Sunday, December 9, 2012

Pempek Dos : Pempek Tanpa Ikan

Bismillah. Assalamu'alaikum semuanya.... ^^
Beberapa hari kemaren, sy sempat ga nafsu makan...saat udah kelaperan banget, baru bingung pengen makan, tapi masih ga nafsu sama nasi...tiba2 aja kepengen mbikin pempek, berhubung masih suka eneg sama bau ikan2an, akhirnya pilih mbikin pempek dos aja, yg tanpa daging ikanPenasaran banget sama rasanya....juga teksturnya, hmm...langsung di eksekusi aja deh, krn perut udah protes melulu :D


pempek dos : pempek tanpa ikan


Resepnya diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati - Pempek Dos (Tanpa Ikan), yang saya dapati di blog Mbak Endang Indriani, Just Try and Taste......makasiiih banyak atas resepnya ya Mbak, bener2 gurih dan empuk kenyal...suka bangeet ^^

pempek dos : pempek tanpa ikan



Berikut ini resepnya, dg sedikit modifikasi dr sy :

Pempek Dos: Pempek tanpa ikan

Bahan:
- 250 ml air (*ummi: 250 ml kaldu ayam/air rebusan ayam)
- 2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk (*ummi:ga pakai)
- 125 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 2 butir telur
- 200 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang (potato starch) (*ummi: ditambah lagi 100gr atau secukupnya bila adonan terlalu lembek/belum kalis)

- (*ummi: tambah 1 sdt peres bawang putih halus)

Isi:
4 butir telur, kocok lepas (*ummi: 2-3 butir)

Saus cuko:
- 200 gram gula merah
- 100 gram gula pasir (*ummi: ga pakai)
- 500 ml air
- 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa (*ummi: pakai asam jawa secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan untuk saus:
- 8 siung bawang putih 
- 5 cabai rawit merah
- 3 cabai merah keriting (*ummi: ga pakai)
- 1 1/2 sendok makan ebi kering (*ummi: ga pakai)
- 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:
  • Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, kaldu bubuk dan bawang putih halus. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat dengan menggunakan spatula atau pengaduk. Sebaiknya jangan menggunakan spatula balon, karena adonan akan menggumpal di dalam kawat balon. 
  • Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong. Angkat dan biarkan hingga dingin. 
  • Tuangkan adonan tepung yang telah dingin ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 1 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Tambahkan lagi 1 butir telur dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan. (*ummi: aduk manual dg tangan)
  • Jika ingin cara yang lebih mudah, masukkan semua bahan ke dalam food processor dan proses hingga adonan menjadi halus. 
  • Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. (*ummi: uleni adonan manual dg tangan)
  • Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan. 
  • Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi dengan kocokan telur.
  • Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.
  • Tekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam untuk menampung kocokan telur, tuangkan kira-kira 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan.  Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat di rebus. 
  • Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebus hingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekan dengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.
  • Goreng pempek dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Membuat saus cuko:
Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus dan garam. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka/air asam jawa dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus dan buang ampasnya. 

Penyajian:
Potong-potong pempek yang telah digoreng, tata di mangkuk atau piring dan siram dengan saus cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan ketimun. 


pempek dos : pempek tanpa ikan

Alhamdulillah, suka bangeet dengan hasil pempeknya...bener2 gurih, sedap, empuk kenyal, ga alot sama sekali. Mbikin ketagihan deh pokoknya, sayangnya cuma mbikin satu resep dan ternyata kurang...hehe...bener2 doyan, apalagi suami jg sukaa, bakalan sering mbikin nih :)


pempek dos : pempek tanpa ikan

pempek dos : pempek tanpa ikan


26 comments:

  1. wahhhh....enaknya.....^_^
    kadang aku kalau ng punya ikan sk pake teri medan yang aku haluskan umm....enak jg...
    ft nya,,,,bening...kayak aku...eh....xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo gitu ya Mbak....tp ini sy lg eneg sama ikan2an...ntar kpn2 klo udah normal, coba mbikin pempek yg pakai ikan ^^
      foto2nya Mbak Mimie jg beniing :)

      Delete
  2. tos sukaa bgt sm pempek yg ga ada ikannya soalnya gak suka ikan:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....ini sy lg ga eneg sama ikan2an Mbak....biasanya sih doyan :)

      Delete
  3. Udah lama pengen bikin ini tapi belum kesampaian...makin pengen deh liat ini, fotonya ciamiik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak...ini lg pengeen bangeeett...lg ga nafsu sama nasi, tiba2 kepengen pempek :)

      Delete
  4. wawww coba ahh.. mirip cilok ya resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mbak....mirip cilok ya Mbak, krn ga pake ikan. Tapi ini empuk kenyal, doyan banget deh pokoknya, bolak balik bikin :)

