Tuesday, October 15, 2013

Lattice Apple Pie

Bismillah...

Selamat Hari Raya Idul Adha 1434 H

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Taqabbalallahu minna wa min-kum
(Semoga Allah menerima amalan kami dan anda sekalian)



Di hari raya Idul Adha yang penuh berkah ini, saya sempatkan untuk posting resep Lattice apple pie. Pie ini barengan mbikinnya dengan wingko beberapa waktu yang lalu, tapi mbikinnya belakangan, pas bebarengan masak chicken katsu juga, buat dibawa  ke acara welcome party menyambut mahasiswa indonesia yang baru datang ke kumamoto. Berhubung multi tasking masak ini itu,...hehe....mbikinnya cepet2an pula, mana krucil2 pada heboh, jadi ga bisa berlama2 deh umek dengan adonan pie-nya, hasilnya jadi ga bisa rapi. Pola lattice-nya kurang rapat. Saya pakai loyang 20cm, adonan yang buat penutupnya ternyata kurang....jadilah seperti ini, ga bisa simetris. Dan, pas dipotong pie-nya, jadi sedikit berantakan...hehehe, tapi pe de aja, tetep dibawa ke acara welcome party :D




Resepnya saya pakai resep Bunda Yulyan Parwati, makasiiih resepnya yaa Bund.....yuk mari disimak berikut ini :

Lattice Apple Pie
Ingredients : Kulit pie : untuk loyang besar ini butuh 1 1/2 adonan kulit 250 gr tepung terigu 100 gr mentega 1 sdm gula halus 3 sdm air es 2 kuning telur
Apple Filling : 4 bh apple hijau, kupas, potong 4 bagian, iris tipis. (*ummi: potong kecil2) 2 btr cengkeh (*ummi: ga pakai) 1/2 sdt kayu manis bubuk 75 gr brown sugar (ummi: pakai gula palem, kemanisan menurut saya) 1 sdt tepung terigu (atau secukupnya) 50 gr kismis 2 sdm mentega
Method : Kulit pie : campur tepung, telur, mentega, dan gula menggunakan pisau pastry hingga berindilan. Tuangi air es sedikit demi sedikit, campur hingga kalis. Bungkus plastik, diamkan dalam lemari es selama beberapa saat. Lalu giling hingga kurang lebih 1/2 cm lalu letakkan didasar loyang. Apple Filling : panaskan mentega. Masukkan apel, cengkeh, kayu manis, dan brown sugar. aduk sampai apel layu. Tambahkan tepung terigu, masak hingga kental. Tambahkan kismis aduk hingga rata, angkat. Tuang isi kedalam loyang pie. Giling tipis sisa adonan lalu potong2 selebar kurang lebih 2 cm, dan atur diatas loyang sedemikian hingga membentuk pola Lattice. Oven dengan suhu 170 deg C selama 45-60 menit
Note: 
- Sebaiknya potong apel tipis2, sesuai resep jangan ikutin saya....hehe, karena kalau dipotong kecil2 jadi ambyar sewaktu pie nya dipotong :)
- Anyaman atau lattice penutup atas pie sebaiknya dianyam rapat, karena bisa menahan supaya isi tidak berantakan saat pie dipotong.
- Cetakan pie, sebaiknya pakai yang model bongkar pasang yaitu bagian alasnya bisa dilepas, sehingga saat sudah matang , pie mudah dikeluarkan dari loyangnya.

Untuk cara menganyam pola lattice -nya, sebenarnya mudah kok, tidak sesulit yang dibayangkan, bisa dilihat di youtube, disini.



Pie apel ini enaaak....fillingnya manis asam seger wangi kayu manis, crustnya renyah gurih. Pas rasanya bila dipadu dg filling apelnya. Tapi buat saya makan sepotong aja udah cukup....hehe....saya lebih suka cake biasa, apalagi cake ketan hitam....waah, bisa2 seloyang langsung saya habiskan sendiri sekaligus :D Tapi, paling tidak, saya udah ga penasaran lagi dg pie apel ini...hehe....tapi mbikinnya harus sabar terutama menggiling adonan crust dan kemudian menganyam adonan penutupnya, kalo saya terus terang kurang telaten :D

14 comments:

  1. mau eksekusi apple pie sampe sekarang kok belum kesampaian, minta aja deh um hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg dari duluuuu pengen mbikin, baru kesampaian skrg, Mbak....udah abis ini Mbak, blm ada rencana mbikin lagi....hehe :D

      Delete
  2. idem sm mb rina umm...
    udh lama pengen bikin pie apel... loyang bongkar pasang udh rela2 pesen jauh dr jakarta,
    tp apa daya... rasa malas itu tetap bertahta di hatiku...xixixix :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..loyangnya jauh banget belinya Mbak, beli online ya? brp an ? hehe....*survey :p
      mbikin yuk Mbak....pasti lebih telaten drpd saya :)

      Delete
    2. ikutan nimbrung yaa...
      kalo di bandung loyang pie bongpas gak nyampe 20rb an deh, asal belinya di mutiara kitchen..murmer..:)

      Delete
    3. wah murah ternyata ya Mbak...yg bahannya anti lengket? saya beli disini hampir 100rb an...

      Delete
  3. kapok bikin pie apel, ga ada yg doyan:(
    ummu udh nyobain pie susu?wenaaaak bgt...
    tapi sama sih drumah nggak ada yg doyan jg hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jg kayaknya ga bakal mbikin lagi dlm waktu dekat Mbak...hehe...males nggiling dan nganyam2 :D
      pie susu blm pernah,Mbak.... skm disini langka :(

      Delete
    2. ooo iya yah..
      harus mudik dl bekel dr kampung halaman:D

      Delete
    3. ini suami saya mau mudik sabtu ini, tapi kayaknya ga bawa skm...hehe...bawa hasil bumi banyak2 aja :D

      Delete
  4. Replies
    1. saya jg suka tapi ga suka banyak2 Mbak....hehe....sepotong udah cukup :)

      Delete
  5. Wah mba Citra,ini mah rapiiii atuh, saya dan suami penggemar apple pie, tp blm pernah bikin yg lattice, gak nahan :D biasanya saya tutup aja biasa gitu, jadi kata anak saya bentuknya kayak UFO, wkwkwkw. Kapan2 pengen jg nyoba yg lattice, kalo rajin lg datang, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...suka apple pie ya Mbak....iya memang paling males mbikin lattice nya, tapi gampang kok Mbak sebenernya mbikin anyamannya....bisa diliat di youtube yang saya cantumkan link-nya diatas. ...
      Hihihi....iyaa...kalo ditutup gitu aja jadi mirip UFO ya :DDDD

      Delete