Thursday, March 12, 2015

Selai Buah Naga Merah Homemade




Bismillah...
Selama di tanah air saya jarang beli selai kemasan. Karena kurang sreg aja, kuatir dengan pewarna, pemanis buatan maupun pengawetnya. Tapi waktu di Jepang, sesekali saya beli selai bluberry, coklat, kacang, dll...entah kenapa, saya merasa lebih aman dengan produk makanan di Jepang...hehe. Snacks-snacks semacam chiki2 di Jepang juga ga mbikin batuk... kadang-kadang saya beli klo lagi malas baking/mbikin cemilan...hehe :D Tapi begitu balik ke Indonesia, saya tidak membiasakan anak-anak beli snacks/ chiki-chiki. Karena baca-baca ingredientnya, banyak pemanis buatan, msg, pewarna, pengawet, dll. Ga tenang mau ngasih ke anak-anak. Alhamdulillah setelah diberi pengertian, anak-anak jadi paham. Lebih baik mbikin camilan sendiri atau ngemil buah ^^

Kembali ke masalah selai, beberapa waktu yang lalu, saya mbikin gluten free banana pancake. Waktu itu kepikiran pengen mbikin selai buah naga buat pelengkap sajian pancake-nya. Berhubung agak repot dengan baby, ga sempat mbikin selainya dan baru hari ini kesampaian mbikin. Akhirnya browsing-browsing resep di google, tapi sayang lupa ga kesimpen. Akhirnya langsung eksekusi, mbikin sedikit dulu, karena  stok buah naga juga cuma ada 1 kg. Dan ternyata mbikinnya gampang, takarannya menyesuaikan dengan selera. Tidak disangka hasil selainya enaak, segeeerr...jadi mirip selai strawberry...hehe..mirip banget rasa asamnya, juga sama2 merah dan ada biji2 kreyes2nya. Rasa buah naganya jadi samar, tapi beneran, rasanya lebih enak dari pada selai strawberry kemasan. Warna selainya cantiik, merah alami. Sukaa banget pokoknya, alhamdulillah anak-anak juga sukaaa ^^





Resep berikut takarannya saya utak atik sendiri, untuk resep aslinya, tidak sempat saya simpan. Yang penting bahan-bahannya 3 berikut ini yaitu daging buah naga, gula pasir dan air perasan jeruk nipis.  Klo mau mbikin banyak tinggal dikalikan aja. Berikut ini resepnya yaa :


Selai Buah Naga Merah Homemade

Bahan-bahan :
250 gr daging buah naga merah (*saya pakai 220 gr), haluskan dengan garpu atau remas-remas.
50-75 gram gula pasir (*saya pakai 75 gram)
3-4 sdm air perasan jeruk nipis (*saya pakai 4 sdm)

Cara Membuat :
Rebus botol atau jar tempat selai beserta tutupnya, untuk proses sterilisasi. Rebus kira-kira 10 menit. Matikan api. Tutup panci dan diamkan botol didalamnya, sambil menunggu selai matang.
Dalam panci, masukkan buah naga. Masukkan air perasan jeruk nipis dan gula pasir sedikit demi sedikit hingga keasaman dan rasa manis yang diinginkan. Jangan memasukkan sekaligus, supaya didapatkan rasa yang pas. 
Masak dengan api kecil, sambil diaduk-aduk hingga daging buah naga lunak.
Lanjutkan memasak sambil sesekali diaduk hingga kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasanya. 
Setelah pas rasa dan teksturnya, segera angkat dan panas-panas masukkan ke dalam botol/ jar, tutup rapat dan biarkan dingin. Jika ingin menyendok selai, gunakan sendok yang bersih supaya selai tidak mudah basi. 

Note :
Untuk takaran gula pasir dan air perasan jeruk nipis bisa dikurangi atau ditambah. Menyesuaikan dengan selera.
Saya pakai 4 sdm air jeruk nipis, hasilnya jadi terlalu asam jadi mirip selai strawberry. Mungkin pakai 3 sdm aja udah cukup :)








17 comments:

  1. mbaaak, naksir botolnya... beneran naksir.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sukaa Mbak.... Sayangnya cuma ada 1 ini, dulu sempet nyari2 lagi tapi ga nemu :(

      Delete
  2. Replies
    1. Enaak Mbaak.... Beneran seger... Yuuk cobain ^^

      Delete
  3. Ih naksir jar nya....gagal fokus...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...jar nya lucu ya Mbak... Imut banget ini :D

      Delete
  4. hoo..gampang ternyata ya um, bikin selai sendiri
    kapan2 cobain ah
    makasih sharingnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gampang mbikinnya Mbak... Hasilnya beneran enak, segeer ^^
      Sama2 Mbak... Selamat mencoba :)

      Delete
  5. saya suka sekali buah naga.. sayangnya di UAE gak ada buah naga merah, adanya yang putih dan rasanyapun hambar.. tapi tetep karena suka hampir tiap hari makan buah naga.. nggak nyangka buah naga bs dibikin selai dan sepertinya gampang buatnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbikin pakai buah naga putih Mbak... Hasilnya insyaAlloh juga enak dan seger ^^

      Delete
  6. tahan berapa lama mbak klo masuk kulkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu mbikin selai ini, ga sempat saya simpan karena langsung habis Mbak. Klo disimpan dalam kulkas mestinya bisa tahan berminggu2, tapi sebaiknya selai yang sudah dikonsumsi (disendokin berulang2), jangan terlalu lama habisnya. Karena selai homemade gini tanpa pengawet. Jika sudah pernah terbuka bisa terkontaminasi bakteri :)

      Delete
  7. jika selai buah naga ini di produksi dan di jual kpd masyarakat luas akan menambah penghasilan yg bagus karna selai buah naga ini jga sgt bagus untuk item capuran pd pembuatan minuman.

    ReplyDelete
  8. mau tanya kalau bikin selai dari buah naga mengentalnya memang butuh waktu agak lama ya? kalau saya buah naganya di blender

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja mungkin, blendernya ga perlu ditambah air. Masaknya sambil diaduk2 sesekali biar ga gosong bawahnya.

      Delete