      Delete
  5. assalamu alaikum wr, wb,
    salam kenal Mbbak UmmuFatima, nama saya Ocha.
    Resep Pempek tanpa ikan ini, baru kemaren saya coba dan berhasil. W.O.W, tapi gak sampe koprol tuh mbak, susah ntar makannya, hehehe...
    terima kasih ya mbak, atas resep-resepnya yang mudah secara saya bingung dan udeh malas aja ngeliat resep yang susahnya minta ampuuuuuuunnn... udeh bikin pusing duluan sebelum buat, hehehe... (lho kok jadi curhat), pokoknya terima kasih banyak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Salam kenal jg Mbak Ocha, makasih sdh singgah kemari ^^
      Wah, udah mbikin pempeknya ya Mbak, alhamdulillah klo berhasil dan cocok, ikutan seneng :))))
      Beberapa teman sy jg udah mencoba dan mereka suka, alhamdulillah ^^
      Sama2 Mbak, makasih jg udah nyobain resepnya... sy jg ga suka masak yg ribet2, krn di rumah bnyk krucil, jadi sebisa mungkin masak yg sehat, simple, dan praktis :)

      Delete
  6. makasi ummu fatima,,kmrn lg pngen pempek,akhirnya buat dg bahan2 seadanya di dapur,pke resep ummu fatima ini,,alhamdulillah enyaaak,,
    pas buat smpat keabisan tepung tapioka,pdhl adonannya blm kalis,akhirnya dtambahin tepung maizena,,maizena abis,blm bgtu kalis jg,,tp alhamdulillah hasilnya enyaak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak...alhamdulillah klo cocok....sy juga biasanya sy tambah lagi tapiokanya sampe adonan ga lengket....nambahnya bisa sampe 100gr lebih :)
      sy jg sering mbikin pempek ini Mbak...favorit ^^

      Delete
  7. Ummu Fatima, salam kenal
    Rasanya pengen teriak nemu resep ini
    Aslinya belum pernah bikin pempek, tapi hobi berat makan pempek
    Dan in syaa allah sebentar lagi mau merantau ke daerah yang pempek agak langka & mahal hihihi
    Mau banget nyobain resep ini ^.^
    Btw, foto-foto di blognya cantik-cantik deeeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Mbak Heni ^^
      Monggo, silahkan dicoba resepnya....ini pempek yg tanpa ikan, tapi rasanya enak, bener2 nagihin lho :))))

      Makasih...sy masih belajaran, Mbak...belajar masak dan foto2 buat dokumentasi ;)

      Delete
  8. pengen dicoba neh..... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mbak, smg cocok dan suka ^^

      Delete
  9. sdh di coba rasanya ueeenaaaaak thx resepnya... sy jg sdh coba brownies tepung berasnya n rasanya juga enak maknyus hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah klo cocok dan suka dg pempeknya Mbak....sy dan suami jg suka, bolak balik mbikin ^^
      wah udah nyoba browniesnya jg ya Mbak....iyaa, enaak....cepet larisnya, anak2 saya doyan bangeett :)))

      Delete
  10. mkasih buat resepnya sangat bermanfaat sekali ..

    ReplyDelete
  11. perlu segera dicoba nih....
    mudah dan hemat:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkam dicoba Mbak....ini salah satu favorit saya sekeluarga ^^

      Delete
  12. Mba kalo mau pake ikan resepnya sam atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama biasanya Mbak....cuman beda di adonan terigu yang dimasak bersama air mendidih. Kalo yang versi dos, dibuat kalis/padat.
      Kalo yg versi ikan, adonan terigunya dibuat bubur atau encer yaitu utk 500gr ikan tenggiri, biasanya takarannya 25 gr terigu, 100ml air, 2 sdt garam, 2 siung bawang putih halus. Masak hingga menjadi bubur, didinginkan dan dimasukkan kulkas 30 menitan. Lalu dikeluarkan dari kulkas, dicampur ikan, , telur (telurnya 1 butir aja, kalau pakai 2 telur tepung tapiokanya menyesuaikan) dan tepung tapioka secukupnya, uleni sampai kalis. Lalu dibentuk2 atau diisi.....

      Delete
  13. sudah beberapa hari memantau resep mba ummu fatima...jadi ngileerr.. saya hampir ga pernah bikin kue2 makanya ga punya peralatan bikin kue. tp gr2 liat blog mba ummu saya kemarin borong loyang kue dan segala peralatannya. jadi rajin hunting tempat bahan kue juga,hihiii kemarin sudah nyoba bikin crepes yg gluten free,ternyata adonannya jadi banyak yaa dan capek bgt bikin crepesnya,hahahaa tp anak saya (2yrs) seneng banget dan minta lagi teruss,,,next pengen nyoba cake kukus dan pempek inih..semoga berhasil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses mbikin pempeknya ya Mbaak ^^
      Iyaa memang crepes mbikinnya lamaa... Harus sabar... Hehe... Tapi anak2 suka banget kadang malah ditungguin... Hihihi... :)
      Yuuk semangat masak memasak Mbaak... Happy cooking and baking yaa ^^

      Delete