Saturday, January 23, 2016

Mie Ayam Jamur

 


Bismillah...
Beberapa hari ini hujan terus di kota Sidoarjo sini. Kalau hujan gini, hawanya dingin, bawaannya jadi pengen makan yang berkuah dan anget-anget. Pagi tadi cuaca masih cerah, saya bebas belanja ini itu. Seperti biasa, kalau hari libur, saya dan keluarga sarapan membiasakan sarapan buah dulu, baru kemudian saya masak dan hidangan siap kira-kira jam 8-9. Kali ini kepingiiin banget mbikin mie ayam, secara udah lamaa ga mbikin mie ayam. Setelah belanja, segera uplek di dapur. Dua kompor nyala bebarengan, biar masaknya cepet. Alhamdulillah ga berapa lama, mie ayam jamur pun siap untuk disantap. Agak siangan, hujan mulai turun, pas banget...hujan-hujan makan mie ayam anget-anget. Alhamdulillah suami dan anak-anak sukaa, resepnya pakai resep andalan seperti biasa. Praktis dan ga terlalu ribet, yang penting hasilnya cocok di lidah keluarga saya. Dan alhamdulillah resep ini juga cocok dan banyak dipraktekkan oleh beberapa teman saya. Berikut ini resepnya yaa : 






Mie Ayam Jamur

Bahan-bahan :
1/2 kg dada ayam boneless, rebus dg 2 lt  air. sisihkan kaldunya untuk kuah
250 gr mie kering, rebus dan tiriskan. beri minyak sayur 1 sdm, aduk.
250 gr jamur kancing, iris tipis
1 ikat sawi, potong2. rebus dan tiriskan.
minyak goreng utk menumis bumbu

Bumbu halus, tumis hingga harum :
5 siung bawang putih
8 bh bawang merah
5 butir kemiri (*kali ini ga pakai)
1 ruas (1 ibu jari) kunyit
3 cm jahe
3-4 cm lengkuas
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk (kali ini ga pakai)

Bumbu tumisan ayam :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
3 sendok sayur air kaldu ayam atau secukupnya
3-4 sdm kecap manis atau secukupnya
garam dan gula secukupnya

Bahan kuah :
1/2 bagian tumisan bumbu halus
1250 ml kaldu ayam (air rebusan ayam)
garam secukupnya
sejumput gula

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga harum, bagi menjadi 2 bagian, separuh dipakai utk bumbu tumisan ayam, separuhnya lagi utk bumbu kuah.

2. Tumisan ayam jamur : Potong kecil2 ayam yg sudah di rebus tadi. Panaskan minyak di wajan, masukkan separuh bagian tumisan bumbu halus. Masukkan jamur. Tuangi air kaldu ayam. Setelah jamur setengah matang, masukkan potongan2 ayam. Tambahkan kecap manis, bila perlu tambahkan merica bubuk, garam dan gula secukupnya.  Koreksi rasanya. Untuk rasa tumisannya ini, sedikit asin dominan manis. Jika bumbu sudah meresap pada ayam, matikan api.

3. Kuah Mie : Didihkan kaldu ayam, masukkan separuh tumisan bumbu halus. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Untuk kuah, rasanya dominan asin. Angkat.

4. Penyajian : tuang mie pada mangkuk, tambahkan kuah mie, aduk rata. Tambahkan sawi rebus dan tumisan ayam jamur diatasnya. Sajikan dg saus sambal ^^

Note :
Saus sambalnya ga ikut kefoto :D









6 comments:

  1. ummu... apa kabar heheh, jarang chet kita yah, sukses trs sm bukunya dan itu mie sukses bikin lafer pagi pagi hehehe....T_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...jarang ngobrol yaa...sama2 rempong...hehe.
      Aamiin...makasiih doanya Mbak ^^

      Delete
  2. aku coba ya mba resepnya ntar,,soalnya anaku kalo bikin/beli mie ayam pasti ga dimakan ayamnya,,mudah2an doyan nih

    abon ikan tuna | Inspirasi | abon ikan lele | abon tuna

    ReplyDelete