Friday, January 24, 2014

Carrot Cake (2)





Bismillah....
Carrot cake adalah salah satu cake yang sering saya buat untuk camilan anak-anak, selain cake bayam, cake pisang, cake ubi,dll. Kalau mbikin carrot cake, resep yang saya pakai macam2, kadang pakai resep banana cake (no food additives), pisangnya diganti wortel yang diparut halus. Kadang terigunya saya ganti gluten free. Tapi jarang saya posting ya...hehehe...udah keburu habis duluan soalnya :D Untuk carrot cake kali ini sedikit berbeda, hampir mirip resep cake kukus wortel sih. Hasil cakenya enak, wortelnya ga kerasa sama sekali, manisnya gurih karena pakai gula palem.Untuk teksturnya lembuuut, dan lembab karena faktor wortelnya tadi dan juga pemakaian susu cair, jadi mirip cake kukus, ga seret tapi cenderung spongy walau kerasa lembab (moist). Kali ini saya ngovennya ga sampe garing...asal matang saja. Anak-anak langsung berebut minta cake nya, alhamdulillah kalau anak doyan, rasanya puas bangeet ^^





Carrot Cake (2)

Bahan-bahan :
4 butir telur
95 gram wortel kupas
150 gr tepung terigu, ayak
100 gr gula palem
75 ml susu cair
50 ml minyak sayur (*ummi: pakai canola oil)

Cara membuat :
Panaskan oven 180 deg C (disesuaikan dengan oven masing2 ya)
Blender wortel bersama susu cair hingga lembut. Sisihkan.
Kocok telur dan gula palem dengan kecepatan tinggi  hingga mengembang dan memucat (kira-kira lamanya mengocok 5-10 menit)
Kecilkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan tepung terigu, aduk hingga rata (tapi jangan terlalu banyak mengaduk/overmix)
Selanjutnya masukkan wortel, aduk rata. Terakhir masukkan minyak sayur, aduk kembali hingga rata. (Jangan terlalu banyak mengaduk/ overmix). Matikan mikser.
Tuang adonan diloyang persegi 18cm yang sudah dioles margarin/minyak.
Oven selama 30-40 menit atau hingga matang.










8 comments:

  1. Assalamualaikum ummu sedap nampak kek karet ni moist jer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....iya Mbak...moist dan lembut, anak-anak suka sekali ^^

      Delete
  2. xixixi..
    saya belum bikin carrot cake lagi..padahal iya carrot cake itu enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa,... enaak. Saya sering mbikin, buat ngabisin stok wortel...hehe...wortel disini muraaah jadinya sering numpuk banyak ^^

      Delete
  3. Mba.... aku sering lihat blognya salam kenal ya... oh ya mba kalo tepung terigu diganti gluten free apa takaranya sama? trmksh

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya Mbak ^^
    Biasanya klo terigunya diganti gluten free, saya pakai perbandingan tepung beras : maizena = 7:3 atau yang mendekati itu :)
    Biasanya takarannya sama. Terigu = gff.

    ReplyDelete
  5. mba ummu enakkan mana ya resep carrot cake 1 atau yg ini ya? karena saya baca carrot cake pertama pake kayu manis.. saya kurang suka kayu manis.. hehehehehhe.. ohya mba ada ngak resep brownies carrot yg simple2 aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...klo ga suka kayu manis, bisa di skip Mbak :)
      Yang ini jg enak, gurih dan moist. Krn pakai susu dan gula palem. Wortelnya jd samar2. Ga terasa.

      Klo brownies saya belum pernah mbikin. Dicoba aja, pakai resep brownies original ditambah wortel parut (halus) 100 gr atau disesuaikan dg resep :)

      Delete