Monday, January 13, 2014

Nasi Bakar Ayam Teri Nasi



Bismillah....
Udah lama kepengen mbikin nasi bakar. Nunggu punya daun pisang dulu... hehe....beberapa waktu lalu berseliweran postingan nasi bakar di fb. Duuh...mbikin ngiler. Akhirnya browsing2, penasaran dengan resep nasi bakar Bu Fatmah Bahalwan yang terkenal enak, dan ketemu resepnya di blog Mbak Marisa Tamara dan Mbak Nony Aska Daulika. Resepnya Bu Fatmah memang mantab, tapi saya mbikinnya ngikutin cara praktisnya Mbak Nony yaitu nasinya pakai nasi udah mateng yang dimasak di magic com biasa. Terima kasih banyaaak Mbak Nony dan Mbak Marisa atas sharing resepnya ^^




Berikut ini resep asli Bu Fatmah Bahalwan yang saya dapatkan di blog Mbak Nony :

Nasi Bakar

Bahan:
500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus


Bahan Tumisan:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
2 bh cabe hijau, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
4 bh cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang, iris kasar
1  sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk
4 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:
Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.
Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan. 



Klo nasi bakar versi saya adalah sama seperti versi Mbak Nony, dengan sedikit modifikasi. Berikut ini versi saya :

Nasi Bakar Ayam Teri Nasi

Bahan :
3 piring nasi (*ummi: pakai nasi semalam yang mengeras karena disini musim dingin)
75 gr daging ayam, potong kecil-kecil
100 gr teri nasi / teri medan

1/4 siung bawang bombay, cincang halus (bisa pakai bawang merah)
3 bh bawang putih, cincag halus
3 lb daun salam
1 btg sereh (*ummi ga pakai)
3 sdt cabe bubuk (bisa diganti cabe rawit, iris tipis atau haluskan)
100-150ml santan (*ummi: pakai santan bubuk + air kaldu udang)
3 btg daun bawang, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat
Tumis bawang bombay, bawang putih, daun salam dan sereh hingga harum, tambah ayam, masak sampai ayam berubah warna.
Tambahkan teri medan, aduk hingga rata. Tambahkan cabe bubuk dan bumbu lainnya, aduk hingga rata, baru masukkan santan, masak sambil diaduk terus hingga santan dan tumisan benar-benar matang.
Masukkan nasi dan daun bawang, aduk rata hingga santan meresap. bungkus dengan daun pisang seperti membungkus lontong, lalu bakar di atas frying pan/ wajan datar atau pemanggangan hingga harum.

Note :
Yang difoto ini, saya mbakarnya kurang lama. Kemudian saya bakar lagi agak lama hingga bagian dalam nasinya ada gosong-gosongnya. Lebih nikmat dan lebih wangi ^^
Sebagian nasi bakarnya, sebelum dibakar ada yang saya beri keju quick melt di dalamnya. Mencontoh idenya Mbak Marisa Tamara, makasih ya Mbak...:)  Dan hasilnya wenaak banget....suami saya sampe nambah-nambah makannya. Alhamdulillah ^^





6 comments:

  1. Assalamualaikum Ummu nampak menyelerakan sungguh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....terima kasih Mbak....sekarang nasi bakar ini jadi salah satu menu favorit keluarga kami ^^

      Delete
  2. Salam Ummu...rindu banget sama masakan ummu....ns bakar ni tak pernah sy makan...di malaysia nggak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumumussalam .... nasi bakar ini mudah membuatnya Mbak....mari silahkan dicoba-coba resepnya ^^

      Delete
  3. hm... nyamnyam... aroma bakarannya meresap banget...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneer...kalo mbakarnya agak lama, bau daun gosongnya wangiii ^^

      Delete