Thursday, January 16, 2014

Lapis Ketan Sarikaya




Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu saat ada kumpul-kumpul teman-teman Indonesia disini, ada salah seorang sahabat yang membawa lapis ketan sarikaya. Enak banget....gurih manis, lapisan ketannya gurih sedangkan lapisan sarikayanya manis lembut. Penasaran banget pengen mbikin, kali ini nyobain resepnya Mbak Hesti, makasiiih ya Mbak....... yaitu lapis ketan sarikaya pandan, tapi saya ga pakai pandan. Hasilnya memang enak manis gurih, anak-anak juga suka, alhamdulillah. Kirain bakal ga suka, ternyata mereka suka. Seperti kalau saya mbikin wajik, ternyata anak-anak juga doyan. Jadi ga khawatir deh, kalo mbikin olahan ketan ^^




Lapis Ketan Sarikaya
Source : Hesti Kitchen (resep aslinya Lapis Ketan Sarikaya Pandan)

Bahan Untuk Lapisan Dasar :
250 gr beras ketan, cuci bersih dan rendam selama 2 jam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa (*ummi: pakai santan instan)
1 sdt garam halus

Bahan Untuk Sarikaya :
2 butir telur
175 ml santan (*ummi: pakai santan instan)
150 gr gula pasir (*ummi: 125gr gula pasir)
2 sdm tepung terigu (*ummi: 2 sdm munjung)
50 ml homemade pasta pandan (*ummi: ga pakai)
1/2 sdt vanili bubuk (*ummi: ga pakai)
1/2 sdt garam halus

Cara Membuat :
  • Panaskan dandang kukusan sampai mendidih. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga setengah matang, angkat.
  • Campur santan dan garam, rebus hingga mendidih, angkat. Tuang beras ketan ke dalam santan, aduk hingga santan terserap. Kukus lagi hingga matang, sekitar 20 menit.
  • Angkat, ratakan dan padatkan ketan kedalam loyang yang sudah dialasi daun pisang dan dioles sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik (*ummi: pakai loyang bongkar pasang diameter 18 cm). Agar mudah dan tidak lengket, padatkan loyang menggunakan plastik. Usahakan benar-benar padat agar tidak ada space kosong diantara beras ketan dan supaya hasil ketannya legit.
  • Sarikaya : Aduk telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya, aduk rata. Saring.
  • Tuang bahan sarikaya ke atas lapisan ketan. Kukus lagi sampai matang dan tengahnya mengeras selama kurang lebih 40 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan. Agar memudahkan mengeluarkan kue dari loyang atau cetakan, kikis dulu pinggirannya perlahan dengan pisau. Untuk yang menggunakan cucing, setelah dingin, cukup ditekan-tekan pinggirannya, nanti akan mudah keluar sendiri.
Note :
Saat baru matang, lapisan sarikaya nya lembek dan lembut. Sebaiknya tunggu hingga benar-benar dingin, yaitu lapisan sarikayanya agak mengeras, baru dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.
Bila ingin lapisan sarikaya nya lebih padat, takaran tepung terigunya bisa ditambahkan lagi sedikit.
Bila ingin lapisan sarikaya nya lebih tinggi atau tebal, bisa menggunakan 1,5 atau 2 resep bahan sarikaya nya.
Saat mengukus tutup kukusannya saya lapisi kain bersih.







9 comments:

  1. Assalamualaikum Ummu resepi nampak menarik....dan menyelerakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.....terima kasih Mbak.....saya suka kue-kue tradisional seperti ini....dan ternyata anak-anak pun juga suka, alhamdulillah :)

      Delete
  2. Replies
    1. ga amis Mbak, menurut saya sih...karena telurnya cuma pakai 2......cuma kelembekan menurut saya, pengen yang lebih padet sedikit :)

      Delete
  3. um, klo pke cetakan biasa dikasih minyak aja kira2 lengket ga ya...siap2 mo bikin ni...eh lupa daun pisangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm....kurang tau ya Mbak....klo saya ini pakai loyang bongkar pasang Mbak...cuma saya oles minyak aja, tapi karena bongkar pasang ngelepasnya mudah :)

      Delete
  4. Mbak, biar lapisan atasnya mulus lus caranya gimana ya. Setiap aku bikin talam dan kemarin bikin lapis ketan ini, kok seringnya yg atas 'jerawatan' gitu... hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...ini juga ga bisa rata banget Mbak, tapi biasanya saat mengukus, tutup kukusannya saya lapisi kain bersih. Trus apinya, pakai api sedang cenderung kecil aja.

      Delete
    2. nah itu dia ternyata, saya copy resep mbak ga smp plg bawah, jadi bagian yg tutup kukusan pake kain kelupaan. sempet keinget udah di tengah-tengah ngukus. plus, kayanya api saya cukup sedang aja, ternyata cenderung kecil ya. Hehehe. Next time mau coba lagi deh :)

      Delete