga harus pergi menghadiri Open School di shogakkou (SD). Sore hari sepulang dari sekolah anak-anak baru sempat foto2... Alhamdulillah....dan menjelang malam baru sempat nulis di blog. Begitulah liputan untuk postingan kali ini...hehehe ^^





Nasi Uduk Bayam
Source : SajianSedap dengan modifikasi

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan Nasi:
500 gram beras Pure Green, dicuci bersih 
3 lembar daun salam 
1 batang serai, dimemarkan (*saya pakai 1/2 batang, karena stok terbatas)
2 butir cengkeh (*saya tdk pakai)
3 cm kayumanis 
2 sendok teh garam 
1 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk
200 ml air bayam dari 50 gram daun bayam dan 150 ml air, diblender dan disaring (*air bayamnya tidak saya saring)
500 ml santan dari 1/4 butir kelapa (*saya pakai santan instan)

Pelengkap:
Ayam Goreng Bumbu Santan
Kering Tempe Kacang
bawang goreng untuk taburan 

Cara Pengolahan :
Nasi: rebus santan, air bayam, daun salam, serai, cengkeh, kayumanis, merica bubuk, ketumbar bubuk dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan beras. Masak sambil diaduk sampai meresap (air terserap habis). Diamkan sebentar sambil ditutup.
Kukus 45 menit di atas api sedang sampai matang.
Sajikan nasi uduk bersama pelengkapnya.

Note :
Saya pakai beras Jepang dan bayam Jepang (horenso)




Untuk resep ayam goreng bumbu santannya, hampir sama seperti resep ayam goreng praktis yang pernah saya posting, hanya saja bumbunya ditambah 3 sdm santan kental, resepnya saya tuliskan lagi dibawah ini yaa :

Ayam Goreng Bumbu Santan

Bahan-bahan :
500 gr daging ayam, cuci bersih, potong-potong

Bumbu (takarannya sesuai selera) :
1 sdt bawang putih halus /parut
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt jahe bubuk
1 sdt kunyit bubuk
3 sdm santan kental (*saya pakai santan kental instan)
garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
Siapkan ayam, tusuk-tusuk ayam dengan ujung pisau supaya bumbu mudah meresap.
Taburi ayam dengan bumbu, campur hingga rata sambil diremas-remas atau dipijit-pijit. Setelah rata, diamkan dalam kulkas 30menit - 1 jam hingga bumbu meresap.
Panaskan minyak di wajan, goreng ayam dengan api kecil hingga matang kecoklatan.
Angkat dan tiriskan.

Note: Gunakan minyak agak banyak, sampai ayam terendam, minimal terendam separuh. Gunakan api kecil supaya matang bagian dalamnya.
Jika tidak ada jahe dan kunyit bubuk, bisa menggunakan jahe dan kunyit segar yang diparut halus. Atau bisa juga semua bahan bumbu diuleg halus dan dilumurkan ke ayam.








Mengenai Beras Pure Green, bisa dibaca-baca disini yaa : http://puregreenorganic.com/

10 comments:

  1. Waaaa makasih entry nya yaaa... kerennn mbakk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak....pertama kalinya ikutan challenge...dg foto dan resep sedehana ^^

      Delete
  2. emhh yamiii...
    cantik banget nasinya ummu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak....ijonya seger yaa....bayamnya sengaja ga saya saring ^^

      Delete
  3. cantik banget mbak fotonya,,,,,apalagi rasanya pasti enakkkkk,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih Mbak....foto2 Mbak Veronica jg keren2 ^^

      Delete
  4. assalamu'alaikum..
    apa kabar umm..
    selalu kagum sama ummu faruq ini karena selalu berusaha memberi makanan sehat ke ank"nya..
    daaaaaaaaan hasil fto umm selalu juara.. cuantiiiiiik
    liat warna hijaunya jadi ingat nasi pandan yg kubuat karena kurang pandannya jadi warnanya kurang hijau deh hehe..

    salam buat semua anakny"ny ya umm terutama sm baby atha.. hihi gemeeeees

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....maaf baru balas Mbaak....makasiih udah mampir. Foto2 saya masih seperti biasa Mbak....seringnya asal jepret karena kepepet :D
      wah, saya belum pernah mbikin nasi pandan...klo pandan memang ga bisa hijau banget, kecuali pakai pandan yan banyaak.....krn saya jg pernah mbikin dadar gulung pakai daun pandan, bbrp lembar aja, kurang hijau banget :)

      salam juga dari anak2...baby atha memang cempluk2nya ini ^^

      Delete
  5. Slm kenal ummu..
    Sy trtarik bgt sm pemakaian horenso. Krn stiap sy olah hslnya sering pahit. kl dbwt uduk trasa pahit g Ummu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mbak....kalau saya mbikin cake bayam dan nasi uduk bayam, alhamdulillah ga pernah pahit Mbak....saya cuma pakai bagian daunnya aja (yang hijau), tanpa menyertakan batangnya. bayamnya ga saya kukus dulu, tapi saya blender bersama santan baru direbus. Klo utk cake jg ga saya kukus bayamnya, langsung saya blender bersama minyak sayur :)

      Delete